Kamis, 05 Februari 2015

Tagged under:

Kumpulan Tanya Jawab Grup BIKUM (Bagian 2)





Ahad, 21 Shafar 1436 H/14 Desember 2014

PERTANYAAN 1
Bismillah,
Ummu Muhammad di Bone
'afwan mau konsultasi masalah seputar kehamilan... afwan ada seorang ummahat yang melahirkan akhir bulan januari 2014 kemaren kemudian nifas lebih 40 hari lebih (sekitar 47 hari)setelahx itu tdk mendapatkan kebiasaan bulananx, hingga merasakan gejala kehamilan. Beliau periksa kebidan skitar bln 9 lalu, setelah diperiksa dgn diraba perutx, menurut perkiraan bidan wktu itu janinx sdg berusia 3 bulan jadi skrg sktr 7 bln... pertanyaanx bagaimana menghitung perkiraan tanggal persalinan yang akurat jika kondisix sprti ini? Bgmn wanita dlm kondisi sprti ini yg tdk mendapatkan kebiasaan bulananx setelah nifas kemudian hamil lagi? Jazaakunnalaha khoiran wabarokallahu fiikunna atas jawabanx...
✔JAWABAN
Oleh bidan Ummu Abdurrohman Faizah & bidan Ummu Rufaidah
✒Bagi mereka yg tdk mendapatkan haid bisa mengetahui perkiraan lahir dg periksa usg. usg diawal kehamilan biasanya akurat. tetapi bila usg d akhir kehamilan. karena kepala sudah masuk rongga panggul mk menjadi tdk akurat lagi.utk usia 7 bln insyaAlloh masih akurat.
Cara 2 adalah dg mengukur tinggi fundus uteri/rahim.ini bisa dilakukan oleh bidan.
Keadaan ibu ini sebenarnya masih dianggap normal, karena seorang ibu nifas yang menyusui terkadang tidak mengalami haid, karena menyusui ini sendiri adalah salah satu cara KB alami. Tapi hendaknya bagi ibu untuk tetap berhati2, krna ada beberapa ibu menyusui yang tetap mendapatkan haid selepas nifas langsung, hal ini dikarenakan beberapa sebab.
wallohualam


PERTANYAAN 2
'Afwaan Umm, ada titipan pertanyaan dari teman.. Annisa (23th), cikarang. Ana tdk punya riwayat penyakit. Usia kehamilan baru 9 pekan.
Apakah wajar jika ibu hamil urinenya agak bau seperti darah haidh?

✔JAWABAN
Oleh dr. Lina & bidan Ummu Rufaidah
✒  apabila urin hanya berbau darah atau mungkin menyengat maka insya Allah tidak mengapa, hal ini dipengaruhi tingginya hormon HCG. asalkan memang tidak ada darah keluar.
Karena urin berbau darah, bisa jadi normal,tp bisa juga ada masalah. Yg dikhawatirkan jika memang secara mikroskopis ada darahnya, ahsan untuk amannya dicek urin saja utk memastikan ada infeksi atau masalah lain tidak.


PERTANYAAN 3
Bismillah.... ana Ummu Ibrohim Cileungsi, mau tny jk bumil tdk bs mngkonsumsi obat vitamin maupn kalsium yg dbrikan bidan(mual),ap bs trgantikan dg mkanan atw minuman ygmngandung vitm atw kalsium tsb?

