Rabu, 13 Mei 2015

Tagged under:

Kumpulan Tanya Jawab 21


Bismillah

Ahad, 14 Rajab 1436H/ 3 Mei 2015
-------------
Kumpulan Tanya Jawab
MAJMU'AH BIKUM
(Bagian 21.1)
__________________________
   
Soal no. 1-4 dijawab oleh :
✒dr. Nurul Futuchah

〰〰〰〰

Pertanyaan 1.
❔Sudah lama ('afwan) dibagian bibir vagina itu gatal terutama ketika mau haidh. Pernah juga sampai luka dan ada benjolan keras karna gatal itu dan sempat diperiksakan ke dokter spKK. Sudah sembuh tapi muncul lagi rasa gatal itu, sehingga berkali2 minum obat kalau ga salah antibiotik juga. Berefek gak umm nantinya untuk kesehatan vagina nya dan berefek juga gak untuk kesehatan tubuh karena konsumsi antibiotik?

✏ Jawaban:
Untuk jenis benjolan sebenarnya harus diperiksa secara langsung untuk bisa mengetahui jenis benjolan apa itu sebenarnya. Jika disertai dengan gatal yang berlebihan bisa jadi memang itu infeksi bakteri maupun jamur yang memerlukan antibiotik maupun antijamur. Infeksi vagina sebaiknya diobati karena jika berlangsung terus menerus dapat mempengaruhi kesuburan maupun beresiko menyebar ke atas. Jika memang indikasi maka memang seharusnya antibiotik itu diminum.

Pertanyaan 2.
❔ Bgmn tips perawatan pasca mlahirkan caesar biar cepat fit kmbali ?

✏ Jawaban:
Beberapa tips mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar adalah sebagai berikut :

1. Jangan membawa beban berat.
Kondisi ibu pasca operasi caesar biasanya masih lemah, apalagi rasa nyeri pasca operasi masih terasa. Setelah 1 bulan, kondisi ibu biasanya akan membaik jika diikuti dengan istirahat dan makan yang baik.

2. Hadapi masa nifas dengan tenang dan nyaman.
Untuk memulihkan keadaan fisik dan psikis hingga keadaan normal, maka harus diimbangi dengan makan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup. Perbanyak konsumsi makanan tinggi protein yang banyak terdapat pada ikan kutuk, telur, tahu, tempe.

3. Jangan berhubungan seks terlebih dulu.
Tubuh si ibu butuh waktu untuk pulih, begitu pula organ seksual. Sebaiknya, tunggu dulu hingga 4-6 minggu pasca melahirkan.

4. Banyak bergerak setelah memungkinkan.
Lakukan secara bertahap dan ini akan membantu mempercepat proses pemulihan.

5. Minta bantuan untuk menjaga si kecil.

6. Istirahat cukup, minimal ibu harus tidur 8 jam sehari untuk memulihkan kondisi.

7. Minumlah yang cukup, supaya tidak sembelit pasca melahirkan.

8. Usahakan menyusui dengan posisi senyaman mungkin.

9. Mulai berlatih otot panggul bawah segera setelah memungkinkan. Jangan lupa untuk meminta izin dan petunjuk dokter.

10.  Mungkin saja suasana hati si ibu akan mudah berubah. Kehamilan dan persalinan menyebabkan perubahan fisik dan psikologis si ibu. Bagi beberapa wanita, bahkan bisa menimbulkan trauma psikologis hebat, hingga menimbulkan masalah kejiwaan. Jadi, jika si ibu mulai menangis, sangat lelah, atau ada perasaan lain yang mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.

11. Rawat bekas luka jahitan dengan selalu menjaga kebersihan luka dengan memberinya cairan antiseptik. Mandi teratur dan bersihkan daerah kemaluan setelah buang air besar dan buang air kecil dengan baik. Sebab, jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan infeksi pada bekas luka.

12. Jangan cemas jika bekas luka terasa kencang dan gatal. Proses penyembuhan luka mengakibatkan luka terasa kencang dan gatal. Agar ibu cepat pulih setelah operasi caesar, terutama saat proses penyembuhan luka, lebih baik luka cukup dibersihkan saja.

pertanyaan 3.
❔ Ana ada benjolan um didalam payudara sebelah kiri & benjolan itu sdh lama ada, kalau diraba terasa sekali um benjolannya dan payudara kiri ana jg ukurannya besar dari yg kanan, apakah benjolan itu kira2 ya um .sementara ini ana msh menyusui..

✏ Jawaban:
Jenis benjolan di payudara ada berbagai macam, bisa itu berupa tumor jinak, tumor ganas, infeksi, maupun akibat bendungan ASI pada ibu yang sedang menyusui. Masing2 memiliki ciri2 sendiri yang bisa diketahui/diperkirakan melalui pemeriksaan secara langsung.
Sebaiknya anti memeriksakan diri ke dokter agar diperiksa langsung.

Pertanyaan 4.
❔ana punya anak umur 1th 3bln dan masih menyusui,lalu an sekarang lagi hamil in syaa Allah jalan 2bln dan an mengalami mual2 susah untuk makan.an minta tolong sarannya um,an sebaiknya harus bagaimana?

✏ Jawaban:

Beberapa tips mengatasi mual dan muntah saat hamil :

1. Banyak mengonsumsi vitamin B6 yang dapat diperoleh baik itu dari tablet suplemen vitamin B6 atau dari makanan yang kaya vitamin B6 seperti sawi, kembang kol, lobak, kentang

2. Minum jahe hangat

3. Makan sedikit-sedikit  tetapi sering.

4. Minum susu .

5. Menghindari makanan yang berbau tajam dan merangsang, berlemak tinggi seperti santan atau gorengan, serta makanan pedas atau asam.

6. Rileks

》Jika tidak ada perbaikan, muntah tidak terkendali sehingga tubuh menjadi lemas akibat kekurangan cairan dan elektrolit, harus periksa ke dokter.

〰〰〰〰

  Soal no. 5 dijawab oleh
✒dr. Dianika Um.Raihana

〰〰〰〰

Pertanyaan 5.
❔apakah kolestrol/asam urat bisa mengakibatkn kmatian dan amankah jk pake lensa mata?

✏Jawaban:

Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit-penyakit yang angka kematiannya tinggi, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dll. Sedangkan asam urat dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal, yang jika sampai terjadi gagal ginjal juga angka kematiannya tinggi.

Lensa kontak in syaa Allah aman untuk mata minus, ahsan sebelum memakai lensa kontak, dikonsultasikan dulu ke dokter mata.
__________________________✏

Catatan:

Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.

Semoga bermanfaat...

والله أعلم بالصواب

Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.

