Kamis, 05 Februari 2015

Tagged under:

Kumpulan Tanya Jawab Grup Bikum (Bagian 8)




بسم الله الرحمن الرحيم

Ahad, 4 Rabi'ul Tsani 1436 H/ 25 Januari 2015



Soal 1-5 dijawab oleh:
✒dr. Agustin Aisyah

---------------------
PERTANYAAN 1
Satu bulan yg lalu ana di vonis sakit jantung,kolesterol ana juga tinggi,semenjak sakit ini ana sering sekali pusing sampai tidak bisa membuka mata.setiap ana belajar atau beres-beres rumah ana langsung drop,yang ingin ana tanyakan apakah sakit jantung dan kolesterol tinggi membuat badan kita sering lemah atau ada penyakit lain di badan ana?

JAWABAN
Ada beberapa macam penyakit jantung,antara lain PJK(penyakit jantung koroner),gagal jantung dll.
Kalau yg didasari oleh kolesterol yg tinggi,mungkin penyakit anti adalah PJK.
Ana tdk tau apa yg di maksud penyakit jantung oleh anti, karena lemah badan dan pusing dpt juga disebabkan penyakit selain jantung.
Sebaiknya anti konsultasi dgn dokter yg memvonis anti sehingga dapat dilakukan pencegahannya.


PERTANYAAN 2
Bagaimana penanganan untuk gendang telinga yang sudah robek dan mengeluarkan cairan?

JAWABAN
Harus diatasi dulu infeksinya, setelah infeksi hilang, dapat dilakukan membranoplasty/menutup robekan tersebut dengan cara operasi.


PERTANYAAN 3
Ana tipes sudah hampir sebulan.sudah minum obat dari dokter dan sudah habis masih juga demam/panas saat sore-malam. Jadi bagaimana umm cara mengobati/mengatasinya?

JAWABAN
Bagaimana hasil pemeriksaannya?memakai widal atau IgM Salmonella?apa saja obat yang sudah diminum?


PERTANYAAN 4
Apakah jamur pada mulut anak bisa menular ..dan apa obatnya karena 3anak ana gantian seperti itu?

JAWABAN
Bisa menular, penyakit jamur biasanya terjadi pada orang yang kekebalan tubuhnya menurun.
Untuk pengobatan anak dapat diberikan candistatin/mycostatin.


PERTANYAAN 5
apakah riwayat keguguran dan pernah dikuret bisa memicu rasa sakit di perut bagian tengah bawah yang sering muncul?

JAWABAN
✋Tidak!
Kalau kuret nya bersih,tentunya tidak timbul gejala sisa.

Soal 6-10 dijawab oleh:
✒dr. Nurul futuchah
---------------------
PERTANYAAN 6
Ana sering mengalami keputihan, cirinya seperti putih susu dan cair. Klo ana bersihkan dg cairan albotil yg diencerkan dg menggunakan alat semprot yg masuk ke vagina hilang keputihannya tapi 3hari kemudian muncul lagi. Apakah berbahaya jika ana memakai cairan albotil tersebut, bagaimana cara menyembuhkannya? Ana selalu mengeringkan miss v dg lap handuk kecil setelah BAK.
 
JAWABAN
Perlu dirinci lagi apakah keputihannya membuat vagina gatal ? Kemudian kapan keluarnya keputihan ? Karena keputihan ada yang normal ada yang tidak. Albotil adalah antiseptik yng dapat digunakan pada daerah miss v. Tetapi hati2 jangan sampai digunakan jangka lama karena akan mengganggu flora normal vagina (bakteri baik yg memang ada di vagina) yang justru malah timbul adalah bakteri jahat maupun jamur. Untuk penyembuhannya tergantung penyebab,
Sebaiknya periksa ke dokter kandungan.


PERTANYAAN 7
Anak ana itu kok sudah skitr 1 minggu BABny itu kadang biasa dan kadang campur air dan lendir, sehari 3-4 kali, sakit nopo nggih umm?tapi kondisi badan normal tidak panas, tidak muntah, dan makanny juga banyak.

JAWABAN
Perlu perincian lagi berapa usia anaknya ? Makanan apa yang sudah dikonsumsi ? Kemungkinan anak anti mengalami gangguan pencernaan. Tidak perlu khawatir jika anak tidak panas, tdk rewel, tdk nyeri perut, dan makan masih banyak. Anti dapat beli obat2 vitamin usus seperti lacto b atau L bio di apotik.
Jika tidak ada perbaikan sebaiknya ke dokter.


PERTANYAAN 8
Apakah dgn menyikat gigi sj bisa menghilangkan karang di gigi?

JAWABAN
Karang gigi terbentuk dari sisa2 makanan yang mengeras. Jika sdh terbentuk karang gigi, tdk bisa membersihkannya hanya dengan sikat gigi, perlu ke dokter gigi untuk membersihkannya. Untuk mencegah terbentuknya karang gigi, sikat gigi yang rajin ya, setelah sarapan dan sebelum tidur. Jika ada karang gigi sebaiknya dibersihkan tiap 6 bulan sekali untuk mencegah kerusakan gigi lebih lanjut. Tetapi jika antunna menggosok gigi dengan benar, umumnya tdk perlu membersihkan karang gigi tiap 6 bulan karena tdk ada karang yg terbentuk.


PERTANYAAN 9
Saya sering sakit kepala, setelah ditensi darah normal..apa mungkin kolesterol?

JAWABAN
Penyebab sakit kepala sangat banyak dan tidak hanya tensi darah saja. Selain krn tensi, sakit kepala bisa disebabkan karena penyakit di mata, telinga, gigi dan mulut, sinus, otak. Selain krn penyakit, sakit kepala sering disebabkan karena kelelahan, kurang istirahat, stress, biasanya sakit kepalanya disertai dengan kaku2 pada otot leher. Anti bisa mencoba olahraga ringan tiap pagi untuk merelaksasikan otot2 leher sehingga diharapkan sakit kepala berkurang.
Untuk mengetahui apakah kolestrolnya tinggi atau tdk perlu pemeriksaan darah.


PERTANYAAN 10
Bagaimana cara mengatasi batu ginjal, akan tetapi batu ginjal tersebut masih kecil, tp selalu ada rasa nyeri di pinggang...
Apa boleh terapi herbal dulu atau metode laser?

JAWABAN
Terapi untuk batu ginjal tergantung ukuran batunya dan respon terhadap pengobatan. Jika batu masih kecil, bisa dicoba dahulu menggunakan herbal yang berfungsi memecah batu. Umumnya obat yang diberikan oleh dokter untuk memecah batu adalah obat herbal juga. Jika dengan obat herbal tdk ada perbaikan dan batu belum keluar, maka dokter akan mempertimbangkan tindakan lain (banyak metode medis yang digunakan untuk mengeluarkan batu, tergantung kondisi penyakit dan fasilitas RS tersebut).



