Kamis, 05 Februari 2015

Tagged under: , ,

Cantik dengan Massage &Totok Wajah


    
 بسم الله الرحمن الرحيم

5Rabiul Awwal 1436 H/26 Desember 2015

Oleh: dr. Ika Ummu Aisyah, akp


    Alhamdulillaah..yang telah memberikan kepada setiap yang dilahirkan dengan kulit sehat. Akan tetapi seiring bertambahnya usia, kesehatan kulit mulai memudar karena kurangnya perawatan dan ditambah dengan pola hidup yang kurang baik. Kendati kulit terus menua dengan bertambahnya usia, namun kita masih bisa merawatnya agar tetap sehat, segar dan cerah alami. Tiada kata terlambat untuk memulainya. Kebanyakan orang mempercantik wajah dengan berbagai macam produk kecantikan (aneka krim,serum,spray dsb) hingga make up yang mahal.
 
   Namun tidak memperhatikan pola hidup yang baik, mulai dari asupan makanan &minumannya, olahraga, waktu bekerja &istirahatnya, serta ibadahnya. Padahal semuanya itu ikut berperan dalam kecantikan seseorang. Alhasil ketika berhenti dalam rutinitas perawatan wajah dengan hanya menggunakan produk2 kecantikan, maka seringkali didapati kekecewaan karena wajahnya yang kembali menjadi kusam. Salah satu cara untuk menjaga kecantikan wajah secara alami  adalah dengan terapi totok wajah. Totok wajah merupakan salah satu pengobatan tradisional tionghoa dengan cara merangsang titik-titik akupuntur yang ada di bagian wajah. Terapi ini bertujuan menyeimbangkan energi/kekuatan tubuh, tidak hanya pada wajah saja. Karena pada wajah terdapat titik-titik yang dapat mengaktifkan fungsi kerja organ-organ pencernaan &ginjal, serta paru-paru &jantung pada bagian leher-bahu.

     Jika fungsi kerja organ-organ tubuh berjalan dengan baik, maka tidaklah mengherankan jika didapati tubuh yg sehat dan wajah pun cerah sehat alami. Memang dibutuhkan ilmu tersendiri untuk mengetahui titik-titik akupunturnya yang itu tidak bisa disampaikan disini. Jadi, jika ingin terapi ini datanglah kepada ahlinya, karena ada banyak salon kecantikan dengan layanan totok wajah namun kebanyakan tidak memiliki ilmu akupuntur. Jangan berkecil hati jika tidak bisa mendapatinya, berikut ini cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri minimalnya untuk massage/pemijatan ringan di area wajah, yang mana massage ini biasa dilakukan sebelum terapis melakukan totok wajah :
a. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan spon lembut yang telah direndam air hangat
b. Oleskan zaitun keseluruh wajah
c. Mulai massage
1. Dengan punggung tangan, tepuk-tepuk kulit di pipi dan dagu untuk merangsang sel kulit
2. Pijat dengan ujung jari tengah gerakkan memutar melingkar2 kecil dari alis kanan-kiri, naik   keatasnya lagi kanan-kiri melingkar2, naik lagi melingker2 sampai garis batas rambut. Ulang 5x
Kemudian usap dahi kanan-kiri dan kembali lagi. Ulang 5x
3. Usap dengan  2ujung jari, dari pangkal alis dekat hidung keatas hingga batas rambut. Ulang 5x
Kemudian diteruskan dengan gerakan melingkar2 kecil dari tengah dahi kesamping luar kanan&kiri bersamaan. Ulang 5x
4. Dari pangkal alis turun dengan gerakan  melingkar2 kecil sepanjang bawah mata hingga pangkal alis lagi. Ulang 5x
Kemudian usap dengan ujung jari kxe arah yang sama 5x.
5. Dari pangkal alis turun dengan gerakan melingkar2 kecil sepanjang tulang pipi bawah mata naik ke pelipis kanan&kiri. Ulang 5x.
Kemudian usap dengan ujung jari ke arah yang sama 5x.
6. Dari sudut hidung  melingkar2 kecil sepanjang tulang pipi hingga atas pelipis kanan&kiri. Ulang 5x
Kemudian usap dengan ujung jari ke arah yang sama 5x.
7. Dari sudut mulut  melingkar2 kecil  sepanjang tulang pipi hingga telinga kanan&kiri. Ulang 5x
Kemudian usap dengan ujung jari ke arah yang sama 5x.
8. Dari tengah dagu melingkar2 kecil hingga telinga kanan&kiri. Ulang 5x
Kemudian usap dengan ujung jari ke arah yang sama 5x.
9. Usap dari tengah dagu turun ke leher, terus kesamping dengan cara yang sama hingga bawah telinga ke bahu. Ulang 5x
10. Dari bawah telinga dengan gerakan melingkar2 turun ke belakang bahu, kesamping hingga lengan atas, terus ke depan dada. Ulang 5x
Kemudian usap dengan ujung jari ke arah yang sama 5x.
d. Mulai teknik penotokan wajah oleh ahlinya. Hal ini bisa dilewati.
e.Dan terakhir oles masker wajah, diamkan 15menit kemudian bersihkan dengan spon lembut yang telah direndam air hangat. Wajah terasa fresh.

 
Selamat Mencoba
والله اعلم بالصواب


[Tim Info Non Medis Grup BIKUM]

0 komentar :

Posting Komentar