Senin, 16 Februari 2015

Tagged under:

Kumpulan Tanya Jawab Grup BIKUM (Bagian 11)





Bismillaah
Ahad,25 Rabi'ul Tsani 1436H/ 15 Februari 2015M


No. 1-8 di jawab oleh:  dr.Lina Ummu Abdillah
=======================

PERTANYAAN 1
Ana sudah telat haid hampir 3 minggu tapi knp pas ana test pack sampai 5x selalu negatif? Kalau memang ana tidak hamil knp haid ana smp telat begitu lama pdhl sblmnya ana tdk spt ini.
JAWABAN
Telat 3 minggu dengan test pack negatif bisa disebabkan beberapa kemungkinan :
a. Bisa saja hamil dengan kadar HcG rendah sehingga hasil test pack masih negatif coba diulangi test pack 2 minggu lagi. Lebih baik dilakukan pemeriksaan USG insya Allah akan terlihat apakah sudah hamil atau tidak karena janin umumnya sudah terlihat setelah minggu ke4 atau ke5 kehamilan. Atau bisa saja karena faktor alat test pack : alat rusak karena penyimpanan yang kurang tepat, kualitas kurang baik sehingga akurasi tidak tepat, hal lain mungkin karena faktor pemakaian : test urin tidak dilakukan pagi hari pada urin pertama setelah tidur dimana kandungan HcGnya tinggi.
b. Bisa juga tidak hamil, karena siklus haid dipengaruhi gangguan keseimbangan hormon karena faktor kelelahan, sakit, pengaruh obat, stress, dll. Hal ini juga bisa dipastikan dengan pemeriksaan USG.

PERTANYAAN 2
Bagaimana cara meredakan nyeri ktika maag kambuh? Krna kalau maag ana kambuh nyerinya hilang timbul sperti kontraksi akan melahirkan.
JAWABAN
Cara mengatasi nyeri saat maag kambuh bisa dengan obat alami atau dengan obat yang diresepkan dokter.
   > Obat maag alami dapat berupa :
- Perasan air kunyit yang diminum tiap pagi dan sore,
-Bisa juga dengan minum rebusan daun jambu biji 3 x sehari.
    Obat yang diresepkan bervariasi tergantung dari cara kerjanya : menekan produksi asam lambung, menetralkan asam lambung, pelindung saluran cerna, dll.
Oleh karena itu periksakan ke dokter jika keluhan2 belum berkurang atau makin berat.

PERTANYAAN 3
Bagaimana caranya agar bayi dapat tidur pulas pada malam hari? (bayi ana usia 9 bulan)
JAWABAN
Agar bayi tidur pulas berikut ada beberapa tips :
a. Berikan makan yang cukup & menyusuinya sebelum tidur agar tidurnya nyaman.
b. Jaga kebersihan badan bayi dengan memandikannya sore hari dengan air hangat.
c. Berikan pakaian yang bersih dan nyaman dipakai bayi.
d. Tidur bersama bayi untuk mengurangi kecemasannya.
e. Memberikan posisi nyaman pada bayi :
Merapikan suasana kamar, jauhkan sumber suara berlebihan/ gaduh, ventilasi yang baik, cahaya tidak terlalu terang/gelap, suhu tidak terlalu panas/dingin.

PERTANYAAN 4
Bila dingin atau kecapaian, ana sering merasa kaki ngilu seperti tulang2nya ditarik..Ana merasakan ini sudah lebih 10 tahun (skrng ana 18 tahun), namun wktu kecil ana belum menyadari bahwa hal itu muncul saat dingin atau kelelahan, dan dokter bilang itu pertanda tulangnya bertambah panjang. Dulu hanya sering di kaki tpi skrg kadang2 tangan yg ngilu.. Apa itu bermakna sesuatu?
JAWABAN
Pada cuaca dingin terjadi perubahan tekanan udara sehingga jaringan tubuh mengembang yang menyebabkan tulang ngilu dan nyeri sendi. Di samping itu suhu udara dingin menyebabkan perubahan pada ketebalan cairan sendi di dalam tubuh yang memicu ngilu pada tulang. Jika ada keluhan seperti ini masuk ke dalam rumah, hangatkan tubuh, mandi dengan air hangat. Bisa juga ini merupakan gejala rematik (Rheumathoid Artritis), untuk memastikannya ahsan diperiksakan ke dokter agar mendapatkan therapy yang sesuai.

PERTANYAAN 5
Bismillah..
'afwan ana mau tanya dok, ana kalau makan dengan porsi sedikit langsung nek (kenyang), Kadang tercium bau apa langsung mual, Apakah itu terkena mag?
JAWABAN
Gejala penyakit maag :
perut kembung, mual, muntah, perut merasakan sering lapar, sering bersendawa, sakit pada perut  atau kadang sampai dada.
Gejala nek (mudah kenyang) ataupun mual yang dirasakan mungkin saja merupakan gejala penyakit maag, selama tidak ada penyebab lainnya.

