Kamis, 05 Februari 2015

Tagged under: , ,

Zat Apa Saja yang Diperlukan Ibu Hamil & Dapatkah Mempengaruhi Perkembangan Janin?



بسم الله الرحمن الرحيم
Shafar 1436 H/ 18 Desember 2015
Oleh: Syifa Ummu 'Abdirrahman, S.farm., Apt.

    Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan zat gizi ibu hamil akan meningkat, terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua.  Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat, terutama perkembangan otak dan susunan syaraf, sehingga membutuhkan asupan zat gizi yang optimal. Berikut ini beberapa zat gizi penting yang diperlukan ibu hamil :

Asam Folat
    Asam folat (vitamin B9) dibutuhkan untuk produksi darah dan protein serta mampu mencegah kelahiran prematur, keguguran, kerusakan saraf & kecacatan janin. Asam folat yang dibutuhkan ibu hamil sebanyak 400-800 mikrogram (0,4-0,8 miligram) per hari. Asam folat banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli, serta sayuran yang berwarna kuning gelap.  Pada buah-buahan, asam folat terdapat dalam jeruk, pisang, wortel, alpukat dan tomat. Juga pada asparagus, kacang merah, kacang polong, kacang tanah, gandum, telur dan hati.
   Sebaiknya mengkonsumsi suplemen asam folat sejak 3 bulan sebelum hamil jika hamilnya direncanakan dan selama trimester pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin.
Zat Besi
     Diperlukan untuk produksi sel darah merah dan pencegahan anemia. Zat besi (Fe) yang dibutuhkan ibu hamil antara 30-60 miligram per hari, Zat besi terdapat pada bayam, hati, ikan, daging merah, ayam.
dan akan sangat diserap oleh tubuh jika diiringi dengan mengkonsumsi vitamin C yang dapat diperoleh dari buah segar seperti jeruk, anggur, kiwi, jambu biji, strawberi dan sayuran. Janin membutuhkan zat besi dengan cepat, sehingga jika anda kekurangan asupan zat besi maka bayi akan mengambil kebutuhannya dari tubuh anda sehingga menyebabkan kurang darah (anemia) dan cepat lelah.
Kalsium dan Vitamin D
   Kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat, melindungi ibu hamil dari osteoporosis. Vitamin D untuk penyerapan kalsium. Kalsium yang dibutuhkan ibu hamil adalah 1000 miligram perhari, bisa diperoleh dari: susu, keju, yoghurt. Juga ditemukan pada ikan sarden, salmon, tahu, roti serta susu kedelai. Vitamin D yang dibutuhkan adalah 5 miligram perhari, hal ini dapat diperoleh dari sinar matahari pagi sebelum jam 10 dan makanan seperti kuning telur, sarden, salmon, tuna, makarel.
    Seperti halnya zat besi, jika asupan kalsium  kurang cukup maka janin akan mengambil cadangan kalsium dari tubuh anda sehingga mengurangi kalsium yang ada pada tulang dan gigi dan menyebabkan pengeroposan tulang di masa yang akan datang. 
     Zat besi dan kalsium termasuk salah satu dari sekian banyak mineral penting. Mineral ini merupakan komponen utama dalam tubuh, memegang peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh dan berperan dalam mengatur sistem metabolisme tubuh.
Sumber mineral lainnya dapat diperoleh dari buah-buahan seperti pir, anggur, kismis, delima, jambu, kiwi, semangka, dan dari sayur-sayuran seperti seledri, ubi, sawi, jamur. Mineral pun secara mudah dapat diperoleh dari air putih.

Karbohidrat dan Lemak
      Sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori dapat diperoleh dari serealia, umbi-umbian.
Protein sebagai sumber zat pembangun dapat diperoleh dari daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.
Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal dapat diperoleh dari serealia, biji- bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.    
     Perhatikan betul mengenai asupan zat gizi selama kehamilan, yang perlu diingat,janganlah memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi karena kuantitas, tapi gizi yang berkualitas dengan komposisi yang berimbang dan cukup, itu yang terpenting
واللّٰه أعلم بالصواب  

[Tim Info Farmasi Grup WA BIKUM]

0 komentar :

Posting Komentar