✔JAWABAN
Oleh dr.Lina & bidan Ummu Abdirrohman Faizah
✒ ibu hamil perlu masukan zat besi yang cukup untuk kebutuhan dirinya & perkembangan janin, jika mual maka dapat diatasi dengan cukup makan yang mengandung zat besi spt susu, daging & sayuran hijau. Utk kalsium juga perlu dikonsumsi ibu dalam jumlah cukup krn jika kebutuhan janin kurang dari diet ibu,maka akan diambil dari cadangan kalsium pada tulang ibu shg dikhawatirkan selanjutnya tulang ibu keropos/ osteoporosis, jika mual dpt diatasi dg diet yg mengandung banyak kalsium spt susu, telur, keju & kacang2an.
Vitamin spt kalsium dan tambahdarah belum perlu diberikan pd bumil yg masih mual. Karena kadar fe yg tinggi akan memicu rasa mual.
Kadar hb jg baru turun setelah trimester2.
Jd suplemen obat2 medis bisa digantikan buah dan sayur.
Wallohua'lam


PERTANYAAN 4
Bismillah.
Ummu Husna
Tangerang.
'Afwan Apakah seringnya rasa nyeri & sakit di pinggang bagian belakang efek sampingnya dari obat bius total pasca Curates? Karena keluhan itu sering terjadi pasca Curates itu
Afwan Utk kesempatan bertanya & jawabanya. Jazaakallohu khoiron wa baarokallohufiikum.

✔JAWABAN
Oleh dr. Ika Ummu Aisyah
✒afwan ummu untuk menjawab pertanyaan anti perlu data riwayat penyakit yang lalu dan riwayat kehamilan anti.
Untuk obat bius sendiri fungsinya menghilangkan nyeri. Jadi jika pasca kuret masih nyeri mungkin ada kelemahan fungsi organ/penyakit lain. Allaahu a'lam.


PERTANYAAN 5
Bismillah.
Ummu darda almalanjiyah
〰⭕Assalaamu' alaikum warohmatulloh wabarokaatuh...⭕〰
Semoga ummu admin dan keluarga sll dalam pnjagaan Alloh& diberi kshtn yg baarokah.aamiin
jazaakillahu khoiron atas ksmptn tny jwb:
apa saja yg menyebabkan seorang ibu sulit hamil? Pdhl sblmx sdh pernh mlhrkan 3 x?
adakah faktor2 pnyebabnya?
bgmn solusi jk ibu yg sdh usia matang( mnjlg 40 th) tp msh ingin hamil?berbahayakah?
jazaakumullohu khoiron atas jwbnx smg Alloh memberi pahala karenanya.aamiin
✔JAWABAN
Oleh bidan Ummu Rufaidah
✒ 1. untuk jawaban no 1 dan 2 saya ringkas dsni, bisa saja hal itu. hal demikian dinamakan infertil sekunder, yaitu tidak bisa hamil lagi setelah 1 tahun melahirkan meskipun telah berhubungan secara teratur. faktor yang bisa mempengaruhi adalah gaya hidup, pola makan yang kurang sehat seperti makan2an yang terlalu banyak mengandung bahan pengawet.
2. apabila seorang ibu usia 40tahun ingin hamil kembali, harap dipikirkan baik2, karena usia 40tahun apabila hamil maka bisa menjadi kategori kehamilan resiko tinggi. maka dari itu apabila mmg ingin hamil kembali hendaklah selalu konsultasi kepada dokter atau bidan anda untuk mengetahui bagaimana perkembangan janin serta kondisi ibu sendiri.


PERTANYAAN 6
بسم الله
ummu fathii
rushaifah,mekkah
adakah tips-tips supaya bisa hamil lg?
alhamdulillah sdh punya 2 anak tp jaraknya cukup jauh yaitu 5th.anak yg kedua skrng mau 3th. #maksudnya biar jaraknya ga terlalu jauh
جزاك الله خيرا و بارك الله فيك
✔JAWABAN
Oleh bidan Ummu Rufaidah & dr. Ika ummu aisyah
✒tips tips supaya hamil...
- jangan stres, perbanyak istighfar dan doa
- lakukan hubungan suami istri secara teratur 2/3 kali seminggu dan di hari-hari masa subur, supaya mendapatkn sperma yang berkualitas serta masih dalam ovulasi(yakni saat masa subur)
- rutin minum madu
- terapi akupuntur/totok dan bekam untuk membersihkan, menyeimbangkan dan menguatkan fungsi organ-organ tubuh.