Majmu'ah BIKUM
[8:01 AM 10/05/2015] Umm Nuaim Merauke: ✏✏✏✏✏✏

بسم اللّٰه الرحمن الرحيم

21 Rajab 1436H/ 11 Mei 2015
~~~~~~~~~••••~~~~~~~~

Kumpulan Tanya jawab
         (Majmu'ah BIKUM)
             - Bagian 21.2 -

           Dijawab oleh :
✒dr.Agustin Aisyah

Pertanyaan No. 1
❓Ibu ana udh 3bln ini kena kadar gula dan tensi darah tinggi, sampai tngan dan kaki kirinya lemes gak bisa bngun/berdiri. apakah beliau kena stroke?

Jawaban:
Kadar gula darah dan tensinya brp ya?. afwan untuk mengetahui apakah ibu anti terkena stroke atau tidak, bawalah ke dokter terdekat sehingga dapat dilakukan penanganan segera.

Pertanyaan No. 2
❓ Apa tanda balita cacingan dan apakah kalau perutnya saja yg besar berarti cacingan?

Jawaban:
Gejala Cacingan pada anak biasanya berupa kekurangan gizi/malnutrisi, anak tampak kurus walaupun banyak makan.
Perut yg besar belum tentu karena cacingan.
Periksakan feces secara rutin ke laboratorium untuk mengetahui apakah anak tsb terkena cacingan/tidak.

Pertanyaan No. 3
❓ Waktu hamil (thn 2012) saya tumbuh kutil di bagian leher dg jumlah banyak & kecil2 dan sampai sekarang belum hilang. Apa penyebabnya & bagaimana pengobatannya?

Jawaban:
Kalau memang benar kutilan yg banyak, bawalah ke dokter kulit atau poliklinik kulit untuk dilakukan kauterisasi.

Pertanyaan No. 4
❓anak ana laki2  jika sakit panas telapak tangan dan kaki basah keringat dan bdn panas.
seringnya juga mimisan jika panas.
apakah normal yg demikian itu ?

Pertanyaan No. 5
❓Ana punya skit sinusitis, gigi ana plg blkg lubang tp gak lebar. Ana sering pusing, leher dan pundak kaku.hidung gak plong. Apa nasehatnya um ?

Jawaban No.4 & 5 :
'afwan harus dilakukan pemeriksaan fisik , ahsan ke dokter terdekat.

Pertanyaan No. 6
❓Dari tes laboratorium
Darah rutin LED ringan (26mm/hari),HCT ringan (33%)
Mohon dijelaskan maksud diatas?

Jawaban:
Peningkatan LED (laju endap darah) dapat terjadi pada kasus apapun, terutama inflamasi dan infeksi.
LED 26mm/jam masih dianggap normal, demikian pula dengan HCT 33% juga msh normal

Pertanyaan No. 7
❓Apa wanita yg tidak haid tdk bisa hamil?

Jawaban:
Secara teoritis, wanita yg haid berarti ada sel telur yg dikeluarkan secara periodik oleh indung telur. Apabila wanita tsb tidak haid,mungkin memang tdk ada telur yg dikeluarkan atau mungkin ada hambatan sehingga telur tdk bisa keluar, sehingga wanita tsb tidak bisa hamil.

Pertanyaan No. 8
❓Keputihan yang bagaimana yang dikatakan normal?

jawaban:
Keputihan yg normal adalah yg menyertai siklus haid.
dulu sudah pernah diposting ttg keputihan yg normal/tidak.

Pertanyaan No. 9
❓Ana telah KB 2th,sekarang sudah berhenti KB sudah 1th,tapi qodarullah haidnya tidak lancar dan ketika melakukan hubungan sering keluar darah (darah tidak bau amis tapi kental warna hitam dan kadang encer warna hitam ),dan ana sudah minum pil KB selama 2bulan setelah itu setelah berhubungan tidak keluar darah lagi,tapi setelah lama2 malah setelah berhubungan keluar darah sampai banyak,yang mau ana tanyakan,apakah berbahaya darah yang keluar setelah berhubungan tersebut?

Jawaban:
Sebaiknya anti melakukan PAP smear untuk.mengetahui apakah darah yg keluar setelah berhubungan tsb berbahaya/tidak.

Pertanyaan No. 10
❓Ana sedang menyusui anak pertama, baru 3 bln. Usia ana 34 thn, qoddarullah berdasarkan hasil USG di payudara kanan ana terdapat kista. (Lampiran foto hasil usg), apakah kista tsb berbahaya sehingga harus diangkat?

Jawaban:
Kista pd payudara sering terjadi pd orang yg menyusui, biasanya tdk perlu diangkat, dapat diberikan obat2an dan massage rutin pada payudara.

Semoga Bermanfaat. .
_______________
✏Catatan:
Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.
Kami sarankan pula agar tidak mengulang pertyaan yg sama.

والله أعلم بالصواب

Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.

Majmu'ah BIKUM

✏✏✏✏✏

بسم اللّٰه الرحمن الرحيم

21 Rajab 1436H / 10 Mei 2015

Kumpulan Tanya jawab
       (Majmu'ah BIKUM)
             - 21.2 -

         No. 1-3 dijawab oleh:
✒dr. Dianika Um Raihana

Pertanyaan No. 1
❓ ana melahirkan 4bln yang lalu. Dan qodarulloh setelahnya haid kembali. Bln ini tdk seperti biasanya, hanya flek sedikit skali. Dan tidak biasanya jerawat tmbuh lebih bnyk. Amankah yang saya alami?

Jawaban:
Yang anti alami in syaa Allah aman, karena kondisi hormon yang belum stabil setelah melahirkan.

Pertanyaan No. 2
❓ Apa tandanya wajah kita cocok pakai kosmetik tertentu?

Jawaban:
Tandanya pada kulit tidak ditemukan reaksi alergi atau iritasi, seperti kulit menjadi merah, gatal, timbul benjolan, terasa perih, atau kering.

Pertanyaan No. 3
❓ apakah polip sebesar biji jagung dihidung sebelah kiri pada anak 3th harus dioperasi?

Jawaban:
Polip memang tumor jinak. Walaupun jinak namun memang disarankan di ambil karena lama-kelamaan mengganggu aliran udara pernapasan dan dapat menyebabkan bentuk anatomi hidung berubah. Tumor jinak juga perlu diambil agar bisa diperiksa sel-sel nya secara mikroskopis untuk memastikan bahwa tumor itu betul-betul jinak, tidak ada tanda-tanda keganasan.

      No. 4-5 dijawab oleh:
✒dr. Nurul Futuchah

Pertanyaan No. 4
❓Apakah wajar apabila sampai umur 20tahun siklus haidh masih belum teratur? apabila tidak wajar, apakah akan mempengaruhi kesuburan?

Jawaban:
