Selasa, 10 Februari 2015

Tagged under: ,

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak





بسم الله الرحمن الرحيم

8Robiul Awwal 1436H/29 Desember 2015


Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

      Pembusukan gigi sering kita temui pada anak-anak usia 6-11 tahun, dan remaja usia 12-19 tahun. Maka dari itu merawat gigi menjadi faktor yang sangat penting untuk di lakukan setiap hari. Berikut ini tips menjaga kesehatan gigi anak :
Mulai merawat gigi anak sedini mungkin
Untuk menjaga kesehatan gigi anak, sebaiknya memulai memeriksakan kesehatan gigi anak sejak usia 1 tahun.
Mengajari kebiasaan menyikat gigi
Memulai menyikat gigi anak bahkan sejak pertama gigi nya mulai tumbuh, sikatlah gigi anak  dengan sikat gigi bayi yang lembut dan gunakanlah pasta gigi yang mengandung flouride. Lakukan hal tersebut 2 kali sehari. Waktu menyikat gigi yang paling penting adalah ketika malam hari sebelum tidur. Kemudian jangan berikan makanan atau minuman apapun pada anak selain air putih setelah menyikat gigi. Hal ini dapat membantu tetap bersih dan memulai proses mineralisasi selama tidur melalui berbagai mineral di air liur.
-Menghindari makanan atau minuman manis sebelum tidur
Jangan berikan anak minuman susu atau jus buah sebelum tidur karena hal ini dapat menempel pada gigi anak, yang merupakan sumber makanan bagi bakteri yang hidup dalam mulut. Ini yang dapat membahayakan dan memicu terjadinya pembusukan pada gigi anak.
Pembusukan gigi atau gangguan kesehatan gigi pada anak jika tidak segera di tangani maka akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Jika anak tidak dapat tidur tanpa meminum sesuatu maka cobalah berikan air putih
Jangan menggunakan “dot” terlalu lama
Penggunaan dot yang terlalu lama akan membahayakan kesehatan gigi anak, menyedotnya terlalu kuat juga dapat mempengaruhi susunan gigi atas dan bawah anak. Bahkan dapat mempengaruhi bentuk mulut anak.
Gunakanlah dot pada masa bayi dan hentikan penggunaannya ketika anak sudah berusia 2 tahun. Jika anak  masih mempunyai kebiasaan mengedot ketika sudah berusia 3 tahun maka segeralah hubungi dokter.
Bersikaplah Tegas
Walaupun mungkin banyak sekali tantangan yang harus di hadapi ketika mengajarkan anak untuk menyikat gigi, anak sering rewel dll,  harus tetap membiasakan kebiasaan menyikat gigi ini demi untuk menjaga kesehatan gigi anak.
والله اعلم بالصواب

[tim info KIA grup BIKUM]

0 komentar :

Posting Komentar