PERTANYAAN 7
Bismillah
Nama : nyla
Umur : 24 thn
Domisili : parigi sulawesi tengah
Pertanyaanx:
Ana waktu hamil pertama bln maret 2013 waktu memasuki usia 3 bln janin tdk berkembang. Dlm bntuk daging. Dan akhirx keguguran. Lalu di kuret. Berlalux masa stelah di kuret haid tdk lancar dan juga tdk teratur.
Pertanyaanx
Apa penyebab janin tdk berkembang dan mengapa haid tdk teratur setelah di kuret sampai sekarang.
Jazaakilla khairan

✔JAWABAN
Oleh dr. Nurul Futuchah
✒ Kondisi dimana janin tidak berkembang disebut dengan Blighted Ovum, penyebabnya adalah karena kelainan kromosom (genetik).
Kelainan haid biasanya disebabkan karena gangguan hormonal, stres, atau gangguan pada organ kewanitaan, biasanya tdk terkait dengan kuretase. Sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikan penyebabnya.


PERTANYAAN 8
Bismillah
Nama : nyla
Umur : 24 thn
Domisili : parigi sulawesi tengah
Pertanyaanx:
Ana waktu hamil pertama bln maret 2013 waktu memasuki usia 3 bln janin tdk berkembang. Dlm bntuk daging. Dan akhirx keguguran. Lalu di kuret. Berlalux masa stelah di kuret haid tdk lancar dan juga tdk teratur.
Pertanyaanx
Apa penyebab janin tdk berkembang dan mengapa haid tdk teratur setelah di kuret sampai sekarang.
Jazaakilla khairan
Afwan hamil pertamax itu maret 2014.. Bukan 2013

✔JAWABAN
Oleh dr. Ika Ummu Aisyah
✒penyebab dari janin tidak berkembang ada banyak faktor diantaranya adalah:
- genetik
- infeksi TORCH
- ACA(anyicardiolipin) faktor pembekuan atau penyumbatan pembuluh darah yang akan menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terhenti.
Haid yang tidak teratur pasca kuret bisa disebabkan karena lemahnya fungsi beberapa organ yang disebabkan banyak faktor diantaranya karena adanya sumbatan dalam darah. Hal ini diperlukan data yang lebih rinci lagi.
Wallaahu a'lam bishshowab
catatan
Afwan kalau jawaban dari pertanyaan2 tersebut mungkin masih banyak kekurangan, disarankan agar juga mengambil jawaban dari sumber lain karena banyaknya keterbatasan kami.


PERTANYAAN 9
1.Umikalsum
2.34 thn
3Barru sulsel
4.vertigo& rhinitis
5.-
6.1.abortus(1.5bln) 2008
   2.abortus(2bln) 2008
   3.lhr normal 2009
   4.lhr normal 2011,kuret        7 hr psca mlhrkn
    5.lhr normal 2014.kuret      lagi
Dengn rwyt trsbut apkh benar jika mlhrkn brkutx akan di kuret kmbali? Ana skrng mngtur jrak khmln dlu krna trauma kuret 2x tsb

✔JAWABAN
Oleh dr. Lina & bidan Ummu Rufaidah
✒ Melihat riwayat obstetris dari umi kalsum, kami melihat ada beberapa permasalahan baik di kehamilan ke-1,2,4 ataupun ke-5. Maka, kami menyarankan akan pentingnya pemeriksaan rutin saat kehamilan untuk mendeteksi dini adanya faktor resiko yang kemungkinan timbul pada kehamilan berikutnya. Agar masalah yang ditemukan bisa ditangani lebih awal, diharapkan saat persalinan tidak ditemukan masalah yang berat. Karena menurut statistik, riwayat obstetrik yang kurang baik merupakan faktor resiko untuk kehamilan berikutnya. Allohu a'lam.
Kuretase pada ibu setelah melahirkan disebabkan beberapa sebab di antaranya adalah tertinggalnya bagian plasenta atau ari2 di dalam rahim sehingga perlu dikeluarkan
penyebab yang kedua adalah karena endometritis/infeksi pada dinding rahim, dan ini biasanya trjd sebelum hari ke 9 masa nifas.
untuk itu, kami tidak bisa memastikan apakah nanti jika anti melahirkan kembali pasti di kuret,,, krna hal tersebut butuh pemeriksaan lebih lanjut.
Wallaahu a'lam bishowab
Group Wa BIKUM


