Selasa, 10 Februari 2015

Tagged under: ,

INFEKSI SALURAN KENCING





بسم الله الرحمن الرحيم 

Rabu,21 Rabi'ul Tsani 1436H/11 februari 2015M


Oleh: dr.Dianika Ummu Raihana
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


        Infeksi saluran kencing (ISK) adalah terdapatnya kuman/bakteri dalam jumlah yang cukup banyak di saluran kencing sehingga menimbulkan penyakit. ISK lebih banyak menyerang wanita daripada laki-laki karena saluran kencing pada wanita lebih pendek & lubang keluarnya lebih dekat dengan anus, sehingga mudah terkontaminasi kuman. Sebelumnya perlu diketahui, saluran kencing terdiri dari ginjal, saluran penghubung ginjal dan kandung kemih (ureter), kandung kemih, dan saluran penghubung kandung kemih dgn lubang keluar (uretra).
 
       Kuman/bakteri dapat berasal dari air yg tidak bersih, kuman dari dubur, pakaian dalam & tangan yg tidak bersih. Dapat juga terinfeksi saat jima' dengan pasangan yang menderita ISK. Kuman ini masuk kemudian berkembang biak di saluran kencing, dan pada keadaan yg parah dapat terus naik sampai ke ginjal. ISK yang menahun juga dapat berkembang menjadi batu saluran kemih.

🔎Gejala-gejala ISK:
🌼sering merasa ingin buang air kecil walaupun yang keluar hanya sedikit (anyang-anyangen)
🌼terasa panas saat BAK
🌼terasa nyeri saat BAK
🌼air seni keruh, kadang disertai cairan putih seperti nanah, dapat berwarna kemerahan (berdarah)
🌼kadang disertai demam
🌼jika infeksi sudah sampai ke ginjal, penderita akan merasakan demam, mual, & nyeri di pinggang terutama di bagian belakang.

       Ada/tidaknya kuman diketahui dari pemeriksaan air seni dgn mikroskop. Jika ISK terjadi berulang-ulang & sudah diobati tetapi tidak sembuh-sembuh, diperlukan juga pemeriksaan rontgen/usg untuk melihat adanya kelainan di saluran kemih (misalnya batu yg menyumbat saluran kemih sehingga air seni tertahan & kuman lebih mudah berkembang biak). ISK diobati dengan antibiotik. Anti nyeri & anti demam diberikan jika terdapat nyeri/demam.

✔Pencegahan ISK:
-banyak minum air putih
-jangan sering menahan BAK
-ganti celana dalam minimal dua kali sehari
-gunakan air yg bersih setelah BAK
-saat istinja', bersihkan & siramkan air dari arah depan ke belakang, jangan dari belakang ke depan agar kuman dari dubur tidak masuk ke farji.
-setelah memegang dubur, cuci tangan dahulu sebelum menyentuh farji.

و الله أعلم بالصواب



🍯Tim Medis Group BIKUM🍯

0 komentar :

Posting Komentar