PERTANYAAN 6
Di daerah miss V ada benjolan sbesar kelereng, sdh 11 th. Waktu itu sudah pernah ana tanyakan ke dokter katanya gpp. Tapi smp skrng benjolan itu masih ada. Itu benjolan apa ya?
JAWABAN
Benjolan disekitar vagina bisa disebabkan :
a. Kista, jika cukup besar dan membuat tidak nyaman dapat dilakukan incisi atau drainase oleh dokter.
Kista yang sering terjadi : kista duktus skene, kista bartholini
b. Folikel rambut yang tersumbat, jika perih dan gatal berarti terinfeksi & memerlukan antibiotik serta incisi dan drainse untuk penanganannya.
c. Kelenjar keringat yang tersumbat, bila nyeri segera diperiksakan ke dokter.
d. Kutil kelamin karena infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus) bentuk spt kembang kol, permukaan kasar & menyebar. Pengobatan dengan pembekuan lesi/luka dan peningkatan imun/kekebalan tubuh.

PERTANYAAN 7
Kehamilan keempat ini ana sering mengalami kesemutan di telapak tangan, sering migrain dan telinga berdengung peka terhadap suara...apa penyebab semua itu dok padahal kehamilan yang sebelumnya Alhamdulillah tdk ada keluhan berarti ? Jazakillahu khoiron.
JAWABAN
Keluhan kesemutan pada ibu hamil sering dirasakan karena penekanan pada syaraf di daerah pergelangan tangan akibat penimbunan cairan yang terjadi dalam kehamilan.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan antara lain:
- Melakukan pemijatan  atau peregangan di daerah pergelangan atau telapak tangan saat bangun tidur.
- Posisi tidur yang menyebabkan penekanan kepala atau badan terhadap tangan atau pergelangan tangan sebaiknya dihindari.
- Selain itu konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium dan kalium tinggi, minum cukup, melakukan olahraga ringan dan istirahat yang cukup.
  Keluhan telingan berdenging terjadi karena pada saat hamil terjadi kondisi hiperdinamik dalam aliran darah, dimana telinga bagian dalam dikelilingi pembuluh darah utama yang menghubungkan saluran menuju dan dari otak, kondisi ini dapat menyebabkan telinga berdenging. Jika keluhan tidak membaik atau makin berat atau jika telinga tetap berdenging setelah melahirkan segera diperiksakan ke dokter.


Di jawab oleh: dr.Nurul Futuchah
==================
PERTANYAAN 8
Ana sering sekali pusing baik migren atau keseluruhan, biasa minum paramex tapi lama2 muncul lagi. Jika ingin diperiksakan ahsannya ke dokter apa ya?
JAWABAN
Bisa ke dokter umum terlebih dahulu, jika tidak ada perbaikan, sebaiknya ke dokter saraf.

PERTANYAAN 9
Bagaimana cara menghilangkan karang gigi dg alami dan merawatnya setelah dibersihkan?
JAWABAN
Mengenai karang gigi sudah ditanyakan kemarin, mohon dibaca lagi agar tidak mengulang2. !
Karang gigi terbentuk dari sisa2 air liur dan makanan yang mengeras. Jika sdh terbentuk karang gigi, tdk bisa membersihkannya hanya dengan sikat gigi karena karang sangat keras, perlu ke dokter gigi untuk membersihkannya dengan alat untuk memecahnya. Untuk mencegah terbentuknya karang gigi, sikat gigi yang rajin dan cara menyikat gigi harus benar, hrs sampai ke sela2 gigi, minimal setelah sarapan dan sebelum tidur. Jika ada karang gigi sebaiknya dibersihkan tiap 6 bulan sekali untuk mencegah kerusakan gigi lebih lanjut.


Dijawab oleh: Bidan Faizah,akp
==================
PERTANYAAN 10
Seorang akhwat yg kebiasaan dia apabila datang bulan perutnya terasa mulas dan mual yg  tdk prnh smulas itu diluar haidh, trkadang smp muntah. diiringi pula kaki kiri yg bgt pegal yg tdk prnh sepegal itu diluar haidh, biasanya brlangsung slm tiga hri atau kurang.  adkh pengobatan secara alami untk mengurangi  sakit tsb?
JAWABAN
banyak macam penyebabnya secara medis,bs diketahui dg periksa ke dokter kandungan.
Secara TCM krn stagnasi/hambatan pd darah ataupun kelemahan fungsi salah satu organ.
bisa di therapy bekam/akupuntur/lintah sesuai pada pemeriksaan nantinya.
Nb:
☝Kami himbau kembali bagi member untuk tidak menanyakn hal yang sama yang telah ditanyakan pda sesi tanya jawab sebelumnya, agar tidak mengulang2.⚠⚠⚠


No.11-17 Di jawab oleh: dr.Agustin Aisyah
====================
PERTANYAAN 11
Saya sdh menikah 5thn, qodarulloh blm dikaruniai momongan. Keluhannya kualitas dn kuantitas sperma suami kurang. Sedang ana pernah di Usg hsilnya rahim cekung, Waktu itu ana blm paham dgn rahim cekung itu seperti apa?
JAWABAN
Afwan hasil pemeriksaan analisa spermanya mhn lebih lengkap.
Rahim cekung?dalam istilah medis ana juga blm tahu apa itu rahim cekung,mgkn bs disebutkan hasil USG yg lengkap.