Perlu perincian lagi bagaimana yg dimaksud dengan tidak teratur, karena terkadang haid dapat maju atau mundur beberapa hr yg dapat dikategorikan normal maupun tidak. Jika memang haid benar2 tidak teratur, juga perlu wawancara dan pemeriksaan lanjutan karena penyebab haid yg tidak teratur ada berbagai macam sebab, diantaranya ada yg berpengaruh pada kesuburan, penyebab yg lain hanya bersifat sementara sehingga tidak berpengaruh pada kesuburan.

Pertanyaan No. 5
❓Anak ana klau makan susah bgt dri dulu apakah boleh di beri obat cacing (combatrine) supaya mau makan.anak ana usia 1.5 thn.

Jawaban:
Susah makan memang merupakan problem tersendiri bagi orang tua. Namun jangan selalu menganggap bahwa anak susah makan itu pasti karena kecacingan. Pengobatan kecacingan diberikan jika anak memang terkena kecacingan, sedangkan pemberian obat untuk mencegah kecacingan spt combantrine sebaiknya setelah anak berusia >2 th.

Diantara cara agar anak mudah makan adalah dengan membuat makanan yg bervariasi baik itu dari segi rasa, jenis, maupun tekstur. Anti juga harus membuat jadwal makan yg terdiri dari makanan utama dan makanan selingan, jangan susui anak ketika sudah mendekati waktu makan, buat anak menjadi lapar sehingga anak mau makan dalam jumlah yg mencukupi. Yang paling penting, orang tua hrs telaten dan berkemauan kuat.

_________________
✏Catatan:
Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.
Kami sarankan pula agar tidak mengulang pertyaan yg sama.

والله أعلم بالصواب

Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.

Majmu'ah BIKUM

[8:01 AM 17/05/2015] Umm Nuaim Merauke: ✏  ✏ ✏  ✏  ✏

بسم الله الرحمن الرحيم

Ahad,28 Rajab 1436H / 17 Mei 2015
~ ~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kumpulan Tanya jawab
          Majmu'ah BIKUM
             -Bagian 21.3-

➖➖➖➖➖➖

✒Dijawab oleh: dr.Lina Umm.Abdillaah

➖➖➖➖➖➖
Pertanyaan No.1
❔Minum kopi tiap hari berbahaya tidak? Minum kopi max berapa gelas sehari?

Jawaban :  
Bahaya minum kopi jika dikonsumsi secara berlebihan :

a. Meningkatkan denyut jantung, bagi penderita dengan riwayat serangan jantung lebih baik dihindari

b. Menimbulkan gejala sakit lambung, karena kopi dapat meningkatkan asam lambung

c. Meningkatkan serangan jantung & stroke karena kopi dapat meningkatkan kadar trigliserid.

d. Menimbulkan gejala insomnia yang sangat tidak baik bagi kesehatan

e. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi 100mg kafein per hari dapat menimbulkan keguguran, karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung dan dapat mempengaruhi janin melalui plasenta.

f. Dapat melemahkan daya tahan tubuh, karena kafein dapat menyerap vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kopi juga mempercepat hilangnya cairan dalam tubuh.

Banyaknya minum kopi sehari yang direkomendasikan tergantung kandungan kafein di dalamnya, jadi tidak ada batasan pasti.

Pertanyaan No.2. 
❓Apakah steril pada wanita memiliki pengaruh pada berat badan? Karena ada wanita setelah menjalani steril, berat badan meningkat meskipun konsumsi makanan seperti biasa. Ada yg menyebutkan penambahan berat badan akibat steril yg mempengaruhi hormon tubuh. Bagaimana mengatasi?

Jawaban :
Sebenarnya secara medis tidak ada hubungan tindakan operasi steril pada wanita dengan peningkatan berat badan. Mengatasi penambahan berat badan dengan mengatur masukan makanan agar tidak melebihi kebutuhan dan rajin berolahraga/ aktif bergerak.

Pertanyaan No. 3
❔Anak ana usia 1 tahun, kalau tidur sukanya di lantai tanpa alas apapun...kl malam jg demikian, tidak mau diatas (kasur) & seringnya posisi tengkurep...bahayakah bagi kesehatan?

Jawaban :
Tidur di lantai in syaa Allah tidak membahayakan kesehatan anak asalkan kondisinya mendukung, diantaranya : tidak mempunyai alergi dingin, riwayat asma ataupun bronkhitis. Lantai harus dipastikan bersih dari debu atau benda yang dapat melukai anak. Akan tetapi lantai yang dingin dan lembab pada malam hari dapat memicu batuk & pilek pada anak, maka perlu disiasati :

a. Memberikan alas tebal pada lantai : matras, bed cover, selimut. Pemakaian karpet tidak disarankan karena dapat memicu bersin-bersin karena debu yang menempel di karpet.

b. Menggunakan alas lantai atau kasur yang menarik agar anak mau menggunakannya.

c. Memindahkan anak ke kasur setelah tidur pulas.

✋Tidur tengkurap disamping tidak sesuai sunnah juga tidak baik bagi kesehatan. Saat tidur tengkurap, otot-otot pernafasan tidak dapat mengembangkan dada dengan baik dan maksimal sehingga aliran oksigen menjadi lebih sedikit & bisa berakibat sesak nafas.

Pertanyaan No. 4
❔Kalau komedo terlalu banyak cara membersihkannya dengan apa ya? Karena ana sudah berusaha dg menggunakan cream zaitun ttpi sepertinya tidak berkurang.

Jawaban :
Komedo ada 2 jenis : komedo terbuka (black head) dan komedo tertutup (white head). Untuk  mencegah timbulnya komedo, kebersihan kulit harus diperhatikan.
✔Hindari produk yang dapat menimbulkan komedo: alas bedak, shampo konditioner, susu pembersih, tabir surya.

Menghilangkan komedo antara lain dengan menggunakan scrub untuk membersihkan sel kulit mati. Cara lain dengan menggunakan air panas & garam untuk membantu membuka pori-pori & melancarkan peredaran darah, sehingga komedo yang terbuka dapat dibersihkan dengan kapas. Bisa juga dengan kulit jeruk yang diberi sedikit air ditaruh di tempat yang ada komedonya semalam, biasanya komedo akan terangkat dengan sendirinya. Selain itu dengan lidah buaya, lendirnya dioleskan ke tempat yang berkomedo, diamkan 10-15 menit.

Pertanyaan No. 5
❓Apa benar garis hitam di kuku itu adalah tanda akan penyakit kanker? Garis hitam itu muncul sejak ana SMU sekitar 7 tahun lalu karena terjepit pintu.