PERTANYAAN 10
Bismillaah
Nama : ummu lathifah
Umur : 32 th
Domisili : klaten
Riwayat penyakit dahulu : magh, bronkhitis
Riwayat penyakit keluarga : magh
Riwayat kehamilan dan persalinan : 2 kali persalinan cesar.
Pertanyaan:
Ana skr hamil 7 minggu, 1minggu terakhir ini mengalami flek2..biasanya keluarnya pas maghrib.
1.Apa bahayanya, dan apakah harus bedrest?
2. Setelah 2x persalinan cesar, apakah yg ke 3 ini bisa lahiran normal?
Mohon jawabannya.
Jazaakumullaahu khairan...
#tambahan informasi : *anak pertama usia 6 th, kedua usia 3th.
*Anak pertama sc krn tdk ada pembukaan stlh diinduksi 2x..kata dokter hrs segera dilahirkan.
*Anak kedua sc krn riwayat kelahiran ptama sc, kondisi bayi yg ke dua sungsang..

✔JAWABAN
Oleh bidan Ummu Abdirrohman Faizah & Ummu Muhammad, akp.
✒1.bila terjadi flek coklat atau bahkan merah sebaiknya bedrest.
Bila dengan bedrest masih belum sembuh bisa ditambah obat penguat rahim
2. 2× sc tidak mengindikasikn kehamilan yang ketiga harus sc.
Asal bayi normal dan panggul tidak sempit.
Dan diupayakan janin jangan besar2.
Jadi harus dipantau terus di akhir2 kehamilan.
Ibu harus mempunyai
kemauan kuat untuk melahirkn normal.
Karena berisiko yg ketiga ahsan melahirkan di RS.
Untuk melancarkan proses lahiran,  dalam kasus ummu yang telah mengalami flek2, bisa dengan terapi moxa utk menguatkan energi ginjal. Setelah 37mggu br boleh dilakukan hal2 yg merangsang kontraksi. Diantaranya dengan mengkonsumsi kurma, zaitun/vco dan minyak habbatussauda dalam jumlah banyak.
Dan untuk mempercepat pembukaan pada saat persalinan, terlebih setelah pembukaan, sebaiknya di akupresur di titik heku 4, sp 6 dan BL 67.
Wallohua'lam


PERTANYAAN 11
bismillah
nama:shafiyyah
umur:24 tahun
domisili:bontang
riwayat penyakit dahulu:maag,sakit kepala
riwayat penyakit keluarga: tidak ada
riwayat kehamilan &persalinan cesar
yang ana tanyakan pada ummu,
1.penyebab ketuban keruh saat usia kehamilan karena apa dok?
2.apakah ambeien dapat menghambat persalinan normal dok?
3.bagaimana cara seorang ibu yg ingin merasakan persalinan normal setelah sebelumnya cesar?
4.saat memasuki usia kehamilan trisemester ketiga ibu sering
tekanan darah tinggi saat ditensi,bahkan setelah operasi tensi 180/100 apakah penyebabnya dok,tensi tinggi dapat berpengaruh pada keracunan kehamilan dok?
5.mohon penjelasan tentang virus toxoplasma dan virus rubella pada saat kehamilan yang ana dengar dapat memakan janin..mohon penjelasan tentang virus2 ini dan faktor apa saja yg dapat mengantar virus ini pada rahim(janin)dok.
jazakillahu khairan dok
pertanyaan pertama ana usia kehamilan trisemester kedua ketuban keruh dok

