Jumat, 20 Februari 2015

Tagged under: ,

Thibbun Nabawi (Bagian 2)



Bismillaah

Sabtu, 1 Rabi'ul akhir 1436H/20 Februari 2015M

 Wewangian


✒Um Muhammad, akp.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
    Telah shahih dari Nabi  صلى الله عليه وسلم, bahwa Beliau mengatakan : "Telah dijadikan aku senang kepada dunia kalian, yaitu wanita dan wewangian. Dan dijadikan penyejuk hatiku pada sholat ". Beliau sangat sering memakai wewangian dan beliau tidak senang dengan bau yang tidak sedap. Wewangian adalah makanan ruh yang merupakan kendaraan kekuatan. (Ruh)  semakin kuat dan berlipat dengan wewangian. Sebagaimana juga bertambah dengan :
- makanan dan minuman
- kebahagiaan dan kegembiraan
- hidup bersama dengan orang orang yang dicintai
- terjadinya kejadian yang disenangi
- hilangnya sesuatu yang mana seseorang kan bahagia bila hal tersebut hilang dan berat atas dia ketika dia menyaksikannya, seperti melihat seorang yang malas, dan orang yang dibencinya.
Karena sesungguhnya hidup bersama dengan mereka, akan melemahkan kekuatan dan menimbulkan gundah gulana. Dan keadaan ini untuk ruh sama seperti penyakit demam pada badan dan sama seperti bebauan yang tidak sedap.Dan untuk ini Allah سبحانه وتعالى menjadikan para shahabat Rasulullah صلى الله عليه وسلم untuk tidak berakhlaq dengan akhlaq seperti ini dalam bergaul dengan Rasulullah صلى الله عليه وسلم karena akan menyakiti Rasulullah.

     Maksud dari ini semua bahwa wewangian termasuk hal yang paling dicintai Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Wewangian memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam menjaga kesehatan, menolak penyakit dan menolak sebab-sebab penyakit dengan kekuatan tabiatnya.


و الله اعلم بالصواب
 
Thibbun nabawi halaman 484-485.
  ----------
Telah dimurojaah oleh: Al Ustadz Adnan

[Tim Grup BIKUM ]

0 komentar :

Posting Komentar