Soal 11-15 di jawab oleh:
✒dr. Ika Ummu Azzam

----------------------------
PERTANYAAN 11
❓Bagaimana caranya menggunakan KB alami?

JAWABAN
Pernah di bahas dalam tanya jawab sebelumnya.
KB alami dapat mnggunakan metode:
1. Metode pengenalan tubuh
Harus tahu saat berlangsungnya masa subur wanita, jika menginginkan kehamilan maka dapat melakukan hubungan intim pd saat masa subur begitu jg sebaliknya. Metode pngenalan tubuh ini ada 3 prinsip (metode kalender, suhu tubuh, lendir vagina)
2. Senggama terputus, efektifitas metode ini bergantung dari tingkat kontrol dan kesadaran pria tentang ejakulasinya.
3. Lactational Amenorrhea Method, bagi ibu menyusui dapat menjadi kb alami dg syarat belum mens kembali setelah melahirkan, bayi 100%  hanya mnum ASI, bayi blm berusia 6 bln, menyusui setiap 4 jam sehari


PERTANYAAN 12
❓Saya ibu menyusui,selama 1,5 tahun ini tidak pernah haid,pernah satu kali haid,setelah itu tidak haid lagi,apakah ini normal?

JAWABAN
Bisa karena dipengaruhi hormon karena menyusui merupakan salah satu proses dari yng menghambat kembalinya siklus menstruasi normal, keadaan ini disebut Lactational Amenorhea. Kondisi bervariasi antar wanita, sebagian ada yang mengalami berminggu2, Berbulan2, bertahun hingga 2th proses menyusui dan baru mengalami menstruasi kembali setelah anak disapih.


PERTANYAAN 13
❓ Anak ana masih berumur 1,5 bulan skrg ana sakit tenggorokan, pilek sedikit batuk. bagaimana pencegahan agar bayi ana tidak tertular?

JAWABAN
Pencegahannya bs dengan pemakaian masker oleh bunda atau keluarga yang sedang mengalami batuk pilek, terutama saat bunda akan menyusui atau berada dekat dg si kecil. Cuci tangan bunda saat akan menggendong si kecil. Banyak minum, konsumsi buah dan sayur serta Vit.C untuk meningkatkan daya tahan tubuh bunda sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
 

PERTANYAAN 14
❓ Anak saya berumur 1bln lebih. Dari mulai setelah lahir sampai skrg sering skali setelah minum ASI gumoh
(muntah ASI). Apa penyebabnya ya dok?

JAWABAN
Gumoh pada bayi sering dialami terutama setelah bayi minum ASI, bs di sebabkan kemampuan menelan belum sempurna sehingga ASI yg seharusnya tertelan bisa keluar lagi lewat mulut maupuh hidung. Bisa dilakukan dengan cara menepuk2 punggungnya setelah bayi menyusu, supaya bayi bisa sendawa yaitu dg cara menelungkupkan di pangkuan bunda atau di peluk di dada bunda,insyaAllah gumoh bisa di hindari .
 
 
PERTANYAAN 15
❓ana tinggi 168, berat badan sblum hamil 56 setelah hamil sekarang umur 7 bulan berat ana 63 tp badan ana masih biasa sama seperti dl.bertambahnya berat badan itu termasuk berat nya bayi ana y dok.apkah normal berat byi ana segitu ato bayi ana besar y dok?

JAWABAN
Idealnya penambahan berat badan ibu hamil adalah sekitar 12-15 kg sampai menjelang proses melahirkan,
untuk lbh jelasnya Penyebaran pertambahan BB saat hamil adalah ke: 
Berat janin: 2,5 – 3,5 kg
Plasenta: + 0,5 kg
Cairan: 0,5 – 1 kg
Darah: + 2 kg
Cairan tubuh: + 1,5 kg
Rahim: 0,5 – 1 kg
Payudara: + 0,5 kg
Cadangan lemak: + 3,5 kg
  ●》Pertambahan BB saat hamil sebaiknya cukup, tidak lebih atau kurang.
Bila BB sebelum hamil normal, pertambahan BB yang dianjurkan 9-12 kg.
Bila BB sebelum hamil berlebih, pertambahan BB yang dianjurkan 6-9 kg.
Bila BB sebelum hamil kurang, pertambahan BB yang dianjurkan 12-15 kg.
Bila mengandung bayi kembar, pertambahan BB biasanya lebih banyak, tergantung jumlah bayi yang dikandung.
Ahsan periksa ke dokter kandungan untuk USG mengetahui berat badan janinnya, jika berlebih biasanya bunda akan di sarankan untuk diet karbo.

 
Soal 16-20 di jawab oleh:
✒ dr. Dianika Ummu Raihana

---------------------------
PERTANYAAN 16
❓Ana sering mengalami pusing kepala,apalagi setiap bangun dari tidur atau duduk secara tiba².perut suka mual/eneg.
Jika badan membungkuk atau tangan ke atas saat ambil sesuatu,jantung deg-degan.
kenapa ya dok..?
Ana punya riwayat sakit gejala tipes dan ayah ana dulu sakit jantung.

JAWABAN
Sering pusing, terutama setiap bangun tidur atau duduk secara tiba-tiba, kebanyakan disebabkan karena tekanan darah rendah. Bisa juga karena kurang darah/anemia, kelelahan, atau justru karena tidur terlalu lama. Perut suka mual perlu data tambahan, bisa jadi sakit mag. Masalah jantung juga perlu data tambahan. Jika mengganggu aktivitas ahsan diperiksakan.


PERTANYAAN 17
❓Saya hamil muda,kenapa nafsu makan saya malah berkurang,
bahkan sehari makan paling satu kali itupun sedikit,dan terkadang badan menjadi lemas sekali,apakh hal yg seperti itu bisa membahayakan janinya dok?

JAWABAN
Nafsu makan berkurang bisa disebabkan rasa mual pada awal kehamilan. Usahakan makan sedikit-sedikit tapi sering karena janin anti membutuhkan nutrisi dari anti (untuk pilihan makanan yang dapat mengurangi mual bisa dibaca di artikel tentang Mual & Muntah Berlebihan Saat Hamil yang pernah di posting di grup ini). Kekurangan nutrisi, selain membuat badan anti lemas juga akan berbahaya bagi anti. Sedikit paksakan diri anti untuk makan, jagalah amanah (janin) yang Allah titipkan di rahim anti.


PERTANYAAN 18
❓Posisi bayi lintang bisakah proses lahiran dg normal?