PERTANYAAN 12
Apakah temper tantrum itu sama dengan autis?
JAWABAN
Pengertian temper tantrum adalah perilaku marah pada anak-anak prasekolah. Mereka mengekspresikan kemarahan mereka dengan berbaring di lantai, menendang, berteriak, dan kadang-kadang menahan napas mereka. Tantrum yang alami, terjadi pada anak-anak yang belum mampu menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan rasa frustrasi mereka, karena tidak terpenuhinya keinginan mereka.
Autis berbeda dgn tempertantrum! Seseorang dikatakan menderita autisme apabila mengalami satu atau lebih dari karakteristik berikut: kesulitan dalam berinteraksi sosial secara kualitatif, kesulitan dalam berkomunikasi secara kualitatif, menunjukkan perilaku yang repetitif, dan mengalami perkembangan yang terlambat .
PERTANYAAN 13
Ank ana umur 8th,sering mengeluh waktu BAB berdarah,sakit dan ada lendir kental nya, apa obatnya yg aman buat anak-anak?
JAWABAN
Harus dibawa ke dokter spesialis anak,jangan pernah mendiagnosis dan mengobati sendiri penyakit pada anak.

PERTANYAAN 14
Ana hamil 6 bln, anak ke empat in syaa Allah, Knpa ya bnyk varises timbul di kaki?
Kaki jd gmpang capea &tidak kuat jongkok lama.
JAWABAN
Varises di sebabkan ketidak lancaran aliran pembuluh balik(vena).Pada ibu yg hamil,biasanya memang terjadi varises krn membesarnya rahim akan menekan pembuluh balik,semakin besar kehamilan,semakin sering ibu tsb hamil,varises semakin cepat muncul.

PERTANYAAN 15
Apakah payudara dengan gangguan kista payudara tetap bisa memproduksi ASI dg kualitas baik sehingga tetap bisa menyusui secara normal?
JAWABAN
Ganggusn kista seperti apa ya?Kalau kista nya kecil tentunya tetap dpt menyusui secr normal,tergantung besar dan jenis kista tsb.

PERTANYAAN 16
Cucu ana usia12 bulan, batuk hampir 1 bulan, awalnya sudah di bwa ke beberapa dokter anak, tpi batuknya gak reda, di cek darah, ternyata kelebihan sel darah putih seharusnya 10,000 ini ada 45,0000.
yg mau ditanyakan, kelebihan sel darah putih itu apa, bisa di sembuhkan?
JAWABAN
Kalau melihat gejalanya,sel darah putih lbh dari 45.000 kemungkinan disebabkan keganasan pada sel darah putih/leukemia.
Segera lakukan pemeriksaan darah lebih lanjut utk mengetahui penyebab dan therapy yang benar.

PERTANYAAN 17Alhamdulillaah ana sdh haidh lagi stelah melahirkan.., ana mau tanya ttg KB apa yg terbaik ya um? Karena ana pernah coba KB dengan pil, tp Miss V ana jadi kering..
JAWABAN
Setiap obat KB mempunyai kekurangan dan kelebihan sendiri2. Untuk menentukan pemakaian KB yg cocok sangat tergantung pd hasil pemeriksaan individu yg bisa.
Ahsan anti mendatangi dokter kandungan spy dapat konsultasi dan diskusi KB yg paling cocok utk anti.


No 18-19 Di jawab oleh : dr.Emi Umm khonsa
======================
PERTANYAAN 18
Kenapa mata saya kalau membaca artikel di hp kepala saya terus pusing dan pandangan saya terus agak kabur?Itu kenapa ya,bisa di jelaskan um?
JAWABAN
Bisa, ada kemungkinan gangguan refraksi, sebaiknya periksa ke dokter spesialis mata, untuk memastikan , jika benar ada gangguan refraksi (conth rabun jauh, dekat, astigmatisme) nanti bisa dibantu koreksi dgan kacamata.