✔JAWABAN
Oleh bidan Ummu Abdirrohman Faizah
1.penyebab ketuban keruh diantaranya karena konsumsi jamu yang tidak benar selama kehamilan.
2.ambein tidak mengganggu persalinan.
hanya saja ambien yg sudah parah dikhawatirkan pecah saat persalinan
(Pengalaman kami menolong pasien yang mengalami ambien,tidak jadi masalah saat persalinan.hanya  ambien yang keluar saja.penanganannya segera setelah melahirkan langsung dimasukan.kalo tidak maka pasien akan kesakitan bahkan tidak bisa duduk).
Jd mungkin bila bidan yg menolong belum pengalaman menolong pasien ambien, pasien bisa pesan agar nanti seletah lahir segera dmimasukkan.
Utk ambien luar saat mau bersalin sudah menyiapkan ultrapox salep.jadi segera setelah melahirkan langsung diolesi.sehingga tdk menimbulkn masalah makin parah.
3.setelah sc pasien bisa melahirkan normal.asal kondisi kehamilan normal dan bayi tidak besar.
4.tensi tinggi pd khmln bisa karena keracunan kehamilan.bs jg faktor lain
5.virus toxo dan rubella bisa menimbulkan cacat janin
Utk mghindari diantaranya dengan cara pada trimester 1 sebaiknya menghindari makan:
*sayur mentah
*daging yang tidak  sempurna dalam memasaknya, seperti sate bakar.
Wallohua'lam


PERTANYAAN 12
nma um'hariiz
jambonParakan.
pertanyaan:
bagaimn dgn baby blus?
apakh baby blus itu menyerang ibu2  setelah melahirkn,ato ibu2 hamil pun isa terserang baby blus?
ap penyebab baby blus?
& ap solusi bagi ibu2 yg terserang baby blus?

✔JAWABAN
Oleh bidan Ummu Rufaidah
✒ Baby blues syndrome adalah kondisi di mana terdapat perasaan sedih dan gundah yang dialami oleh 50-80% ibu nifas(setelah melahirkan-red). Baby blues ini beberapa sebab diantaranya faktor fisiologi yakni turunnya hormon estrogen secara drastis di mana saat ibu hamil hormon estrogen tinggi. Baby blues masih tergolong ringan, ini biasanya terjadi 2 minggu setelah melahirkan. Setelah itunibu akan berangsur pulih.
*tips meminimalkan babyblues :: berdoalah kepada Allah, jaga pikiran supaya tetap tenang, ajak suami dan keluarga untuk memberikan support pada anda, tidurlah jika si kecil tidur, komunikasikanrasa cemas yang dialami kepada suami,teman atau keluarga.


PERTANYAAN 13
bismillah.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Nama: ummu abdrhman.abdah
Umur: 22thn
Domisili: ambon
Riwayat penyakit dahulu: kputihan.migrain
Riwayat penyakit keluarga: gula
Riwayat kehamilan dan persalinan: -
pertanyaan ana:
1.afwn an sblum hmil priksa kndungan USG trnyta an mempunyai kista tp alhmdulillah msh kecil kta dkter kndungan...dan skg alhmdulillah ana hmil jalan 7blan..
p..apakah kista yg ana drita ini bsa mempengaruhi pda khmlan ana atau beresiko ?
dan apa betul kata" orang yg punya gjla kista pada saat mlhrkan kista it akan ikt kluar ?
skian pertanyaan ana..mhon jawaban.x jazaakumullah khrn wa barokallahu fiik 