JAWABAN
Janin letak lintang biasanya disebabkan karena ada masalah tertentu saat hamil, kebanyakan karena plasenta previa (plasenta/ari-ari menutupi jalan lahir). Selain itu dapat disebabkan karena kelainan bentuk rahim, hamil kembar, cairan ketuban terlalu banyak, dll. Jika janin sudah cukup bulan, sulit sekali untuk dilakukan persalinan normal. Jika dipaksakan janin tidak dapat keluar, justru berbahaya bagi ibu karena dapat menyebabkan robekan rahim & berbahaya bagi bayi jika tali pusatnya terjepit antara badan bayi dan jalan lahir. Terlebih jika letak lintang tersebut penyebabnya plasenta previa, selain janin tidak dapat keluar juga dapat terjadi perdarahan yang sangat banyak saat persalinan.


PERTANYAAN 19
❓Penyakit kepala sebelah,apa nama dan penyebabnya?

JAWABAN
Sakit kepala sebelah disebut migrain, bisa disebabkan karena genetik (keturunan), perubahan hormonal (misalnya saat haid, hamil, menopause), stres, lapar, kelelahan. Untuk makanan, belum ada penelitian yang valid yang menunjukkan makanan tertentu dapat menyebabkan migrain.


PERTANYAAN 20
❓Ana punya tetangga yang  punya anak perempuan, umur 17 tahun & belum  menikah.
6 bulan yang lalu, haid selama 1 bulan dan haid yang keluar banyak. Periksa ke dokter umum 3x ,tapi habis obatnya haid lagi.
Periksa ke Dr.SpOG, Dokternya bilang ada kelainan hormon bagian bawah.Selama 6 bulan konsumsi obat hormon dan  kontrol tiap bulan.
Alhamdulillah, bulan ke 7, kontrol Dokternya bilang haidnya sudah normal,tapi harus konsumsi obat  hormon terus karena ada kelainan hormon bagian  bawah .
Yang jadi pertanyaan Ana,
Apakah penyebab terjadinya kelainan hormon?

JAWABAN
Gangguan-gangguan hormon reproduksi bisa terjadi karena berbagai penyebab,
Di antaranya : adanya penyakit atau kerusakan pada organ reproduksi (misalnya tumor, kanker, kista; di rahim atau indung telur), diet ketat, kegiatan fisik yang berlebihan, obat-obatan, radiasi, penggunaan kontrasepsi hormonal, tingginya kadar hormon androgen (ditandai dengan sifat kelaki-lakian, banyak tumbuh bulu, berkumis, gemuk, haid jarang, sulit hamil), tingginya hormon prolaktin (ditandai ASI yang keluar terus menerus bahkan sejak belum menikah), penyakit kelenjar tiroid (gondok), pernah dilakukan operasi pengangkatan rahim dan indung telur, stres psikis.
 


Soal 21-27 di jawab oleh:
✒ dr. Emi Ummu Khonsa

--------------------------
PERTANYAAN 21
❓ana minta tolong di jelaskan tentang down sindrom? Apa bisa di sembuhkan?

JAWABAN
Sindrom down
Merupakan penyakit bawaan akibat kelainan kromosom, pada sindrom down memiliki satu kromosom ekstra.
Hal ini menyebabkan perubahan pada perkembangan otak dan tubuh.
Jenis sindrom down yang terjadi tergantung pada berapa banyak sel yang memiliki kromosom ekstra ini.
gangguan pada sperma sebelum /saat pembuahan juga dapat menyebabkan terjadinya sindrom down walaupun kasus ini jarang. Penyebab pembelahan sel yang abnormal ini masih tidak diketahui.
Salah satu jenis sindrom down, yaitu jenis translokasi dapat diturunkan dalam keluarga.
Gejalanya diantaranya adalah:
1.lemahnya tonus otot yang membuat bayi terlihat lemas,
2. Bentuk wajah yang datar dengan hidung kecil,
3. Mata sipit yang bagian ujung luar mata meruncing ke atas,
4. Adanya benjolan kecil pada bagian ujung dalam mata,
5. Bentuk telinga yang kecil dan abnormal,
6. Hanya memiliki satu garis tangan,
7. Hiperfleksibilitas, di mana bayi memiliki kelenturan sendi yang berlebihan,
8. Jari tangan ke 5 (kelingking) hanya memiliki dua buku jari,
9. Jarak yang lebih lebar daripada biasanya di antara jempol,
10. Ibu jari kaki dengan telunjuk,
11. Lidah yang besar dan cenderung menjulur ke luar pengobatan.
☝Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan sindrom down.
Setiap anak yang menderita sindrom down mengalami retardasi (keterbelakangan) mental yang bervariasi dari ringan hingga sedang.
Seperti bayi pada umumnya, bayi dengan sindrom down akan belajar mengenai keterampilan dasar, seperti duduk, berjalan,dan mandi walaupun dalam waktu yang lebih lambat.
Terapi pendekatan dini seperti terapi fisik yang dimulai segera setelah lahir dapat membantu menguatkan otot tubuh bagi perkembangan keterampilan dasar ini.
Anak dengan sindrom down dianjurkan untuk melakukan
pemeriksaan mata dan pendengaran secara rutin,
pemeriksaan fungsi tiroid.
Pencegahan:
Tidak ada hal yang dapat mencegah terjadinya sindrom down.
Beberapa penelitian menduga bahwa wanita yang memiliki anak dengan sindrom down memiliki kelainan di mana asam folat dimetabolisme sehingga tidak terdapat cukup asam folat bagi perkembangan bayi.
Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat sebelum dan selama kehamilan setidaknya sebanyak 400 mcg setiap harinya.


PERTANYAAN 22
❓apa saja yang menyebabkan mata merah belekan? saya kadang mengalaminya sampai 2-3hr.

JAWABAN
Mata merah belekan lebih mengarah pada infeksi, lebih jelas jika saat kambuh segera periksa ke dokter agar diperiksa langsung.


PERTANYAAN 23
❓ apa penyebab dari streachmark padahal belum berkeluarga(melahirkan),
dan bisakah hilang?

JAWABAN
Stretch mark dipengaruhi kualitas dan kekuatan kulit.
Ini tergantung bagaimana kondisi kesehatan secara umum, nutrisi, hidrasi, keturunan, kondisi lingkungan, makanan dan minuman yang dikonsumsi, gaya hidup dan lain-lain.
Selain itu, stretch mark dapat disebabkan oleh peregangan kulit yang berlebihan dalam waktu lama yang umum terjadi
saat perubahan hormonal di masa keamilan, pubertas/perubahan berat badan yang fluktuatif.
Akibat dari itu, kolagen dan elastin pada lapisan dermis kulit menjadi rusak atau terganggu. Perlu diketahui pula stretchmark dapat muncul di bagian tubuh manapun.
Adapun langkah ataupun tips yang bisa dilakuan untuk menangani maupun mencegah stretch mark, antara lain
menghindari trauma berlebihan, banyak makanan berprotein dan olahraga teratur.
Terapi untuk menghilangkan bisa dengan krim, terapi laser, mikrodermabrasi.
Jika memang mengganggu sebaiknya konsultasi ke dr.Sp.kk.