PERTANYAAN 19
Anak ana laki2 umur 8 th sering takut ma jijik ma beberapa serangga ma hewan berlendir sprt siput dan sejenis nya,Padahal waktu kecil tidak.Bagaimana cara mengatasi rasa takut anak ana supaya tidak menggangu sosialisasi terhadap lingkungan, Terutama lingkungan di sekolah nya yg berada di lingkup persawahan.
JAWABAN
Kemungkinan pernah terjadi trauma, atau ditakut2takuti, bisa dibantu dengan hipnoterapi.


PERTANYAAN 20
Kenapa bayi yg baru lahir kulit sekujur tubuh dan wajahnya merah2 semua?
JAWABAN oleh dr.Nurul futuchah
Bayi baru lahir memiliki kadar hemoglobin (sel darah merah) yg lebih tinggi. Selain itu kulitnya lebih tipis sehingga bayi terlihat sangat merah. Semakin muda usia kelahirannya (prematur), maka kulit semakin tipis sehingga bayi akan terlihat lebih merah dibanding bayi yang tidak prematur.


No 21-26 dijawab oleh : Tim Gizi Bikum
====================
PERTANYAAN 21 & 22
Apa susu kedelai aman untk anak 1 thn ke atas um?
Sebaiknya susu kdelai untk ank 1.5 th brapa gelas sehari?
JAWABAN
Lebih tepatnya sari kedelai ya, karena kedelai itu tumbuhan, bukan mamalia yg bisa menghasilkan susu.
tidak mengapa anak diatas 1 tahun minum sari kedelai dan juga memang lebih baik anak diatas 1 tahun baru diberikan sari kedelai tp perlu diingat batasi juga pemberian sari kedelai pada anak , yaitu cukup berikan 250-500 ml per hari atau 1-2 gelas perhari.

PERTANYAAN 23
Apa efek dari kbnyakan minum susu kedele?
JAWABAN
bahaya terlalu berlebihan mengkonsumsi kedelai dapat mengganggu fungsi tiroid,mengganggu penyerapan mineral lainnya seperti zat besi, kalisium, sengz serta mengganggu pebcernaan protein. sebaiknya konsumsilah kedelai yang sudah mengalami proses fermentasi seperti tempe.

PERTANYAAN 24
Anak ana lahir 3,7kg. skrg baru 2bulan sudah 5kilo lebih hampir 6 kg. Apakah anak ana obesitas?
Ketika awal bulan sempet pakai formula dan asi. Tp masuk 2bulan krn ASI sudah banyak jd ASI saja.
JAWABAN
untuk mengetahui berat badan normal anak dapat dilihat tabel berat badan anak yang sdh kami cantumkan di artikel gizi

PERTANYAAN 25
Kalau bumil sering minum air tajin, bahayakah?
JAWABAN
Air tajin lebih banyak mengandung karbohidrat, tapi rendah protein dan kalsium, sehingga untuk ibu hamil disarankan tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi agar terpenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan

PERTANYAAN 26
Tolong jelaskan bagaimana menu diet untuk penderita jantung.
JAWABAN
Diet jantung ada 4 jenis, tergantung dari berat ringannya penyakit jantung yang diderita pasien.
Diet jantung I
Untuk pasien dengan penyakit jantung akut serti miocard infarct. Diet diberikan berupa 1-1,5 liter cairan/hari selama 1-2 hari pertama. Diet ini sangat rendah energi dan semua zat gizi, sehingga hanya dberikan selama 1-3 hari.
Buah                        : 400 gram = 2 gelas sari buah
Margarin tawar        : 10 gram = 1 sdm
Gula pasir                 : 80 gram = 8sdm
Susu skim bubuk      : 100 gram = 20 sdm
Diet jantung II
Bentuk makanannya saring/lunak. Diberikan setelah fase akut dapat teratasi. Jika disertai hipertensi dan/ edema, diberikan diet jantung II rendah garam. Diet ini rendah energi, protein, kalsium, dan tiamin.
Beras                        : 100 gram = 3 gelas bubur
Daging                       : 100 gram = 2 potong sedang
Telur ayam                : 50 gr = 1 btr
Sayuran                     : 300 gram = 3 gelas
Buah                          : 400 gram = 4 ptg sdg pepaya
Minyak                       : 15 gram = 1,5 sdm
Gula pasir                   : 20 gram = 2 sdm
Susu skim bubuk        : 20 gram = 4 sdm
Diet jantung III
Bentuk makanannya lunak atau biasa. Diberikan kepada pasien jantung dengan kondisi yang tidak terlalu berat. Jika disertai hipertensi dan/ edema, diberikan diet jantung III rendah garam. Diet ini rendah energi dan kalsium, tetapi cukup zat gizi lain.
Beras                        : 200 gram = 4 gls tim
Daging                      : 100 gram = 2 potong sedang
Telur ayam               : 50 gr = 1 btr
Tempe                      : 75 gram = 3 ptg sdg
Sayuran                    : 300 gram = 3 gelas
Buah                         : 400 gram = 4 ptg sdg pepaya
Minyak                      : 15 gram = 1,5 sdm
Gula pasir                  : 30 gram = 3 sdm
Susu skim bubuk        : 20 gram = 4 sdm
Diet jantung IV
Bentuk makanan biasa. Diberikan kepada pasien jantung dengan keadaan ringan. Jika disertai hipertensi dan/ edema, diberikan diet jantung IV rendah garam. Diet ini cukup energi dan zat gizi lain, kecuali kalsium.
Beras                        : 250 gram = 3 1/4 gls nasi
Daging                       : 100 gram = 2 potong sedang
Telur ayam                : 50 gr = 1 btr
Tempe                       : 125 gram = 5 ptg sdg
Sayuran                     : 300 gram = 3 gelas
Buah                          : 400 gram = 4 ptg sdg pepaya
Minyak                       : 25 gram = 2,5 sdm
Gula pasir                   : 30 gram = 3 sdm
Susu skim bubuk       : 20 gram = 4 sdm