Jawaban :
Tanda garis hitam di kuku bisa merupakan salah satu tanda keganasan (sub ungual melanoma) yang biasanya hanya menyerang satu kuku (umumnya ibu jari tangan) diikuti perubahan warna hitam pada jaringan sekitar kuku. Jika ada riwayat trauma (kejepit pintu) kemungkinan besar itu hanya melanonychia saja (tanda garis hitam pada kuku akibat produksi melanin berlebih & tidak memiliki gejala yang berbahaya). Umumnya riwayat trauma dapat menyebabkan melanonychia.

Pertanyaan No. 6. 
❔Bagaimana mengenali kosmetik-kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya (semacam mercury, hidroquinon dan yg lainnya)? Karena tidak semua kosmetik atau perlengkapan make up mencantumkan bahan-bahannya pada kemasan.

Jawaban :
Ciri-ciri kosmetik berbahaya :

a. Tidak berizin resmi BPOM

b. Krim umumnya lengket dan tidak solid, tidak homogen, terkadang bila didiamkan minyak akan terpisah dengan bagian padat

c. Bau tercium tajam atau menggunakan parfum menyengat untuk menghilangkan bau campuran logam yang ditambahkan.

d. Warna umumnya sangat mencolok, umumnya menggunakan pewarna tekstil  kuning & warna krim putihnya pearly (mengkilat seperti mutiara).

e. Bila diusapkan pada kulit terasa panas, memerah dan gatal.

f. Pada pemakaian awal menyebabkan iritasi pada kulit & kemerahan bila kena matahari.

g. Warna putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat.

h. Memberikan hasil sangat cepat setelah pemakaian.

i. Memberikan efek ketergantungan, jika produk pemutih mengandung bahan berbahaya maka saat dihentikan wajah gelap kembali bahkan timbul flek hitam.

Pertanyaan No.7. 
❓Bagaimana menghilangkan warna gelap pada selangkangan.

Jawaban :
Bahan alami yang dapat dipakai pada selangkangan yang kehitaman :

a. Satu buah mentimun segar diparut, dicampur satu buah lemon, diaduk rata kemudian dioleskan pada selangkangan, didiamkan 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

b. Satu buah lemon dibelah 2 & digosokkan secara lembut di selangkangan, didiamkan 10 menit dibilas air bersih, dipakai rutin 2 kali sehari.

c. Kulit jeruk ditetesi minyak kelapa murni, gosokkan pada selangkangan, diamkan 10 menit, bilas air bersih, lakukan 2 x seminggu.

d. Tawas dilarutkan dengan air panas, digunakan kain untuk mengusap pada selangkangan.

e. Kapur sirih secukupnya dicampur perasan air jeruk nipis, oles pada selangkangan, lakukan 3x seminggu.

f. Kunyit bubuk campur yoghurt dan air jeruk nipis, dibuat pasta, oleskan pada selangkangan.

Pertanyaan No. 8
❔Ana memiliki 2 anak, yg pertama usia 1 thn 10 bulan, usia 6 bulan ana hamil anak kedua dalam keadaan masih menyusui, sekarang adiknya usia 7 bulan, keduanya masih menyusui bergantian. Yg menjadi masalah kok payudara sebelah kiri seolah makin kecil seperti baru tumbuh walaupun ASInya banyak sedangkan sebelah kanan besar dan keras kalau penuh padahal ana menyusui secara bergantian kiri kanan kadang yg kakak sebelah kiri sedangkan adiknya sebelah kanan. Ana juga sudah SADARI Alhamdulillah tidak ada benjolan atau nyeri, kira-kira penyebabnya apa ya dok...?

Jawaban :
Payudara wanita terdiri atas jaringan ikat, kelenjar dan jaringan lemak, yang semuanya dilapisi oleh kulit. Pada wanita menyusui, kadar hormon prolaktin dalam tubuh akan meningkat dan merangsang kelenjar untuk menghasilkan susu. Umumnya ini diikuti pembesaran ukuran payudara. Tetapi proses setelah itu memang tergantung kondisi payudara sendiri, ada yang setelah menyusui ukuran payudara kembali mengecil ke ukuran semula, ada juga yang tetap pada ukuran saat menyusui. Biasanya perawatan yang ada ditujukan untuk mengencangkan payudara bukan untuk membesarkan. Karena untuk membesarkan payudara bukan hal yang mudah, perlu konsultasi dokter ahli & umumnya dengan terapi hormon. Jika tidak ada keluhan benjolan, nyeri, perubahan warna ataupun bentuk payudara insya Allah masih normal.

Pertanyaan No. 9
❓ Ana sering sekali sakit kepala pada bag.tengah atas sakitnya (bukan pusing lo), terutama kalau capek, bnyk yg dipikirkan. itu kira2 knp,klau mau periksa ke dokter spesialis apa?

Jawaban :
Penyebab sakit kepala bermacam-macam : trauma, gangguan pembuluh darah, tumor, akibat obat-obatan, infeksi, perubahan lingkungan, ada masalah dengan mata, telinga, tenggorokan, hidung, gigi atau leher, atau masalah psikiatri/ banyak pikiran. Jika sakit kepala makin sering dan makin memberat ahsan diperiksakan ke dokter spesialis syaraf untuk mendapat penanganan sesuai penyebabnya.

Pertanyaan No.10
❔Jari tengah tangan kanan ana gatal sekali dan luka ketika digaruk. bruntus dibawah kulit epidermis. Sudah berobat.selalu muncul setiap bulan.kadang hilang sendiri.mohon solusinya?

Jawaban :
Gatal pada kulit bisa disebabkan alergi, infeksi bakteri, jamur, virus ataupun parasit. Untuk mengetahui penyebabnya perlu pemeriksaan langsung, sehingga dapat diberikan  terapi yang sesuai. Umumnya gatal yang kambuh-kambuhan & kadang hilang sendiri disebabkan alergi. Kalau sudah berobat, mungkin perlu dibawa ke dokter spesialis kulit lain untuk mendapatkan second opinion (pendapat lain), mudah2an mendapatkan terapi yang tepat.

--------------
✏Catatan:
Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.
Kami sarankan pula agar tidak mengulang pertyaan yg sama.

والله أعلم بالصواب

Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan. 

Majmu'ah BIKUM
[4:05 PM 17/05/2015] Umm Nuaim Merauke: ✏✏✏✏✏

بسم الله الرحمن الرحيم

Ahad, 28 Rajab 1436H / 17 Mei 2015