PERTANYAAN 24
❓apa penyebabnya jika sering sekali sariawan, hampir setiap kurang lebih 3mggu/1 bln sekali dan baru sembuh setelah kurg lebih 1 minggu. dan terkadang smpe sariawan nya jika di kasih obat,kluar darah.

JAWABAN
Sariawan merupakan bentuk luka terbuka di rongga mulut . Penyebabnya sangat banyak bisa jamur, kuman , bakteri, hormon, alergi atau sensitif terhadap bahan makanan tertentu, stress , kekurangan Vit.C
Faktor resiko dipengaruhi oleh higiene (kebersihan) mulut yg buruk, adanya perlukaan disekitar gigi gusi. Biasanya yg sering terjadi pada anak sering dsebabkan jamur . Pada orang dewasa yg seringkali mengalami sariawan berulang biasanya memiliki riwayat alergi sehingga baik faktor sensitif terhadap bahan makanan, faktor stres jg mempengaruhi terjdinya sariawan.
Bentuk sariawan ini juga bermacam2 sehingga untuk mengetahui lebih jelas harus diperiksa oleh dokter.
Pengobatan secara umum tergantung penyebab, biasa untuk bayi yg disebabkan jamur bisa dberikan nistatin drop.
Merk dagang enystin, candistatin, nymiko.
Untuk org dewasa boleh menggunakan obat kumur
Contoh :Sanorine Pencegahan.
Menjaga kebersihan mulut, hindari makanan minuman merangsang , konsumsi sumber vit. C.


PERTANYAAN 25
❓Mengenai penyakit ambeien. 'Afwan qodarulloh stlh ana hamil ana kedua ana mengalami ambeien smp skr blm pernah ana brobat karena ana tkut dokter lngsung vonis hrus diopersi. Adakah herbal atau obat kimia apa yang hrus ana konsumsi dlm kondisi ana sedang menyusui?

JAWABAN
Hemorhoid/ambeien/wasir merupakan pelebaran bantalan anus (anal cushion) yg meliputi pelebaran pembuluh darah balik, penambahan jaringan disekitarnya sehingga bisa keluar dari anus.
Macam hemorhoid ada 2 :
-Interna (didalam, biasanya tidak nyeri keluhan BAN kadang disertai darah menetes tapi  tidak nyeri, bila berat kadang dapat menjulur  ke bawah keluar anus),
-Hemorhoid Eksterna
(diluar, biasanya nyeri  ),
〽Dibagi menjadi 4 derajat:
-derajat 1 ringan,
-derajat 2, Ada perdarahan dan kluar jaringan dari anus tapi dpat kmbali scara spontan,
-derajat 3, keluar jaringan dri anus tetapi tidak dapat kembali scara spontan tetapi harus didorong(dimasukkan),
-derajat 4, Keluar jaringan dari anus, benjolan terjepit di luar dpat mengalami iritasi, meradang, bengkak, rasa nyeri.
Terapi & Pencegahan:
1. Makan makanan tinggi serat dan banyak minum.
2. Pola BAB teratur, menghindari mengejan terlalu lama saat BAB.
3. Obat2an yg membantu seperti ardium, ultraproct salep dan lainnya, konsultasikan dg dokter.
Bila berat dapat dilkukan operasi .
Akan tetapi walaupun dilakukan operasi, suatu saat bila faktor resiko terus ada dapat terjadi hemoroid berulang.


PERTANYAAN 26
❓Bisakah edema serebri sembuh total? dalam arti tidak kambuh-kambuh lagi. Karena mnurut dokter syaraf kambuh-kambuh itu bisa saja terjadi slm ada sebab seperti: kecapean, fikiran, kurang tidur, haidh dll.
benarkah sprt itu?

JAWABAN
Tergantung sebab edema serebrinya apa, diagnosa dokter apa, karena beda penyebab, penanganannya-pun berbeda, termasuk faktor2 terkait yg mempengaruhi.\


PERTANYAAN 27
❓monopose itu terjadi kepada wanita yg menginjak usia berapa?
Ciri2nya seperti apa ?

JAWABAN
Umur terjadinya menopouse di indonesia antarany 48-50 thn, dari literatur di luar negeri menyebutkan 45-65 thn.
Tanda & gejala menjelang menopouse diantaranya:
1. Semburan panas (hot flashes).
Inilah gejala yang paling umum dan nyaris setiap wanita mengalaminya sadar atau tidak. Rasa panas yang datang mendadak dimulai dari dada terus ke leher, lalu ke wajah. Pd malam hari, semburan panas disertai keringat yang mengucur deras.
2. Jantung berdetak lebih cepat,
3. Mudah marah dan tersinggung,
4. Suasana hati (mood) yang berubah-ubah, sering sedih
tanpa sebab,
5. Vagina kering, mengakibatkan rasa pedih pd saat berlangsungnya hubungan seksual,
6. Hilangnya libido, terutama pada wanita. Kemungkinan
juga disebabkan vagina yang kering sehingga wanita malas melakukan hubungan seksual,
7. Haid tidak teratur, kadang sdikit kadang membanjir dengan siklus yang kadang pendek atau lebih lama dari biasanya,
8. Insomnia, sulit tertidur pulas atau sering kali terbangun
mendadak tanpa sebab dan sulit untuk pulas kembali.
Kemungkinan di sebabkan keringat yg membanjir/semburan panas,
9. Lelah berkepanjangan (fatique),
10. Sering kejang otot,
11. Ukuran dan kelenturan payudara mulai mengendur,
12. Sulit berkonsentrasi dan orientasi,
13. Gangguan memori, sering lupa dan bingung,
14. Inkontinensia (urinary incotinence). Mengeluarkan urine tanpa bisa dicegah, terutama saat bersin, batuk, tertawa terbahak.
Ini disebabkan otot halus tidak lentur lagi,
15. Kulit sering gatal-gatal /seakan dirayapi semut dibawah kulit,
16. Sendi dan otot sering ngilu,
17. Keseimbangan sering hilang sehingga berpotensi mudah terjatuh,
18. Pusing/ sakit kepala bisa semakin sering atau semakin jarang terjadi,
19. Sering merasa takut, prihatin, gelisah, murung tanpa sebab atau takut membayangkan kematian,
20. Gangguan pencernaan karena mual atau banyak gas di dalam perut,
21. Perasaan tidak berdaya sehingga menimbulkan depresi,
22. Berat badan meningkat karena endapan lemak.
terutama di bagian pinggang, paha, bokong, perut, dan lengan atas,

 
Soal 28-29 dijawab oleh
✒dr. Dianika Ummu Raihana

-------------------------
PERTANYAAN 28
❓Apakah mata minus masih bs diobati?? jika bs dg cara apa saja?

