Selasa, 10 Februari 2015

Tagged under: ,

Varicella (Cacar Air)




Bismillaah

11 Robiul Awwal 1436 H/1 Januari 2015


Oleh: dr. Emy Ummu Khonsa
➖➖➖➖➖➖➖

Apa itu Varicella?
     Varicella adalah infeksi yang disebabkan virus varicella zoster. Infeksi ini menyerang kulit & mukosa (contoh mukosa bagian dalam mulut , tenggorokan). Dan biasa menyerang anak-anak.

Gejalanya apa ya?
    Biasanya diawali demam tinggi, pusing kemudian timbul bintik berair khasnya seperti tetesan embun (tear drop) di daerah badan. Bisa menyebar cepat ke bagian tubuh lainnya.

Apakah menular ?
     Iya. Penularan melalui udara atau kontak dengan kulit, biidznillaah, masa penularan saat mulai muncul bintik sampai sekitar 7 hari setelahnya.Jadi sebaiknya hindari kontak dengan penderita pada masa-masa ini. Keparahan dan lama penyakit tergantung dari daya tahan tubuh penderita.  Penyakit ini tergolong kelompok model penyakit SIR (susceptible-infected-recovered/immune). Artinya setelah 1 kali terkena tidak akan berulang lagi terjadi cacar, karena sudah punya kekebalan terhadap penyakit itu.

Penanganannya bagaimana ?
     Yaitu dengan antivirus, baik obat minum dan salep. Bila demam atau sakit kepala boleh diberikan obat nyeri atau penurun panas. Bila gatal boleh ditambahkan dengan minum obat pengurang gatal. Upayakan hal-hal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan istrahat dan konsumsi makanan yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Boleh mandi , tapi jangan digosok kuat, supaya tidak pecah, termasuk usahakan jangan digaruk sampai pecah, karena kalau pecah bisa terjadi infeksi bakteri, akhirnya bernanah bahkan jadi koreng bekasnya bisa lama pulihnya. Sementara bila bintik berair tadi utuh dalam 1minggu akan mengempis, agak menghitam. Dalam 1 bulan bekasnya hilang dengan sendirinya. Tidak perlu memakai olesan parutan jagung, karena ada masyarakat yang melakukannya. Pencegahan bisa dengan imunisasi, sedini mungkin.
والله اعلم بالصواب

[tim medis grup BIKUM]

0 komentar :

Posting Komentar