✔JAWABAN
Oleh dr. Ika Ummu Aisyah &dr. Ika Ummu Azzam
✒Selama tidak mengganggu kehamilan, kista umumnya akan dibiarkan sambil dipantau apakah akan mengecil, menghilang, ukurannya tetap, atau malah membesar. Kista yang kecil dan tidak membesar umumnya tidak akan mengganggu kehamilan maupun pertumbuhan janin.  Hanya kista berukuran besarlah (di atas 7 cm) yang dikhawatirkan beresiko menimbulkan komplikasi dan kegawatan pada kehamilan seperti keguguran, bayi lahir prematur serta kematian bayi.
Kista dapat mengganggu perkembangan rahim jika keberadaannya sampai mendesak rongga perut. Pertumbuhan janin dapat terhambat karena pembuluh-pembuluh darah yang menyuplai oksigen maupun bahan-bahan makanan untuk bayi terhambat akibat terdesak oleh kista. Kista yang besar bisa menimbulkan kelainan letak janin dalam kandungan, atau menghalangi turunnya kepala di jalan lahir pada waktu persalinan. Oleh karena itu bila ditemukan kista permanen yang besar, maka perlu tindakan pembedahan pada kehamilan sekitar 18 minggu.
Pemantauan akan terus dilakukan dokter untuk mengetahui, apakah ada keganasan pada kista atau tidak. Pada kasus ini, jika kondisi ibu baik, dokter akan mempertahankan kehamilan dengan cara melakukan tindakan pemeriksaan dan perawatan secara intensif. Umumnya, proses persalinan dilakukan dengan tindakan operasi. Sebaliknya, jika kondisi ibu dan janin buruk, beberapa dokter tidak akan mempertahankan kehamilan untuk menyelamatkan kondisi sang ibu.
Pada kedudukan kista di pelvis minor, persalinan dapat terganggu dan memerlukan penyelesaian dengan jalan operasi seksio sesarea. Pada kedudukan kista ovarium di daerah fundus uteri, persalinan dapat berlangsung normal, tetapi bahaya postpartum mungkin terjadi torsi kista dan infeksi sampai abses. Oleh karena itu, segera setelah persalinan normal bila diketahui terdapat kista ovarium dilakukan laparotomi untuk mengangkat kista tersebut.
Sebagai tambahan jk diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan 'ca 125' untuk mengetahui adanya keganasan kista, jika tidak ada tindakan apa2 pd kista tsb saat kehamilan 18 minggu atau saat melahirkan (lahir spontan).
Maka setelah proses kelahiran selesai kista tetap dipantau apakah mengecil atau menetap besarnya.


PERTANYAAN 14
Nama:ummu 'Abdirrahman.
Umur:19
Domisli:bantul
Afwan um...mau tanya apakah berbahaya minum minuman yang mengandung soda bagi ibu hamil? Jazaakunnallahukhairanatas jawabannya.
Afwan apakah bagi ibu hamil tidak boleh minum teh? Barakallahu fiik

✔JAWABAN
Oleh bidan Ummu Rufaidah, Syifa, S.Farm,aptk & dr. Lina
✒ ibu hamil hendaknya tidak minum soda, dikarenakan mengandung banyak gula, asam fosfat, bahan pengawet dll. gula yg tinggi menyebabkan kelebihan berat badan baik ibu maupun janin, sedangkan asam fosfat menyebabkan peningkatan asupan fosfor di dlm tubuh sehingga meningkatkan  risiko terhambatnya penyerapan kalsium.
Sedangkan untuk minum teh, hendaknya tidak berlebihan. karena teh mngandung zat tanin yang menghambat penyerapan Fe, juga mengandung kafein. Kafein ini dapat 'menembus' plasenta, sehingga akan mempengaruhi detak jantung serta sistem pernafasan janin.
Dan oleh karena zat tanin dapat menghambat penyerapan Fe, maka disarankan makan tidak bersamaan dengan minum teh khawatir kandungan Fe pada makanan kita tidak bisa diserap dengan baik ke dalam tubuh kita.