JAWABAN
Mata minus secara medis diatasi dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi. Operasi yang sudah banyak dilakukan agar mata jadi normal, yaitu lasik. Konsultasikan lebih lanjut pada dokter mata.
Untuk terapi lain bisa dengan akupuntur rutin.


PERTANYAAN 29
❓Bagaimana pengobatan jantung bocor ?

JAWABAN
"jantung bocor" di sini perlu diperjelas karena ada berbagai tipe:
apakah yang bocor itu klep jantung atau dinding pembatas antara ruangan2 di dalam jantung. Perlu diperjelas lagi:
klep/dinding yang mana? Seberapa besar kebocorannya? Bagaimana arah aliran darah di tempat yang bocor tsb? Di samping itu perlu dilihat berapa usia penderita, cacat bawaan dari lahir atau didapat, & masih banyak lagi. Pada sedikit kasus kebocoran ringan klep jantung yang didapat,  penderita bisa hidup tanpa ada gejala yang berarti. Beberapa jenis kebocoran jantung pada bayi baru lahir bisa ditunggu sampai bi'idznillah menutup sendiri, namun sebagian besar kasus jantung bocor memerlukan operasi.
Obat-obatan pada umumnya hanya bersifat meringankan gejala & tidak menyembuhkan secara tuntas.
Sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli jantung untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


PERTANYAAN 30
❓Anak umur brp bulan boleh diduduk pangku?

JAWABAN oleh dr. Ika Ummu Azzam
Kebanyakan bayi sudah mulai dapat duduk sendiri antara usia 6-8 bulan. Duduk membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas dan koordinasi yang memadai. Saat bayi sudah dapat menegakkan otot2 leher dan punggung dia sudah siap belajar duduk, biasanya antara usia 3-6 buln, ditunjukkan dengan kemampuannya untuk berguling. Umumnya bayi berusia 3 bulan sudah dapat digendong posisi duduk di pangkuan bunda dengan syarat sdh dapt menegakkan otot2 leher dan punggung.

PERTANYAAN 41
❓Ana mau tanya um...ana hamil 2,5 bln,setiap harinya ana konsumsi air kacang hijau,alpukat,& telor ayam kampung...apa manfaat dari makanan2 tsb?

JAWABAN
Kacang hijau, alpukat & telur ayam kampung memang baik untuk bumil karena mengandung zat2 gizi yg penting bagi bumil.
Seperti; kac.hijau & alpukat mengandung asam folat yg tinggi, dimana asam folat sgt baik untuk perkembangan janin, menguatkan saraf janin dan menurunkan bayi lahir cacat. Sedangkan telur ayam kampung mengandung nutrisi esensial yg lebih tinggi dibandingkan telur ayam ras terutama kandungan vit. E & omega 3 yg baik untuk fungsi otak dan penglihatan.


PERTANYAAN 42
❓Adakah khasiat pada tempe bongkrek?dan baguskah untuk dikonsumsi? Karena sebagian orang senang memasak dgn ditambah bumbu yakni tempe bongkrek/tempe mentah yg sudah terlalu matang.

JAWABAN
Tempe bongkrek adlh tempe yg dibuat dr ampas kelapa, dimana sgt berpeluang untuk terkontaminasi oleh bakteri. Dan pada umumnya tempe bongkrek yg berhasil hanya ditumbuhi kapang tempe rhizopus oligosporus, tp tempe bongkrek yg gagal juga ditumbuhi bakteri pseudomanas cocovenans. Bakteri tersebut sgt berbahaya krn dpt mengakibatkan keracunan bahkan kematian,
☝maka dari itu waspadalah dlm mengkonsumsi tempe bongkrek krn pada kenyataannya sdh terjadi beberapa kasus keracunan akibat mengkonsumsinya.


PERTANYAAN 43
❓Ana mau tanya tentang pola makan bagi penderita
diabetes?

JAWABAN
Mengatur pola makan/diet yang tepat sangat penting bagi penderita diabetes. Namun makanan yang dikonsumsi merupakan faktor paling penting dalam mengontrol diabetes, terlebih lagi jika dihubungkan dengan program menurunkan berat badan.
✋Tidak ada yang khusus dengan pola makan / diet bagi penderita diabetes, karena secara umum sama dengan pola makan sehat yang dianjurkan untuk semua orang, seperti :
-Mengandung nutrisi tinggi
-Rendah lemak
-Rendah kalori/mengandung kalori secukupnya.
Itu adalah pola makan sehat untuk siapa saja. Akan tetapi perbedaan utamanya adalah penderita diabetes harus lebih memperhatikan pilihan makanan yang akan dikonsumsi, khususnya karbohidrat.
Bahan makanan yang dianjurkan untuk diet DM yaitu
1⃣ sumber karbohidrat kompleks seperti nasi,broti, mi, kentang, singkong, ubi, dan sagu
2⃣ sumber protein rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, susu skim, tempe, tahu, dan kacang2an.
3⃣ sumber lemak dalam jumlah. Makanan terutama diolah dengan cara dipanggang, dikukus, disetup, direbus, dibakqr.
Bahan makanan yang tidak dianjurkan
1⃣ mengandung banyak gula sederhana, seperti gula pasir, gula jawa, sirup, jam, jeli, buah2an yang diawetkan dg gula, susu kental manis,minuman botol ringan, dan es krim, kue2 manis, cake, dodol.
2⃣mengandung banyak lemak seperti cqke, fast food, goreng2an
3⃣ mengandung banyak natrium, seperti ikan asin, telur asin, makanan yag diawetkan.
Ada 8 jenis diet DM. Penetapan diet ditentukan oleh keadaan pasien, jenis DM, dan program pengobatan secara keseluruhan. Namun bahan makanannya secara umum seperti diatas. Untuk porsi tiap bahan makanan tergantung dari keadaan pasien krn masing2 dr 8 jenis diet DM tersebut, porsinya berbeda2.  jika DM disertai  dengan komplikasi penyakit lain, maka jenis dietnya bisa berbeda.


PERTANYAAN 44
❓ Amankah susu steril seperti susu cap beruang diminum oleh ibu hamil?

JAWABAN
tidak mengapa ibu hamil mengkonsumsi susu cap beruang krn memang ibu hamil sangan membutuhkan penambahan zat-zat gizi maka susu cap beruang bisa menjadi salah satu pilihan.


PERTANYAAN 45
❓Bagaimana dg susu kotak cair UHT? apakah tidak mengapa sering dikonsumsi anak 2th?karena dibuatkan susu dr susu bubuk dia tdk mau.