No 27-29 di jawab oleh : drg. Joko Wijanarko
(suami dr. Mujahidah Husna).
===========================
PERTANYAAN 27
Biasanya anak umur 7 thn giginya udah ada yang tanggal(ompong)tp kenapa ya dokter anak ana umur 7 tahun lebih giginya belum ada yang tanggal?
JAWABAN
Usia pergantian gigi susu menjadi gigi dewasa, umumnya mulai usia 6 th. Tetapi setiap anak akan berbeda2 untuk usia pergantian giginya. Beberapa faktor yang menyebab perbedaan tersebut, salah satunya faktor genetik, nutrisi dan daya kunyah si anak. Sperti kasus yang ditanyakan pada usia 7 th, gigi anak belum berganti dewasa. Hal tersebut masih dalam keadaan normal, ditunggu saja sampai usia anak 9 th. Jika sampai usia tsb, blm terjadi pergantian gigi dewasa, lakukan konsultasi ke dokter gigi terdekat untuk dilakukan rontgen gigi dalam rangka mengetahui benih gigi dewasa tumbuh normal ato tidak.

PERTANYAAN 28
Mainan plastik yg buat dikunyah2 bayi itu apakah aman?
JAWABAN
Tergantung jenis bahan yang digunakan, lihat label kemasan mainan, Tpi secara umum mainan bayi tsb sudah mendapat perijinan dari pihak kesehatan. Jadi insya Allaah Aman.

PERTANYAAN 29
Apakah anak yg baru tumbuh gigi 1/2 buah,apakah perlu langsung sikat gigi menggunakan pasta gigi?
JAWABAN
Jika baru tumbuh satu ato dua gigi, berarti usia anak berkisar 6-8bulan, cara pembersihan gigi, cukup di lap dengan kapas atau kain bersih dengan dibasahi air bersih pula. Dilakukan habis minum susu. Jika anak sudah menginjak usia sekitar 1,5 tahun, dapat diperkenalkan untuk menyikat gigi. Untuk belajar permulaan bisa cukup menyikat gigi saja tanpa pasta gigi. Jika anak masih belajar berkumur ato belum bisa berkumur, gunakan air minum matang. Jika sudah bisa berkumur dan meludah dapat mulai memakai pasta gigi. Untuk usia permulaan belajar sikat gigi dapat disesuaikan dengan kemampuan anak.
Minimal belajar sikat gigi saat mandi, setelah itu bisa diperkenalkan sikat gigi sehabis sarapan dan sebelum tidur.


No. 30 dijawab oleh:dr. Nurul Futuchah
=====================
PERTANYAAN 30
Berapa suhu ideal nya buat anak2 mengunakan AC
Karna kita (orang tua ) sudah merasa kedinginan  tapi anak masih saja keringatan?
JAWABAN
Suhu yang ideal untuk bayi dan anak2 adalah berkisar antara 24 - 26 derajat celcius. Jika menggunakan AC atau kipas angin di kamar tidur, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya AC atau kipas angin tidak mengarah langsung ke kulit. Filter sebaiknya dibersihkan tiap 2 - 3 bulan agar tidak menyebarkan bakteri yang terkumpul.

No.31 dijawab oleh: Ratna Um Yusya, S. Farm, apt
==================
PERTANYAAN 31
Ana mau menanyakan apa benar daun sirsak itu bs sbg terapi kanker?
JAWABAN
Kandungan kimia daun sirsak ada yang memiliki efek antioksidan, insyaaAlloh bisa membantu terapi kanker. Hanya butuh keyakinan dan kesabaran saja.
Di tambahkan oleh: Lathifah Um Fakhri, S. Si, Apt
Daun sirsak insyaa Allah bisa digunakan sebagai terapi kanker. Namun kesembuhan kanker sangat tergantung pada banyak faktor seperti jenis kanker, stadium, daya tahan penderita, dll.
Caranya :
# minum rebusan daun sirsak >> 10 helai daun sirsak yang telah hijau tua direbus dengan 3 gelas air (600 cc) sampai tersisa 1 gelas air (200 cc). Setelah dingin lalu disaring.
Diminum 2x sehari tiap pagi dan sore
# minum kapsul daun sirsak yang ada di pasaran.