PERTANYAAN 15
Assalamu'alaykum...
Bismillah...
     Nama : ummu zaid
           Domisili : Tanjung kalsel
Pertanyaan :  sekarang ini ana sdg hamil anak pertama insyaAlloh usia kndungan mmasuki 7bln,  ana sering mrasa nyeri perut d bgian bwah klo d bawa gerak dan aktifitas,  bbrpa hari kmaren kontraksi bayi'y smakin cepat dan sering d ikuti sakit perut. kata bidan ana d suruh bedrest dlu.. itu knp ya umm apa mrupakan tanda bahaya utk ibu hamil ?
  Jazakillahu khayran wa barakallahu fiik..

✔JAWABAN
Oleh dr. Dianika & bidan Ummu Abdirrohman Faizah
✒ Rasa nyeri di tulang kemaluan pada trimester 3 kehamilan atau tulang2 lain di sekitar panggul disebabkan krn bertambahnya beban di rahim yg mengubah pusat beban tubuh sehingga tekanan di daerah panggul menyebabkan nyeri. Selain itu, pada akhir kehamilan ada peningkatan hormon relaksin yg salah satu efeknya melonggarkan sendi sehingga persendian di tulang kemaluan lebih mudah nyeri terutama saat mendapat tekanan dari rahim.
Kontraksi yg terjadi pd kehamilan yang ummu alami kemungkinan secara medis karena kandungan ummu yg lemah.
Secara TCM karena energi ginjalnya lemah
Penanganan secara medis bisa diatasi dg obat penguat rahim yg bisa diperoleh dg periksa ke dokter obsgyn ato bidan.
Kalo mau diterapi bs diterapi moxa dititik akupuntur. Silahkan mengunjungi akupunturis terdekat.
Dan ditambah dengan konsumsi madu ibu hamil
(Sudah terbukti pd pasien kami)
Wallohua'lam
Oya kami tambahkan.memang harus bedrest untuk menghindari lahir prematur.

PERTANYAAN 16
Nama : umm Abdillah
Umur : 21thn
Domisili : kutoarjo
Riwayat penyakit dahulu : MPV
Riwayat penyakit keluarga : tidak ada
Riwayat kehamilan dan Persalinan : usia kehamilan 7W
1.ana mengidap MPV.saat janin usia 3W ana ke obsygn dan dokter meminta hasil echo ana.insyaaAllah kontrol 1 pekan lg.yg mau ana tanyakan apakah MPV berpengaruh dg tindakan persalinan kelak ?
2. Usia kehamilan ana 7W.sering mual,pusing dan lemas.dan sudah 3 hari ini muntah2 di malam hari.bgmn mengatasinya ?
3.semenjak hamil.ana kurang suka makan sayuran. makan pun pilih2. Apakah ini baik? bagaimana mengatasinya ?

✔JAWABAN
Oleh dr. Nurul Futuchah
✒ Pertanyaan tentang MPV, apakah yg dimaksud MVP (Mitral Valve Prolaps) ?


PERTANYAAN 17
bismillah...
nama ; ummu sakinah
umur ; 29 thn
domisili ; sulsel
riwayt pnyakit ; maag n migrain
rwyt pnyakit kluarga ; diabetes
rwyt persalinan : 2x kguguran, 2x lhiran normal n thun lalu hamil mola
pertanyaan ;
1. stlh hamil mola,  suplemen apa yg bs ana minum tuk mngembalikn kondisi rahim?
2. pasca kuret,  ana hnya haid 3 hr sj stiap bulan.. apakh ini msh normal n bpengaruh tdk pd tgkt ksuburan rahim?
3.bl ana merencanakn kmbali khamilan,  tips2 yg bs ana jalani agar hamil mola tdk terulang lagi?
jazaakillahu khairan.