JAWABAN
tidak mengapa anak 2 tahun diberi susi UHT, bahkan itu bisa menjadi salah satu pilihan sumber zat gizi dari susu.


PERTANYAAN 46
❓Apakah buah alpokat bagus untuk anak usia 10bln?

JAWABAN
Bagus ibu buah alpukat untuk anak krn buah alpukat mengandung zat-zat gizi yg penting terutama asam folat yg bagus untuk perkembangan otak anak. variasikan makanan anak agar semua zat gizi yg dibutuhkan anak terpenuhi.


PERTANYAAN 47
❓Saya berusia 20 th, BB saya 51,TB nya 144,apakah dengan BB saya tersebut saya termasuk kegemukan?dan bagaimana caranya untuk menurunkan BB ny?

JAWABAN
Dihitung dr BMI anti hasilnya memang diatas untuk rentang BB normal, maka diet untuk mengurangi BB biasanya menggunakan diet rendah kalori, yaitu diet dgn memilih dan memasak makanan rendah kalori.
seperti :
lebih memilih cara memasak makanan dgn direbus, meminimalkan penggunaan minyak dlm makanan, perbanyak konsumsi sayur2an dan buah2an  hindari cemilan seperti: makanan2 ringan dan manis tp pilihlah cemilan buah2an yg rendah kalori spt apel, tomat, pepaya dll.


PERTANYAAN 48
❓Apakah mengkonsumsi sayur-sayuran hijau seperti bayam,kangkung,sawi,katu dll bersamaan dengan tempe/tahu tidak baik bagi kesehatan.

JAWABAN
tidak masalah mengkonsumsi sayuran dgn tahu/ tempe.


PERTANYAAN 49
❓Apa saja tanda2 kekurangan kalsium dan bagaimana carany memenuhi kebutuhan kalsium tersebut jika kita sudah mengalami kekurangan kalsium?

JAWABAN
tanda kekurangan kalsium seperti lemah tulang, saraf kaku dan mudah lelah. Solusinya konsumsilah makanan tinggi kalsium seperti produk susu dll serta berolahraga.


PERTANYAAN 50
❓Anak ana usia 9 bulan lebih, (7hri) tiap ana kasih makan bubur, bubur saring. Selalu dia gak mau, dia lebih suka biskuit yg bisa di pegangnya,  juz buah,buah, puding kadng mau kadang gak,  akhirnya ana gak setiap hari memberikannya, karna kadang dia mau kadang gak.. 
Apakah itu akan berketerusan hingga dia besar (tidak suka nasi) ?

JAWABAN
kuncinya variasikan makanan baik dari jenis, bentuk dan rasa  agar anak tetap mau makan dan tidak bosan. Nasi bisa dganti dengan kentang, mie, makaroni, atau roti. Biskuit hanya sebagai selingan saja.
Bisa dengan Ajak anak makan bersama dg ortu dan anggota keluarga lainnya, sehingga anak merasa ada teman makan. Atau bisa juga biarkan anak memegang sendoknya sendiri tapi tetap diawasi.


Pertanyaan no.51-57
dijawab oleh:
✒ Syifa Ummu Abdirrahman,S.Farm., Apt.

-------------------------
PERTANYAAN 51
❓apa obat herbal untuk menurunkan demam anak?
 
JAWABAN
✔Kunyit.
Caranya:
■Cuci bersih sekitar 10 gram umbi kunyit.
Parut lalu tambahkan 1/2 gelas air panas,
lalu aduk sampai rata.
■Setelah menjadi dingin, peras, ambil sarinya saja.
■Tambahkan juga dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Campurkan dengan 2 sdm madu, aduk sampai rata.
■ Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, selanjutnya berikan 3 kali sehari pada orang atau anak-anak yang mengalami panas.
✔Bawang merah.
Caranya :
■kupas sebanyak 5 butir bawang merah.
■Selanjutnya parut kasar dan tambahkan pula dengan minyak kelapa secukupnya.
》Cara menggunakanya cukup balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh pada anak yang mengalami panas.

 
PERTANYAAN 52
❓suami ana kan suka gatal2 merah2 di seluruh badan kalau lagi gatel itu sampai matanya ikut merah. 2hari sekali dia harus minum obat (CETIRIZINE). kalau gak minum lebih dari 2hari pasti dia gatel2.masa dulu dia remaja juga sering gatel2,tp pas dia di malaysia dia ga gatel2 lagi.trus pas plg ke indonesia dia kumat lagi gatel2ny.
pertanyaannya:
setiap 2hari sekali harus minum obat(cetirizine)apakah ketergantungan obat itu gak apa2?

JAWABAN
Pemberian obat alergi untuk penderita alergi bukan jalan keluar utama yang terbaik. Pengobatan yang paling tepat adalah dengan menghindari alergen (pemicu alergi), perawatan yang benar untuk menjaga supaya jangan selalu kambuh. Harus dicermati apakah yang menyebabkan timbulny gatal-gatal tersebut? Apakah cuaca dingin, makanan atau debu atau yang lainnya, maka sebisa mungkin pemicu alergi tersebut dihindari.
Hal yang penting adalah perawatan agar kulit terjaga kelembabannya karena kulit yang kering dapat memicu rasa gatal.
Minum air yang cukup dan penggunaan pelembab yang mengandung minyak diperlukan terutama malam hari di tempat yang sering gatal.
 

PERTANYAAN 53
❔Saya sedang hamil 6 bulan,apakah tape ketan/singkong dan minuman jahe mempunyai efek yg kurang baik bagi kandungan?

JAWABAN
Konsumsi dalam jumlah sedikit & wajar in syaa Allah tidak mengapa. Terdapat sumber yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi tape tidak bagus untuk perkembangan janin, hal ini jika mengkonsumsi tape dalam jumlah banyak.


PERTANYAAN 54
❔Teh pahit untuk obat mencret anak usia 15 bulan apakah boleh,kalau tidak boleh alternatif lain apa?

JAWABAN
Boleh, namun cukup 1 sendok teh 3xsehari

 
PERTANYAAN 55
❔Ibu baru operasi pengangkatan kantung empedu 19 januari 2015. qodarullah ibu batuk,  bolehkah minum obat batuk vicks formula 44? disitu ada tulisan : "hati-hati bila digunakan pada penderita dengan gangguan fungsi hati." ?

JAWABAN
Sebaiknya jangan minum obat batuk tersebut. Mungkin bisa dicoba cara alami yang mudah & aman:
- Memanfaatkan jeruk keprok. Pilih 1 buah jeruk keprok yang sudah masak, kupas & peras daging buahnya.
Saring lalu diminum skaligus.
- Minumlah air perasan jeruk nipis dengan kecap atau madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

 
PERTANYAAN 56
❔Adakah herbal untuk menghilangkan ketombe, dan melebatkan rambut?