----------------------------

Kumpulan Tanya jawab
         Majmu'ah BIKUM
             - 21.3 -

✒No. 1-3 Dijawab oleh : dr . Dianika Umm. Raihana

Pertanyaan No. 1
❓ Hal apa sajakah yang di larang atau harus di hindari oleh wanita haid menurut kesehatan,baik dari perbuatan maupun dari makanan dan minuman?

Jawaban:
Sebenarnya tidak ada makanan khusus yang harus dihindari. Hanya, jika sering mengalami nyeri haid ahsan menghindari kopi, coklat, makanan berlemak karena dapat memperparah Nyeri haid. Ahsan juga memperbanyak konsumsi sayur & buah.

Pertanyaan No. 2
❔ anak laki2 saya umur 4th. Sdh 2 pkn ini batuk berdahak. Perlu diketahui bahwa anak saya ini suka tidur di lantai krn kegerahan. Jika saya angkat ke kasur, tiba2 tanpa sepengetahuan turun ke lantai lg. Apakah ada hubungan kebiasaan ini dg batuknya? Kemudian sebaiknya saya beri obat apa?

Jawaban:
Bisa jadi berhubungan. Batuk bisa disebabkan oleh alergi dingin, bisa juga karena sebab lain. Untuk lebih jelasnya, ahsan diperiksakan ke dokter agar diketahui penyebab batuknya.

Pertanyaan No. 3
❓ ana mengalami nyeri/ngilu di payudara, lebih ngilu di sebelah kiri, kanan hanya sedikit. Sudah dialami 3 bulan ke belakang ini. Rasanya kadang ngilu, seperti ditekan atau kadang ditarik. Tapi nyeri nya tidak begitu parah. Ketika di sadari, tidak ada benjolan apapun. Tidak ada cairan apapun yang keluar. Pernah disarankan minum susu kedelai oleh teman, ana coba. Alhamdulillaah sedikit berkurang, namun sekarang terasa kembali. Bagaimana solusinya dok?

Jawaban:
'afwan, solusinya diperiksakan ke dokter terlebih dahulu.

✒No. 4-5 Dijawab oleh : dr. Emi Umm. Khonsa

Pertanyaan No. 4.
❔Dikepala ana ada seperti ketombe tp agak tebal,itu apa ya?

Jawaban :
diagnosa bisa benar ketombe yg berat, atau bisa juga psoriasis, atau penyakit lain, hal ini butuh pemeriksaan secara langsung, jadi ahsan periksakan ke dokter kulit.

Pertanyaan No. 5
❓Mengapa ketika terkena air hujan anak/kita mudah sakit?

Jawaban :
Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat & menginfeksi satu sama lain yg membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yg menurun.
Air hujan akan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini.
Hal inilah yang membuat orang jadi sakit atau memicu sakit kepala. Selain itu air hujan yg turun juga mengandung gas-gas/senyawa yg ada di udara sehingga lebih bersifat asam.
Hujan yg turun rintik-rintik/ gerimis membuat konsentrasi asam dari gas & senyawa ini semakin besar, sehingga orang bisa tetap sakit meski hanya kena gerimis.

● Disarankan segera membilas rambut yg terkena air hujan sebagai cara menghilangkan senyawa & gas bersifat asam yg terbawa dalam air hujan, serta mengganti pakaian yg basah agar suhu tubuh tidak semakin dingin.

-------------
✏Catatan:
Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.

Kami sarankan pula agar tidak mengulang pertyaan yg sama.

والله أعلم بالصواب

Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.

Majmu'ah BIKUM

[8:42 AM 24/05/2015] UmAisyahMuhammad: ✏ �� ✏ �� ✏ �� ✏

بسم الله الرحمن الرحيم

⏳ Ahad, 6 Sya'ban 1436H / 24 Mei 2015
~ ~~~~~~~~~~~~~~~~~~
�� Kumpulan Tanya jawab ��
          Majmu'ah BIKUM
             -Bagian 21.4-

������������������
✒No. 1-5  Dijawab oleh : dr. Emi Umm. Khonsa

������������������

�� Pertanyaan No. 1
❔Mohon penjelasan ttg penyakit asam urat 

�� Jawaban:
�� Penyebab penyakit asam urat adalah tingginya kadar asam urat.
Asam urat merupakan limbah yg terbentuk dari pemecahan zat purin yg ada di dalam sel-sel tubuh. Setiap harinya, asam ini dibuang dari tubuh kita melalui ginjal. Jika asam urat yg dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari
jumlah produksinya, maka sisanya akan menumpuk di dalam & sekitar sendi dalam bentuk kristal-kristal tajam natrium urat. Pembentukan & penumpukan kristal-kristal tersebut bisa berlangsung selama bertahun-tahun tanpa kita sadari. Beberapa kristal yg bertumpuk akan keluar dari tulang rawan dan membuat lapisan lembut pada sendi yg disebut sinovium mengalami radang terasa menyakitkan. Ketika ini terjadi, itu berarti penderita sedang mengalami serangan asam urat.
Pada akhirnya, kristal yg tertumpuk akan membentuk gumpalan keras yg disebut tofi. Tofi ini bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi & tulang di sekitarnya. Jika tidak segera ditangani, bisa mengarah pada kerusakan sendi permanen & jika sudah seperti ini, sendi akan terasa kaku & sakit ketika digerakkan.

● Ada beberapa faktor yg dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat, diantaranya adalah:

1. Kelebihan berat badan atau obesitas.
2. Umur dan jenis kelamin. Cenderung dialami mereka yang berusia lebih tua dan kaum pria. Untuk wanita yg masih mdpatkan haid (belum menopouse) masih terlindungi dari penyakit ini oleh karena peran hormon estrogen.
3. Sering mengonsumsi makanan yg banyak mengandung purin seperti otak, hati, ginjal, kaldu, jantung, ikan makarel ikan sarden, dan kerang-kerangan.
4. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol atau mengandung ragi seperti tape
5. Memiliki masalah pada ginjal yg dapat mengganggu pembuangan asam urat.
6. Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ini.

● Diagnosis penyakit terkait asam urat dan gout (yg terdapat benjolan di sendi). Biasanya dokter akan memeriksa keberadaan kristal- kristal natrium urat di dalam sendi-sendi Anda.

●Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejalanya & mencegah serangan terulang kembali.