✔JAWABAN
Oleh dr. Ika Ummu Aisyah & dr. Dianika
✒Untuk mengembalikan kondisi rahim normal sehingga dapat haid normal &subur, bisa dengan konsumsi herbal diantaranya dengan rutin minum madu plus propolis, gamat, minyak habbatussauda yang bermanfaat dalam membersihkan dan menguatkan rahim.
Setelah ssorang yg hamil mola menjalani kuret biasanya akan dilakukan pemantauan kadar HCG sampai benar2 negatif. Ahsan tidak hamil dulu 6-12 bulan setelah HCG negatif krn orang yang hamil terlalu cepat setelah hamil mola, kemungkinan hamil mola lagi akan lebih besar.
Allahu a'lam


PERTANYAAN 18
Bismillah. Nama rumaisho'. Domisili:kepakisan.  Umur: 20 thn.
Pertanyaan: afwan um sekarang ana sedang hamil 9 bulan (hamil pertama) tapi kenapa ya um daerah V sering skali nyeri. Terus juga sering keputihan. Itu sebabnya apa ya um.. Jazaakillahu khoiron.

✔JAWABAN
Oleh dr. Dianika
✒  Keputihan pd kehamilan disebabkan krn perubahan Hormonal, selain itu stres fisik seperti kelelahan ikut berperan menyebabkan keputihan. Ahsan menghubungi petugas kesehatan jika keputihan gatal, berbau, atau bercampur darah.
Allahu a'lam


PERTANYAAN 19
Bismillaah ana um ishaq Balikpapan
Ana mau tanya ..ana sudah telat haid 19 hari.tapi tes khamilan sdh 2x masi negatif.. Bagaimana itu um...? ada masalah apa..? ini ana bru pertama telat haid,,ana belum punya anak..

✔JAWABAN
Oleh dr. Nurul Futuchah
✒Kondisi dimana seseorang tidak mengalami satu atau lebih periode haid disebut dengan amenorrhea. Penyebab amenorrhea bermacam2. Bisa disebabkan karena kehamilan, stres, gangguan hormonal, gangguan organ kewanitaan.
Wallaahu a'lam bishowab
catatan
Afwan kalau jawaban dari pertanyaan2 tersebut mungkin masih banyak kekurangan, disarankan agar juga mengambil jawaban dari sumber lain karena banyaknya keterbatasan kami.


-----------
Tambahan:
❓Afwan umm..na'am ana terbalik. yg dimaksud adl MVP (Mitral Valve Prolaps).
dijawab oleh dr. Nurul Futuchah
1. Kemungkinan dokter kandungan anti akan meminta anti untuk berkonsultasi juga dengan dokter spesialis jantung atau penyakit dalam terkait dengan penyakit yang anti derita. Pada kondisi hamil, jumlah darah bertambah (darah ibu + darah janin) sehingga akan menambah beban jantung. Jika hal tersebut menimbulkan keluhan, kemungkinan dokter akan menambah obat tertentu. Untuk persalinan, tergantung kondisi menjelang persalinan. Biasanya dokter akan mempertimbangkan untuk operasi caesar jika kondisi MVP memburuk krn anti tdk boleh mengejan terlalu kuat. Namun ada kemungkinan juga anti dpt melahirkan dengan spontan.
2. Mual adalah kondisi yang lazim di masa kehamilan. Hindari hal2 yang merangsang mual, seperti bau2an yang menyengat. Jika mual tdk bs diatasi, anti dpt meminta obat mual kepada dokter/bidan
3. Masa hamil adalah masa2 dimana ibu harus memenuhi kebutuhan gizinya dengan sempurna karena penting untuk pertumbuhan janin. Sumber gizi yang utama adalah berasal dari bahan makanan, jika dr bahan makanan saja masih kurang, br ditambah dengan suplemen. Kekurangan konsumsi sayuran saat hamil dapat menyebabkan ibu anemia dan bahkan gangguan perkembangan janin. Sehingga, jangan hanya mengandalkan konsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan gizi, sedikit 'paksakan' diri untuk mengonsumsi makanan2 yang bergizi tinggi demi perkembangan janin anda.
Wallaahu a'lam bishowab


[GRUP WA BIKUM]
grup wa BIKUM

0 komentar :

Posting Komentar