JAWABAN
Berikut ini cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan ketombe:
- Air jeruk purut 100ml tambah air nanas 200ml tambah santan 100 ml. Campur smua bhn jd 1.
-Masukkan dlm wadah tertutup. Gunakan sbg sampo 3-4 x seminggu.
- Mengoleskan 2 sendok makan perasan air jeruk nipis pada kulit kepala anda, lalu pijat-pijat sedikit kulit kepala anda biar meresap. Setelah itu, diamkan.
-beberapa menit kemudian bersihkan rambut anda menggunakan air. 
Untuk menghilangkan ketombe dan menyuburkan rambut:
✔ Lidah buaya
Caranya:
- Ambil 1buah lidah buaya kemudian cuci bersih dan belah menjadi 2 bagian.
-Sebelum mengoleskan isi daging lidah buaya, pastikan rambut sudah dikeramas sebelumnya.
-Dengan keadaan rambut kering, oleskan isi daging lidah buaya ke seluruh bagian kulit kepala secara merata.
-Kemudian bungkus kepala dan rambut dengan handuk bersih.
-Esok harinya bilas rambut sampai besih.
-Lakukan cara ini selama 3 bulan sampai diperoleh hasil yang maksimal.
✔Minyak zaitun 
Caranya:
-dengan membalurkan minyak zaitun secara merata ke kulit kepala dengan di pijat perlahan.
-kemudian tunggu hingga 30 menit agar minyak meresap
-yang terakhir bersihkan kulit dengan keramas menggunakan shampo.
 

PERTANYAAN 57
❔Saya pernah membeli sebuah produk anti strech mark..komposisinya ada elastin dan allantoin..yg ingin sy tanyakan kedua bahan tadi manfaatnya apa? Dan halal kah?

JAWABAN
Elastin mempertahankan elastisitas kulit, mencegah keriput dan mengurangi kerusakan UV pada kulit.
Allantoin menyembuhkan luka, membantu perawatan kulit melawan radikal bebas, merangsang regenerasi sel.
Mengenai halal atau haramnya Wallahu A'lam. Namun sejauh ini belum mendengar tentang keharamannya.
 

 Soal 58-60 dijawab oleh :
✒bidan Ummu Rufaidah

--------------------------
PERTANYAAN 58
❔Selama 1,5 tahun saya tidak haid dan baru mengalami haid satu kali setelah umur anak 1,5 tahun,setelah itu tidak haid lagi,apakah ini normal bagi ibu menyusui?

JAWABAN
normal insya Allah. menyusui bisa menjadi salah satu KB alami, yaitu metode Amenhorea lactasy . dia mnyebabkan tdk haid slma menyusui, tentunya ini tdk bs di samkn pd setiap wanita, hal ini bs trjd krna apabila belum mendapatkan menstruasi kembali setelah melahirkan,
Bayi hampir 100% hanya meminum ASI,
Bayi belum berusia 6 bulan, Menyusui minimal 10x dlm sehari.
namun ada jg yg mengatakan dipengaruhi keturunan jg (ini wallahu a'lam).
☝Tp ana sarankan utk tetap hati2, supaya tidak trjd kehamilan yg tidak diinginkan.
 

PERTANYAAN 59
❔ana sedang hamil 7 bln anak ke 4, 3 kehamilan sebelumx tdk ada masalah dan sebagai tambahan data ana hamil tiap tahun berturut2. Dan belakangan ini sering pusing, penglihatan berputar2, dan tdk bisa mendengar suara keras,atau kalau berbicara langsung pusing, telinga terasa  peka terhadap suara, selain itu suka berkeringat lebih diwajah, ana sdh periksa ke bidan tensi ana normal dan tdk anemia katany, tp ana blm cek HB lansung, hanya itu kata bidan dan diberi vitamin saja... apa yang menyebabkan sakit kepala yang sering kumat? Biasa 1 atau 2 hri sembuh, 4 hari  kemudian kambuh lagi dan ini sdh berlansung hampir 3 pekan. ana gk pernah minum obat pereda sakit takut berpengaruh pd janin, jadi ana hanya pake herbal jahe parut dibalurin di kening.

JAWABAN
pusing saat hamil bisa dikarenakan bbrp sebab, bisa karena:
1. tidak makan,
  ■ karena janin akan menyedot semua nutrisi yang ada dalam tubuh . Tubuh akan mencukupi nutrisi janin terlebih dahulu sebelum mencukupi nutrisi ibu. Itulah sebabnya perempuan hamil disarankan untuk makan setiap beberapa jam. Jika anti tidak makan untuk waktu yang lama, kadar glukosa mungkin akan turun sehingga menyebabkan pusing.
2. Berdiri untuk waktu yang lama,
   ■Setelah memasuki trimester ketiga, berdiri untuk jangka waktu yang panjang bukan hal yang bagus. Berdiri menyebabkan penumpukan darah di kaki dan memotong suplai oksigen ke otak. Hal ini dapat mengakibatkan pusing dan mungkin akan pingsan. 
3. Tekanan darah naik-turun,
   ■Perubahan hormonal saat kehamilan dapat menyebabkan tekanan darah naik dan turun. Jika tekanan darah Anda turun dengan cepat Anda akan mulai merasa pusing dan berkeringat
4. Anemia,
  ■Kekurangan zat besi sering sekali dialami perempuan kehamilan. anti perlu rutin mengecek kadar hemoglobin dan mengonsumsi suplemen zat besi supaya tidak pusing.
Ahsannya anti coba utk cek Hb.
 

PERTANYAAN 60
❔Apakah ada cara lain selain dengan USG untuk mengetahui detak jantung janin dalam kandungan, seperti dengan meraba denyut nadi pada orang dewasa tanpa stetoskop?

JAWABAN
utk mengetahui detak jantung janin selain mggunakan USG bsa mggunakan laenaec (linec) atau doppler. utk linec dibutuhkan kepekaan telinga dan ketelitian mnghitung detak janin mggnkn jam dalam satuan menit, dikarenakan alat ini memanglah sngt sederhana.
yg kedua doppler, doppler skrg sdh agak canggih, shg trdpt layar kecil utk mngtahui detak janin tnpa hrs mnghitungnya, dan doppler ini bsa di stel volumenya.

Soal 61-62 dijawab oleh:
✒ bidan Ummu Rufaidah

----------------------
PERTANYAAN 61
❔ Selama 1,5 tahun saya tidak haid dan baru mengalami haid satu kali setelah umur anak 1,5 tahun,setelah itu tidak haid lagi,apakah ini normal bagi ibu menyusui?