●Dalam meringankan gejala, bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti obat anti inflamasi non steroid (OAINS) contoh neu rheumacyl, asam mefenamat,
Selain obat tersebut, obat lainnya seperti colchicine atau corticosteroids terkadang diperlukan, hal ini sesuai dg pemeriksaan dokter.

●Untuk mencegah kambuhnya serangan asam urat, bisa dengan memperbaiki pola hidup, seperti menurunkan berat badan bagi yg obesitas atau mengonsumsi obat-obatan penurun kadar asam urat, contohnya allopurinol . Kombinasi obat-obatan dari dokter serta perilaku hidup sehat terbukti ampuh dalam menurunkan kadar asam urat & melarutkan kristal-kristal
penyebab penyakit tersebut. Banyak diantara mereka yg tidak lagi mengalami serangan asam urat di masa mendatang setelah menerapkan cara pengobatan ini.

�� Pertanyaan No. 2
❓mohon penjelasan tentang hepatitis

�� Jawaban :
�� Hepatitis adalah peradangan pada hati yang ditandai sel2 radang dan peningkatan fungsi hati.

Hepatittis Secara umum terbagi menjadi hepatitis viral dan non viral

● Hepatitis viral disebabkan virus hepatitis A, B, C, D dan E.
● Hepatitis non viral disebabkan bukan virus hepatitis tetapi oleh bahan lain seperti alkohol, obat yg berlebihan.

● Hepatitis A dan E ditularkan melalui makanan/minuman yg tercemar virus hepatitis À atau hepatitis E.
Infeksi hepatitis A dan E akut dapat sembuh sempurna, Sedangkan hepatitis B, C, D ditularkan melalui darah, cairan kemaluan. Pada jenis Infeksi akut hepatitis ini dapat berlanjut menjadi infeksi kronik yang akhirnya menyebabkan kerusakan hati bahkan menjadi kanker.

● Gejala infeksi hepatitis akut
Dibagi ikterik (kuning) dan non ikterik (tidak kuning).
Secara umum keluhan mual, muntah, kembung, demam ringan.
Pada jenis ikterik tampak sklera mata menguning, urine warna teh tua(pekat)
Kepastian diagnosa dengan pemeriksaan lab. darah fungsi hati, dan jenis virus

●Infeksi kronik
Sering tidak ada gejala sampai terjadi sirosis(gagal hati/kerusakan hati yg luas)

●Terapi berdasarkan standar pengobatan, hasil pemeriksaan lab, kondisi pasien, keparahan penyakit.

�� Pertanyaan No. 3
❔ Mohon jelaskan tentang polip hidung

�� Jawaban:
�� Polip hidung adalah kelainan mukosa (lapisan dinding hidung bagian Dalam) yang berupa massa lunak bertangkai, berbentuk bulat/lonjong, permukaannya licin & agak bening karena berisi cairan. Biasanya polip ini terjadi terkait dengan adanya riwayat alergi di saluran nafas seperti rinitis, asma. Atau berkaitan dengan penyakit lain sperti sinusitis.

��Keluhan yg dirasakan bisa berupa mampet/hidung tersumbat, yg sifatnya menetap, tidak hilang timbul, semakin hari dirasakan semakin berat ( rasa tersumbatnya ). Keluhan lain bisa tejadi menurunnya penciuman/pembauan.
Pemeriksaan secara spesifik dengan dokter spesialis THT.

��Pengobatan
Tergantung faktor2 terkait yg menyebabkan trjadinya polip.

Secara umum polip ringan : steroid sistemik (obat minum)
Jika polip besar : perlu tindakan operasi.

�� Pertanyaan 4
❓Bagaimana caranya menghilangkan bengkak pada kelopak mata ?

�� Jawaban:
�� Butuh pemeriksaan langsung, apakah itu xanthelasma atau bengkak yang lain , atau apakah didapatkan bengkak jg anggota tubuh lainnya.

�� Pertanyaan No. 5
❔suami ana sering 2 telapak tangan kaku,,kesemutan,,jk bersepeda motor sesekali dikibaskibaskan tanganx..sering minta dipijit telapak tanganx..setiap hari hrs berkendara sepedamotor untuk antar anak sekolah..dulu kurang lebih 10th bersepedamotor berangkat kerja  kuranglebih 45menit ,,itupun pulang pergi.. itu kenapa ya? kalau harus ke dokter ke bagian mana?

�� Jawaban:
�� kaku dan kesemutan sebabnya bisa banyak bisa berkaitan dengan metabolisme, kadar asam urat, glukosa darah, lemak dalam darah, ataupun sebab lain, jika ingin memeriksakan diri ke dokter umum/poliklinik) dulu boleh ( yg juga ada tempat laboratoriumnya ).

��Tambahan dari dr. Nurul Futuchah,
Melihat riwayat suami anti yg selalu mengendarai sepeda motor jarak jauh dalam jangka waktu yg cukup lama, ada kemungkinan juga suami anti mengalami kondisi yg disebut carpal tunnel syndrome/CTS (sindrom terowongan karpal), yaitu gangguan yg terjadi akibat ada jepitan pada saraf pergelangan tangan yg sering terjadi akibat posisi tangan yang menekuk ke atas terus menerus (posisi ngegas motor). Memerlukan pemeriksaan langsung untuk mendiagnosis. Penyakit CTS ditangani oleh dokter saraf (stlh sebelumnya anti dpt periksa ke dokter umum dulu seperti yg direkomendasikan di atas)

والله أعلم بالصواب
----------------(hal.1)��

�� Majmu'ah BIKUM ��
[8:59 AM 24/05/2015] UmAisyahMuhammad: ➖➖➖������➖➖➖
✒No 6-7 di jawab oleh: dr. Nurul Futuchah

➖➖➖������➖➖➖

�� Pertanyaan No. 6
❓apakah demam thypoid berbhaya jika trjadi pada ibu hamil 9bln? Apakah sampai harus dilakukan sc agar pengobatan tidak menggangu janin?

��Jawaban:
�� Demam thypoid pada ibu hamil meningkatkan resiko terjadinya persalinan prematur. Jenis pilihan antibiotik untuk mengobati demam thyphoid ada beberapa macam, ada yang aman untuk ibu hamil, ada yang tidak. Jika ibu hamil mengalami demam thyphoid, maka akan dipilihkan antibiotik yg aman untuk ibu hamil, sehingga tidak perlu SC hanya dengan alasan agar pengobatan tidak menganggu janin, kecuali jika ada indikasi lain.

��Pertanyaan No. 7
❓setiap kali ana (sisi) mengeluarkan lendir atau afwan (ingus) di hidung kok mengeluarkan bau tidak sedap ya umm, itu knapa y?

��Jawaban:
