Senin, 02 Februari 2015

Tagged under:

KUMPULAN TANYA JAWAB GRUP BIKUM (Bagian 1.5)





PERTANYAAN 41
'Afwan anak ana habis cacar yg bintik bintik kecil dan ber air sudah 4bln bekasnya belom hilang adajah cara untuk menyamarkan bekas cacar tersebut ??

JAWABAN (dr. emy Ummu Khonsa)
Untuk bekas di kulit itu bisa disamarkan pake mederma ato krim lain berbahan ekstrak centella asiatica (pegagan) contoh tekasol.


PERTANYAAN 42
Cairan pencuci buah sayur itu, contohnya apa? Jazaakumullahu khoiron

JAWABAN (tim gizi BIKUM)
Cairan pencuci buah ada yg sudah dijual di toko, namun dapat juga dilakukan secara alami, yaitu :
 Menggunakan cuka putih:
 -Pastikan tempat cuci piring  bersih. Jika tidak, gunakan mangkuk atau panci besar untuk mencuci buah dan sayur.
 -Masukkan buah atau sayur yang akan dicuci, kemudian tambahkan air dingin. Jangan memasukkan terlalu banyak buah atau sayur     sehingga ada celah untuk membersihkan.
 -Tambahkan 1 - 2 cangkir cuka putih, kemudian diamkan hingga 10 - 15 menit. Setelah itu, cuci sayur dan buah hingga bersih.

Larutan garam dan soda:
10 gram soda dan 10 gram garam dilarutkan dalam 2 liter air. Larutan garam dan soda merupaian larutan yg terbaik. Secara umum larutan ini bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur, tidak menyebabkan polusi seperti bahan pembersih kimia (deterjen dan bahan yang mengandung potasium permanganate), serta mudah dbuat


PERTANYAAN 43
Apakah benar herbal kumis kucing aman buat bumil yang menderita batu ginjal?

JAWABAN (dr. Ika Ummu Aisyah)
'Afwan untuk pemberian herbal pun perlu penegakan diagnosa pasti terlebih dahulu, yg mana ini dibutuhkan tanya jawab lebih detil dan pemeriksaan mendalam, terlebih bagi ibu hamil. Sehingga kan didapatkan pengobatan yg sesuai.


PERTANYAAN 44
Bayi 2 bulan tidak BAB selama 4 hari atau 5 hari dan ini sudah berlanjut sampai 3 kali. Dengan kondisi anak sering ngeden sampai nangis, pantat pun memerah, sering kentut, perut sering bunyi krucuk krucuk. Apakah ini sudah termasuk sembelit? Jika memang iya, apakah tindak lanjut yg harus dilakukan? apakah dibolehkan menggunakan microlax untuk mengeluarkan fesesnya?

JAWABAN (dr. Lina Ummu Abdillah)
BAB pd bayi dg ASI eksklusif sangat bervariasi dlm frekuensi & warna. ASI merupakan minuman bayi yg sangat mudah dicerna shg kandungan ASI kebanyakan diabsorbsi dg baik oleh bayi. Jika bayi tidak BAB sampai 1 minggu biasanya tidak masalah sepanjang bayi tetap aktif, menangis kuat & menyusu dg baik. Saat bayi mau BAB bisa dibantu ibu dg gerakan halus mengangkat kaki & pahanya, memberi zaitun pada anusnya. Pemberian obat2an sebaiknya atas rekomendasi dokter.

Bidan Ummu Rufaidah menambahkan,
baiknya juga bayi dipijat dengan tekhnik I-L-U di pagi hari setelah mandi pagi. Setelah itu kaki bayi digowes2 seperti gerakan naik sepeda.

dr.Emy Ummu Khonsa menambahkan,
Hal ini perlu data yg lebih lengkap lagi mengenai riwayat BAB dan riwayat alergi dari keluarga maupun dari makanan ibu.
Gejala alergi disaluran cerna bisa kembung, muntah, sering kentut , konstipasi. Ada kasus anak sampai 2 tahun susah bab, ternyata karena alergi, atau kemungkinan lainnya, ahsan periksakan ke dokter spesialis anak.


PERTANYAAN 45
Hamil cukup bulan itu brp pekan?

JAWABAN (bidan Ummu Rufaidah)
36 minggu


PERTANYAAN 46
Saya sedang hmil usia kehamilan 34 pekan, posisi bayi melintang. Apakah msh bs berputar spya bs posisi kepala dibawah, apa kiatnya?

JAWABAN (bidan Ummu Rufaidah)
Bisa dengan posisi kneechest yaitu posisi sujud tp dada jg ikut nempel lantai...minimal 3menit lakukan sesering mungkin. Dapat jg dg ngepel jongkok.


PERTANYAAN 47
Apakah bleh anak umur 1 tahun makan durian ?

JAWABAN (tim gizi BIKUM)
Sebaiknya jangan dulu karena mengandung alkohol

PERTANYAAN 48
Setiap kali haid hari pertama perutnya sangat sakit banget kayak diremet2 gitu,sampai2 pernah dia pingsan karena gag kuat sama sakitnya,dan hal itu (rasa sakitnya) hanya pada hari pertama saja,di hari selanjutnya sudah biasa(sudah tidak sakit lagi) dan hal ini nerlangsung setiap kali dia datang bulan.
Bagaimana solusi dan cara pengobatannya ummu?dan apakah penyebab dari hal yang sedemikian itu?

JAWABAN (dr. Ika Ummu Aisyah)
👉ada banyak kemungkinan, bisa jadi endometriosis atau lainnya, ahsan diperiksakan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yg sesuai.


PERTANYAAN 49
Saya punya gangguan dipernapasan.orang bilang saya asma.pertanyaan saya apakah kacang tanah yang digoreng bisa memicu kambuhnya asma saya?setiap saya makan sering mual dan sakit kepala.kemudian terasa sesak.

JAWABAN (dr. Ika Ummu Aisyah)
Periksakan lebih lanjut ke dokter sehingga didapatkan diagnosa pasti dan saran2 lainnya dg lebih jelas.


PERTANYAAN 50
Pada jempol kaki  awalnya gatal ada bintik2 berair trus pertumbuhan kuku jadi bergelombang,  pernah juga gatal tersebut menimpa tangan dan kaki bag punggung telapak kaki, kalo diobati salep 88 mending gatalnya,  tapi timbul lg. Itu kenapa ya? Dan penanganannya bagaimana?

JAWABAN (dr. Lina Ummu Abdillah)
Bisa jadi itu disebabkan jamur. Untuk jamur di kuku umumnya lebih mudah dibasmi dg obat minum seperti griseofulvin. Jaga agar jari2 kaki kering, tidak lembab & basah.


Catatan:
Afwan kalau jawaban dari pertanyaan2 tersebut mungkin masih banyak kekurangan, disarankan agar juga mengambil jawaban dari sumber lain karena banyaknya keterbatasan kami.

-GRUP WA BIKUM-

0 komentar :

Posting Komentar