JAWABAN
normal insya Allah. menyusui bisa mjd salah satu KB alami, yaitu metode Amenhorea lactasy . dia mnyebabkan tdk haid selama menyusui, tentunya ini tidak bisa disamakn pada setiap wanita, hal ini bisa terjadi krna apabila belum mendapatkan menstruasi kembali setelah melahirkan,
Bayi hampir 100% hanya meminum ASI,
Bayi belum berusia 6 bulan, Menyusui minimal 10x dlm sehari.
namun ada jg yg mengatakan dipengaruhi keturunan juga (ini wallahu a'lam).
tapi ana sarankan untuk tetap hati2, supaya tidak terjadi kehamilan yg tidak diinginkan

 
PERTANYAAN 62
❔Apa ciri ciri haidh tidak normal?

JAWABAN
haid yg tidak normal butuh pembahasan yg panjang tentunya. bisa karena waktu siklusnya, misalkan haidnya tidak kunjung datang selama 2bulan berturut2 padahal tdk hamil. bisa juga darah yg keluar banyak sekali misalkn 1 jam ganti pembalut. Dan bisa juga dari nyeri haid yg hebat.
 

Soal 3-9 dijawab oleh:
✒bidan Faizah Ummu Abdirrahman,akp

--------------------
PERTANYAAN 63
❔Kalau rasa nyeri buat wanita yang habis keguguran itu biasanya berapa lama dan obat herbal yang bisa mengobati untuk mempercepat pemulihanx apa?

JAWABAN
nyeri yg bagaimana, apakah mules atau bagaimana.
Kalo masih mules kemungkinan masih ada sisa jaringan yg belum bersih.coba
di usg.

 
PERTANYAAN 64
❔Kalo wasir saat hamil bagaimana penanganannya?

JAWABAN
wasir yg parah .nyeri diluar oleskn salep ultraproct misalnya.
Wasir didalam diobati dg anusol supositori.
bisa dibeli di apotek.
Hindari makanan berminyak dan pedas.
Perbanyak makan sayur.

 
PERTANYAAN 65
❔Terapi lintah itu bagaimana?
 
JAWABAN
Terapi lintah disebut jg hirudo therapi. Karena lintah yg digunakan bukan sembarang lintah akan tetapi yg jenisnya Hirudo medicinalis.
Lebih dari 650 spesies lintah yang dikenal dalam genus Hirudo -lah, yang paling sering digunakan dalam terapi medis. Mulutnya memiliki tiga rahang, masing-masing memiliki sekitar 100 gigi kecil. Ini juga memiliki alat penghisap yang digunakan untuk menempel.
Ketika lintah hirudo medicinalis  menggigit biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.
Karena air liur lintah mengandung bius ringan).
Periode lampiran berlangsung 30 sampai 60 menit bahkan lebih , selama lintah itu mengisap (darah yang keluar hanya sekitar 5 dan 20 mL).
Ketika lintah menghisap darah, mereka memasukan air liur yang mengandung beragam zat kimia alami.
Telah terjadi campuran yang kompleks, antara darah anda dengan zat-zat :
-Hirudin : zat anti kekentalan darah
-Anti infeksi : ( pinicilin )
-Calin : berfungsi sebagai zat perantara (mediator) dalam proses agregrasi struktur darah yang disebut platelet.
-Destabilase :  produk akhir dari proses pengentalan darah
-Hirustasin : sebagai pelembutan protein menjadi peptone, untaian peptine, peptidase, dst. Peptidase merupakan enzim didalam pencernaan dan usus.
-Bdellins :  mengurangi radang kulit merah, bengkak, sedikit dan gatal yang dialami sekitar 3-4 hari.
-Hyaluronidase : zat anti biotic sehingga “badan lintah” yang dianggap kotor tidak menyebabkan infeksi.
-Egllins : zat anti pembengkakan.
-Anti-koagulan
-Carboxypeptydase alnhibitors : meningkatkan aliran darah disekitar lokasi gigitan.
-Histamin
Di negara2 maju zat Hirudin mengandung pengencer yg diakui aman, karena efek sampingnya sangat minim.
⚠Terapi ini dilakukan dengan melihat kondisi pasien sebelumnya. bila kondisinya kuat..Hb cukup bisa dilakukan 1 pekan sekali, atau lebih bila memang diperlukan dan sesuai dengan penyakitnya. Periksakan lebih dahulu pada ahlinya.

 
PERTANYAAN 66
❔19 bulan yg lalu ana melahirkan secara Caesar,sampai sekrg jika mendekati masa haid atau batuk masih terasa perih di bagian dalam sebelah kanan..apakah hal itu menandakan rahim belum kuat untuk kehamilan lagi?

JAWABAN
perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk jelasnya bisa periksa ke dokter kandungan.
 

PERTANYAAN 67
❔ 2 bln yang lalu ana sesar yg k 3 , stlh itu sdh 2 kali haid. 2 kali haid ini sangat banyak seperti pendarahan..sehari semalam bisa habis pembalut hingga 8 lembar. Apakah ini ada hubungannya dgn sesar sebelumnya ?

JAWABAN
Sepertinya tdk ada hubungannya dg riwayat sc, tapi karena hormon yg blm stabil. Periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan.

 
PERTANYAAN 68
❔berbahayakah vertigo bagi ibu hamil...obat herbal apa yang aman untuk penderita vertigo?
 
JAWABAN
vertigo bs bermacam-macam penyebabnya. ahsan diperiksakan dulu untuk menentukan diagnosa pasti dan herbal apa yg tepat.
 

 PERTANYAAN 69
❔apa benar jk dlm masa haid tidak boleh mengkonsumsi air kelapa muda krn bs mengakibatkan kanker dan darah haid ndak lancar shg darahnya banyak yg tertinggal di dalam dan menggumpal jd kanker?
 
JAWABAN
wallohua'lam insyaAlloh tidak benar.
 

 Soal no. 70 dijawab oleh:
✒Ratna Ummu Yusya,S.Farm.,apt

---------------------
PERTANYAAN 70
❔Ana hamil baru 4w saat periksa ke bidan dikasih obat calcifar, etabion dan selkom c. Amankah ketiga obat itu?  Ana pernah denger bahwa bagi ibu hamil muda jangan terlalu banyak minum vit c..dalam selkom c mengandung vit c 500mg  apakah itu aman?

JAWABAN
sampai sekarang baru dengar kalo vit c bisa bahaya untuk kandungan muda. Setau ana obat2 tsb aman, calcifar merupakan kalcium, etabion penambah darah, selcom c kandungannya vit c,b dll. in syaa Allah aman untuk 4w.
 

 Catatan :
'Afwan kalau jawaban dari pertanyaan2 tersebut mungkin masih banyak kekurangan, disarankan agar juga mengambil jawaban dari sumber lain karena banyaknya keterbatasan kami.
والله اعلم بالصواب

[Grup WA BIKUM]

1 komentar :