No.32-35 di jawab oleh: Lathifah Um Fakhri, S.Si,Apt
================
PERTANYAAN 32
Apakah ada herbal yang dapat diminum sebagai pencegah kehamilan?
JAWABAN
Ada beberapa alternatif :
1. Pare
Kandungan yang ada di dalam pare yakni senyawa flavonoid dipercaya mampu mencegah terjadinya proses spermatogenesis dan ovulasi.
Dengan demikian akan mencegah terjadinya kehamilan pada diri seseorang. Pare sudah dikenal sebagai tanaman obat untuk kontrasepsi tradisional.
2. Kunyit
memiliki kandungan atsiri yang mampu menurunkan pergerakan dan daya hidup sperma. Dengan demikian pembuahan tidak akan dapat terjadi karena sperma sulit bertemu sel telur
❗ Peringatan :
-Tidak ada obat/cara mencegah kehamilan baik obat kimia/kontrasepsi KB apalagi obat herbal yang benar-benar bisa diharapkan 100% dalam mencegah kehamilan.
- Hati-hati dengan terapi tradisional yang bisa menyebabkan rahim kering. Biasanya dikenal secara turun temurun oleh masyarakat seperti air kapur sirih.

PERTANYAAN 33
Apakah boleh program hamil dengan menggunakan rumput kebar papua dan folavit dalam jangka panjang?
JAWABAN
Insyaa Allah tidak mengapa mengkonsumsinya selama beberapa bulan. Rumput kebar papua dikenal secara empiris bisa menyuburkan kandungan atau memperbaiki sel telur. Akan tetapi setelah mengkonsumsi ini beberapa bulan tidak juga hamil perlu dievaluasi apakah kesulitan hamil karena faktor wanita/istri atau faktor suami? Apabila dr faktor suami mk terapi yang ditempuh lain lagi, Konsumsi rumput kebar dihentikan saja.
Folavit berisi asam folat.
Asam folat berfungsi sebagai penunjang terapi kesuburan. Fungsi utamanya untuk mencegah cacat tabung syaraf dan sumsum tulang belakang pada janin.
Perlu diingat bahwa kebutuhan asam folat tidak mutlak harus dengan
meminum tabletnya. Kandungan asam folat yang ada dalam makanan tertentu yang kaya asam folat dapat memenuhi kebutuhan sehari. Bahkan asam folat dari sumber alami ini diperkirakan lebih baik dari sintetis dalam bentuk sediaan tablet.
Sumber asam folat 
Beberapa bahan makanan yang sangat kaya dengan asam folat antara lain adalah sayur-sayuran seperti bayam, asparagus, kacang-kacangan; kuning telur, hati dan banyak lagi. Yang mengandung asam folat dalam jumlah sedang adalah buah-buahan tertentu seperti jeruk, nenas, semangka, melon, anggur; jagung, tomat, kubis dll.
❗Hindari kelebihan asam folat :
Kelebihan asupan asam folat dapat mengaburkan gejala kekurangan vitamin B12. Bila kadar asam folat tinggi dalam darah dan pasien mengalami defisiensi vitamin B12, maka dapat menyebabkan perubahan genetika pada waktu sebelum kelahiran hingga gejala metabolik, dan penyakit orang dewasa seperti diabetes tipe 2.
Namun asam folat (folavit) dengan dosis 400 mcg in syaa' Allah aman untuk jangka panjang. Paling banyak takaran yang dianjurkan
dalam sehari adalah 1 mg.

PERTANYAAN 34
Kalau minum pegagan rutin 2x2 sehari pg dan malam, amankah buat yg sedang program hamil?
JAWABAN'Afwan ana tidak bisa menjawab secara pasti karena kebanyakan belum ada uji kemanan yg memadai terhadap tanaman herbal. Keamanan pegagan untuk kondisi promil maupun sedang hamil masih pro dan kontra.
Dari jurnal penelitian mahasiswa Ubaya bahwa terdapat efek teratogenik pada dosis 1500mg/kg bb pada hewan coba yaitu menyebabkan malformasi (cacat anggota tubuh) dan kekerdilan pada janin. Meskipun masih sebatas pada hewan coba akan tetapi kita harus waspada. Disarankan tidak digunakan dalam jangka panjang dan dosis besar atau dikurangi dosisnya. Atau lebih aman sebaiknya dihentikan.Bisa menggunakan selainnya yg aman seperti madu.