�� Untuk bisa mendiagnosis harus dengan pemeriksaan langsung.  Adanya bau tidak sedap bisa merupakan salah satu gejala sinusitis atau radang kronik rongga hidung atau bisa juga adanya benda asing yang ada di rongga hidung.

➖➖➖������➖➖➖
✒No. 8-10 di jawab oleh: Bidan Faizah, akp

➖➖➖������➖➖➖

�� Pertanyaan No 8
❓ana lg hml anak 5, umur ana 35 thn,  ana sring mrsa lelah,  lemas, dan sesak nafas. Ada g herbal yg bs ana konsumsi,  untuk mengurangi keluhan2 tersebut?  umur kehamilan ana 4 bln,  dan ana punya riwayat sakit gerd dan lemah jantung.

�� Jawaban:
�� utk memastikan penyebab keluhan anti coba periksa ke dokter/bidan, atau disertai tes Hb dan pemeriksaan penunjang lainya.

�� Pertanyaan No 9
❔apakah orang yang menderita diabetes bisa dibekam Umm? Dan apa ada batasan tertentu nilai gula darah yang aman untuk melakukan bekam?

�� Jawaban:
�� bisa dibekam in syaa Allah. Bila terpenuhi syarat2nya. Kadar gula darah bukan patokan.asalkan kuat materi dasary in syaa Allah bisa dibekam.kunjungilah ahli bekam yg telah belajar bekam bersinergi dg medis dan menguasai diagnosa dg baik.

�� Pertanyaan No 10
❓Adakah efek negatif dari terlalu sering berbekam? Brp batasan max dlm sebulan?

�� Jawaban:
��ada . Karena darah perlu waktu untuk beregenerasi.
Utk pengobatan 2×/bln, sdh ckp in syaa Allah.

والله أعلم بالصواب
-------------------(hal.2)��

�� Majmu'ah BIKUM ��
[1:30 PM 24/05/2015] UmAisyahMuhammad: ➖➖➖������➖➖➖
✒No.11 - 16 di jawab oleh : dr. Mujahidah Husna

➖➖➖������➖➖➖

�� Pertanyaan No. 11
❓ kapan perubahan hormon yang terjadi saat hamil hilang pasca melahirkan?

�� Jawaban:
��Segera setelah melahirkan, hormon kehamilan akan segera turun kadarnya dalam darah. Kecepatan tiap orang berbeda-beda antara 3 jam sampai hari ke 7. Sedangkan hormon yang berfungsi mengatur produksi ASI, sudah mulai diproduksi saat hamil dan kadarnya akan meningkat dengan cepat setelah kelahiran dan proses menyusui dimulai. Jika ibu tidak menyusui anaknya, kadar hormon tersebut akan berkurang dalam 2 minggu.

�� Pertanyaan No. 12
❓Ana sedang hamil usia kehamilan 3 bln, ana kalau pagi hari sering ngantuk? Apakah boleh tidur pagi2?

�� Jawaban:
��Kebutuhan tidur dalam sehari adalah 6 - 8 jam. Jika memang pada malam hari ibu tidak bisa tidur nyenyak, bisa diganti tidur pada pagi / siang hari.

�� Pertanyaan No. 13
❓Sktr 3 th lalu ana mngalami kecelakaan & qodarulloh kepala terbentur hingga sobek serta hsl CT Scan mngalami edema cerebri, hingga hrs dirawat smp 5hr. Sejak itu smp skrg kepala msh sering kambuh sprt cekot2, mati rasa pd alat gerak (tangan& kaki), kadang smp sesak nafas & ga sadar. Hal ini terjadi ktk ada sebab sbgmn kt dokter syaraf yakni, menjelang haidh, pikiran atau kecapean.

Pertanyaanya, apakah aman kondisi sprt ini jika nntinya ana hamil & melahirkn? Bagi ana sendiri maupun bagi janin, Krn yg sdh2 ktk hamil 2x (sblm kecelakaan) kondisi ana lemah, nge flek terus bhkn pendarahan hingga dokter mnyarankn bedrest.

�� Jawaban:
��Ahsan konsultasi langsung dengan dokter spesialis syaraf dan kandungan yg menangani anti, karena ada banyak hal yang perlu dipersiapkan/dipertimbangkan sebelum anti memutuskan untuk program hamil lagi.

�� Pertanyaan No. 14
❓ketika hari subur sdh diketahui,,kapan hari yg optimal utk dipake berhubungan agar program hamil bs berhasil?

�� Jawaban:
��2 hari sebelumnya sampai 1 hari sesudahnya

�� Pertanyaan No. 15
❓Usia brpa anak aman mmakai produk2 mandi orang dewasa?

�� Jawaban:
��Tidak ada batasan yang pasti, karena sensitivitas kulit tiap anak berbeda-beda.

�� Pertanyaan No. 16
❓Kalau pada payudara bagian aleoranya itu terdapat bintik2 timbul yg kadang di ujung bintiknya berwarna putih,hanya di bagian aleoranya. Itu kira2 kenapa ya?

�� Jawaban:
��Kalau dipencet tidak keluar apa2nya, Kemungkinan besar itu adalah kelenjar lemak di bawah kulit. In syaa Alloh tidak mengapa. Tp ahsan diperiksakan langsung ke dokter terdekat.

والله اعلم بالصواب
------------------(hal.3)��

��Majmu'ah BIKUM��
[3:49 PM 24/05/2015] UmAisyahMuhammad: ����������������

No.17 - 21 dijawab oleh :
✒drg. Joko Wijanarko
(Melalui istri bliau dr . Mujahidah husna )

����������������

�� Pertanyaan No. 17
❓kapan waktu terbaik ibu hamil boleh tambal gigi yg berlubang?

�� Jawaban:
��Sebelumnya sampaikan ke dokter jika dalam keadaan hamil, agar dokter dapat menentukan perawatan yang tepat dan aman, serta tidak mengganggu kesehatan janin. Pelaksanaan tambal gigi secara umum dapat dilakukan saat usia kehamilan berapapun, baik usia kehamilan trisemester 1, trisemester 2 maupun sudah trisemester 3.

☝Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan;

1.Pada proses tambal gigi yang memerlukan aplikasi bahan untuk mematikan saraf gigi', ahsan hindari saat usia kehamilan trisemester 1.

2. Jenis bahan tambal white filling (warna tambalan sewarna dengan gigi) lebih aman untuk ibu hamil. Hindari tambalan amalgam (tambalan logam, warna mengkilap seperti logam), karena mengandung merkuri yang berbahaya bagi ibu dan janin.

3. Jangan melakukan rontgen gigi saat hamil, karena dapat mengganggu perkembangan janin.

Catatan: Perlu dan tidaknya aplikasi bahan untuk mematikan saraf gigi, tergantung keadaan lubang gigi dan setelah pemeriksaan oleh dokter gigi.  

�� Pertanyaan No. 18
❓anak usia 4thn 6bulan. Pada gigi graham bawah, sudah ada bolong dikiri dan kanan. Yg sebelah kiri sudah ditambal, namun yg disebelah kanan sudah bolak balik bongkar pasang/di tambal. Pada saat setelah ditambal gigi masih sering sakit dan kemudian dibongkar lg, tambal lg (sudah 4kali). Kata dokter pada tambalan terakhir dilakukan tambal permanent lg. Dan Alhamdulillaah tidak sakit. Tp stlah 1 bulan tambalannya terbuka lg. Apakah hal demikian tidak berbahaya dan apa solusinya ya dok?

�� Jawaban:
��Bi'idznillah, tidak mengapa jika dilakukan penambalan berulang seperti apa yang telah disebutkan. Karena dalam beberapa kasus, gigi yang sudah ditambal bisa kembali nyeri, sehingga perlu dibongkar, kemudian ditambal kembali.

��Solusi yang dapat dilakukan yaitu:

1. Kembali ke dokter gigi sebelumnya, yang lebih memahami tentang keadaan giginya,  untuk kembali dilakukan tambal gigi tersebut.

2. Gigi geraham bawah tetap dibiarkan terbuka. Tetapi dilanjutkan rajin sikat gigi secara teratur. Anak diminta segera berkumur setelah makan. Jika masih terdapat sisa makanan pada lubang gigi setelah berkumur, maka bersihkan dengan sikat gigi hingga sisa makanan hilang (hindari penggunaan tusuk gigi atau benda tajam lainnya untuk membersihkan lubang gigi). Hal ini untuk mencegah infeksi pada gigi anak-anak yang tidak ditambal. Lakukan langkah ini hingga gigi susu anak tanggal.

�� Pertanyaan No. 19
❓'afwn jika lidah sering sariawan penyebabnya apa ya? karena dulu kalau sariawan di gusi, baru2 aja di lidah.

�� Jawaban:
��Tidak dapat diketahui dengan pasti penyebab sariawan. Namun beberapa teori menyebutkan bahwa penyebab sariawan (stomatitis) lebih dikarenakan menurunnya ketahanan tubuh. Sariawan juga banyak disebabkan kurangnya vitamin C, vitamin B12,  zat besi, folat, infeksi virus dan bakteri, stress, hormonal (sering terjadi pada wanita, menjelang atau saat terjadi menstruasi) dan trauma (misal tergigit).
Pada sariawan yang bersifat kambuhan (stomatitis aphthosa recurrent), sariawan sering berpindah tempat, kadang saat ini di lidah, lain waktu di bibir, di gusi atau di mukosa mulut lainnya. Sariawan jenis ini lebih banyak disebabkan karena faktor stress dan pertahanan tubuh yang menurun. Terapinya pun cukup dengan pengendalian stress dan konsumsi asupan gizi yang cukup, terlebih asupan vitamin C sebagai nutrisi untuk mempercepat penyembuhan dan perbaikan jaringan.
Kebanyakan terapi/obat yang dipasaran secara umum bersifat pengurang rasa nyeri (relief of pain). Sariawan akan sembuh sekitar 4-10hari. 

��Sedangkan untuk sariawan pada satu tempat (tidak berpindah-pindah) dan tidak kunjung sembuh (hingga berminggu-minggu), patut dicurigai adanya kecenderungan keganasan/kanker mulut. Untuk kasus sariawan jenis ini perlu di konsultasikan ke dokter gigi untuk diperiksa kondisi lesi ini.

�� Pertanyaan No 20
❓anak yg ketiga (16bln) gigi (susu) seri bagian atas depan pertama kali tumbuh langsung keropos dan coklat..waktu lahir,dia dirawat diRS selama 3 hari krn kasus ketuban pecah dini dan tercampur feses bayi..apakah ini berpengaruh pada pertumbuhan giginya?apakah gigi tetapnya juga nanti keropos dan coklat juga?

�� Jawaban :
��Ada beberapa kemungkinan yaitu:
1. Hipoplasia Email
● Kualitas email gigi tidak baik, email gigi tampak tipis dan tampak kasar, sehingga mudah menjadi karies gigi (gigi berlubang). Hipoplasi email terjadi karena gangguan pada masa kelahiran, seperti kelahiran sulit (bayi kurang oksigen), berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, kernikterus (kuning patologis pada bayi), dll.
Penyakit infeksi pada masa kehamilan (demam tinggi, infeksi sitomegalovirus, rubela, toksoplasmosis) atau infeksi berat pada masa bayi dan anak.
Jika hipoplasi email terjadi pada gigi susu maka akan berakibat pada gigi tetap penggantinya.
2. Pengaruh Antibiotik Tetrasiklin selama kehamilan atau menyusui.
3. Amelogenesis imperfecta
● Termasuk penyakit keturunan, sehingga perlu ditanyakan riwayat keluarga.
4. Dentinogenesis imperfecta
● Merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan tidak sempurnanya dentin (dentin adalah struktur di bawah email gigi). 

��Pada semua penyebab diatas, kasus anak ibu lebih disebabkan karena hipoplasia email. Dan keadaan giginya akan tetap terjadi pada gigi penggantinya. Allahu a'lam. Anak dapat diperiksakan ke dokter gigi untuk menjalani pemeriksaan lanjutan dan untuk mendapat perawatan yang tepat.


�� Pertanyaan No 21
Amankh seorang anak berumur setahun mengkonsumsi minuman dingin atau bahkan es batu?? Dan pada umur berapa seorang anak menyikat gigi?

�� Jawaban :
��Diliat hubungannya dengan perkembangan gigi anak dan struktur gigi anak berumur 1 tahun, tidak mengapa mengkonsumsi minuman dingin atau es batu. Tetapi perlu diperhatikan pengaruhnya untuk kondisi kesehatan umum.

Inti dari menyikat gigi adalah pembersihan gigi. Sehingga saat gigi anak sudah mulai tumbuh (±6 bulan) dapat dimulai untuk pembersihan gigi. Langkah yang dapat dilakukan yaitu bersihkan gigi anak dengan kain lembut atau kasa steril dan dapat dibasahi dengan air matang setelah anak minum ASI. Sekitar usia 1,5 tahun anak dapat diperkenal untuk menyikat gigi tanpa pasta gigi. Awalnya dapat dibantu untuk menyikat giginya, setelah mahir anak dapat menyikat giginya sendiri. Saat anak sudah dapat meludah (berkisar umur 2 tahun) bisa menggunakan pasta gigi.
------------------

✏Catatan:
Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.
Kami sarankan pula agar tidak mengulang pertyaan yg sama.

والله أعلم بالصواب

��Sekian hasil tanya jawab pekan ini semoga bermanfaat.
Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.
------------------(hal.4)��

�� Majmu'ah BIKUM ��

0 komentar :

Posting Komentar