PERTANYAAN 35
Herbal apa yg bs dkonsumsi oleh orang yg di dalam empedunya ada batu  setelah diperiksa oleh dokter?
JAWABAN
Bisa menggunakan apel hijau.
Apel dipercaya bisa melunakkan batu empedu, Bisa jg minyak adas dan madu.
   

No.36-40 dijawab oleh: Bidan Ummu Rufaidah
=========
PERTANYAAN 36
Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat seorang calon ibu memutuskan untuk bersalin di rumah bukan di tempat pelayanan kesehatan agar ibu dan bayi selamat?
JAWABAN
jika seorang ibu hendak memilih rumah sbgai tmpt persalinan... tetap panggillah bidan anda, sediakan perlak besar utk alas ibu brsalin, ahsan punya pispot atau jk tdk sediakan baskom bsar srta sediakan baskom kecil utk wadah placenta atau ari2, Dan air mengalir, namun meskipun ibu ingin brsalin di rumah, tetap sediakan perlengkapan bayi dan ibu, serta mobil atau alat transportasi apabila terjadi kedaruratan. dan yg terpenting adalah jgn memaksakan utk bersalin di rumah jk saat hamil ataupun hendak bersalin mendapati penyulit/komplikasi.

PERTANYAAN 37
Ana umur 19 thn,haid dn siklusnya  tdk teratur, kadang2 bs smp 3 atw 4 bln ga haid,ana biasa keputihan tapi tdk mengganggu, trus dah 2 bln terakhir ini ada keluar sprti kputihan tpi warnanya agak coklat,anakira mau haid ternyata stlh 2hri hilang dn kptihn sprti biasa ,yang mau ana tanyakn yang wrnanya agak coklat itu apa ya haid/kputihan?
JAWABAN
utk data yg anti sebutkan perlu pemeriksaan lbh lanjut mngnai amenorhea/tdk dtgnya haid yg smpai 4bln srta bercak coklat tsb. biasanya akan dilakukan USG, apabila mmg tdk ditemukan penyakit di rahim, bsa jd hal tsb krna hormon yg tdk seimbang, stres, gaya hidup yg jelek dll.

PERTANYAAN 38
Apakah siklus haidh utk umur 13 smp 21 thun memang belum teratur?mksdx kadang tanggal awal haidh bulan ini tgl 10 n bulan depan  tgl 20,kadang jg tdk haidh lbh dr 2 bln.
JAWABAN
biasanya pd awal2 seorg wanita mndpt haid mk trkdg mmg tidak teratur pd 1-2thn pertama ،  akan ttpi utk usia 21th wallahu a'lam biasanya sdh normal. yg perlu digaris bawahi trkdg masih bsa dikatakan siklus normal apabila jaraknya 21-35hari adapula yg menyebutkn 25-32hari, dihitung dari hari pertama haid smpai hari haid bulan brktnya، trkdg psikologis sprt stres dan ketidak seimbangan hormon bs mmpngaruhi hal ini.

PERTANYAAN 39
Ketika hamil 4 bulan dokter mngatakan kandungan saya plasentanya dibawah. Sekarang saya sedang hamil 25 minggu. Apa ciri2 yg dirasakan bumil kalau plasentanya dibawah?
JAWABAN
plasenta di bawah atau letak rendah pd usia 4bulan tdk mnjd patokan bhwa selanjutnya placenta tsbt akan sll dibawah. utk mngtahui ahsan di usia 7bulan, ibu mlkkn USG utk mngthui letak placenta. sdgk letak placenta yg perlu diwaspadai adl apabila placenta previa baik parsial/sebagian maupun total, biasanya hal ini ditandai dg keluarnya darah segar mllui jalan lahir.

PERTANYAAN 40
Sekarang ana sedang hamil 9 bln anak pertama.
semakin dekatnya proses persalinan kok ana smakin kepikiran terus dan agak khawatir (takut) keumuman d tempat ana bidannya emang bs menangani kelahiran dg jalan normal tpi tetep d gunting/jahit jlan lahirnya dan tidak d bius /dikasih penghilang rasa sakit sama sekali ..
yg ana tanyakan knp seperti itu ya  stahu ana oprasi aja dibius,  apa tujuannya umm??
JAWABAN
dilakukan pngguntingan/laserasi pd jalan lahir bertujuan supaya melebarkan jalan lahir apabila dinilai sempit dan kaku tebal, serta apabila nantinya diheacting atau jahit hal itu lbh mudah krna robekannya teratur. tnpa adanya bius utk sebagian org mmg mrasa sakit tp akan dinilai resiko sakitnya lbh kecil dari yg mmkai bius, krna bius awal sj yg tdk sakit, dan nanti stlhny akn terasa sakit jg. hal ini berbeda dg pelaksanaan operasi tentunya ya.
Yg jelas rasa sakitnya tidaklah sesakit saat2 melalui proses lahirnya bayi, itu hanya sebentar saja jd ibu yg tenang yaa serahkan diri pd Allaah.


No.41-45 di jawab oleh: dr. Ika Ummu Azzam
========
PERTANYAAN 41
Jempol tangan kaku terutama ketika bangun tidur pagi. gak bengkak hanya kemeng/kaku.apa gejala asam urat?
JAWABAN
Gejala asam urat hampir mirip dg gejala gangguan sendi lainnya. Ahsan periksa ke lab utk mengetahui apakah kadar asam urat dalam darah meningkat. Jika normal kemungkinan karena terjadi peradangan pada sendi seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis dll. Untuk membedakannya dapat dikonsulkan ke dokter terdekat dan dapat diterapi sesuai indikasi.

PERTANYAAN 42
Bibi ana umur 40 thn, bliau mimisan tapi tidak seperti biasa krna darahnya bisa keluar dari setengah cangkir sampai hampir 1 liter dari hidung. tidak ada rasa sakit yang parah, hanya sekedar pusing. ketika darah keluar di cek tekanan darah nya tinggi (160). belum ada pemeriksaan lebih lanjut, hanya sekedar berobat ke klinik untuk menghentikan darah yg keluar.
itu gejala penyakit apa?
JAWABAN
๐Ÿ‘‰Mimisan atau epistaksis dapt menjadi indikasi gejala timbulnya suatu penyakit. Diakibatkan oleh faktor lokal dan sitemik. Kelainan lokal misal trauma, kelainan anatomi hidung, kelainan pembuluh darah, infeksi lokal, benda asing, tumor pd hidung, pengaruh udara linkungan. Kelainan sistemik spt pnyakit kardiovaskuler kelainan darah, infekai sitemik, kelainan hormonal, kelainan kongenital. Kemungkinan pada bibi anti disebabkan karena adanya tekanan darah yang meninkat,ahsan periksa kembali ke dokter untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.


PERTANYAAN 43
Ana umur 37 thn.  tensi ana sebelum melahirkan 120/80. Setelah melahirkan tensi 160/100. apakah ada pengaruh tensi tinggi terhadap produksi ASI yg sedikit?
JAWABAN
 Produksi ASI tidak dipengaruhi tekanan darah tinggi justru sebaliknya, pada literatur disebutkan pada pemberian ASI eksklusif dapat menurunkan resiko terjadinya obesitas dan tekanan darah tinggi. Saat kehamilan tekanan darah meningkat? Atau meningkat saat trimester akhir kehamilan? Jika benar, terjadi hipertensi gestasional yaitu meningkatnya tekanan darah pada trimester akhir kehamilan tanpa disertai gejala dan tanda preeklamsi, kembali normal stlh melahirkan. Biasanya berkaitan dg timbulnya HT kronik suatu saat dimasa yang akan dtg. Produksi ASI dipengaruhi frekuensi menyusui, berat lahir bayi berhubungan dg kemampuan bayi mengisap, stres, pnyakit akut dan pil kontrasepsi.

PERTANYAAN 44
Gigi seri anak saya yg bawah hanya 3.Apakah nanti ketika ganti gigi, bisa normal apa tetep tiga?
Anak saya beusia 5th.
JAWABAN
Pada usia 2.5-3 tahun gigi susu biasanya sudah tumbuh lengkap jumlahnya 20 buah, saat usia 6-7 th gigi susu mulai tanggal dan gigi permanen pertama muncul adalah geraham pertama.
Ahsan dikonsultasikan ke dokter gigi terdekat utk lebih jelasnya, supaya anak di periksa keadaan giginya atau mgkn jika perlu di lakukan foto rontgen untuk mengetahui apakah ada benih gigi yg msh blm tumbuh.

PERTANYAAN 45
Apakah vitamin E ( ever E) dan asam folat ( Folavit) bisa digunakan untuk promil ?
JAWABAN
Vit e dan Asam Folat dapat digunakan untuk merencanakan kehamilan. Vit e merupakan antioksidan bagi kesehatan reproduksi wanita, memperbaiki kerusakan sel akibat lingkungan, penuaan, radikal bebas dan dapat meningkatkan kesuburan. Asam folat penting untuk wanita yg mempersiapkan kehamilan. Terkadang tidak menyadari bahwa dirinya tengah hamil, asam folat dibutuhkan untuk perkembangan janin, jk kekurangan asam folat resiko bayi cacat tulang belakang.


Catatan:
Afwan kalau jawaban dari pertanyaan2 tersebut mungkin masih banyak kekurangan, disarankan agar juga mengambil jawaban dari sumber lain karena banyaknya keterbatasan kami.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู… ุจุงู„ุตูˆุงุจ
๐ŸฏGrup Wa BIKUM๐Ÿฏ



0 komentar :

Posting Komentar