Selasa, 10 Februari 2015

Tagged under: , , , ,

Kerriputt...??Nggak Usah Takut..




Bismillaah
13 Robiul Awwal 1436H/ 3 Januari 2015


Oleh: dr.Lina Ummu Abdillah
     Menjadi tua adalah sunatullah yang akan terjadi pada kita semua, namun berbagai usaha banyak dilakukan untuk memperlambat kedatangannya. Ada beberapa faktor yang berperan dalam proses penuaan kulit seperti : umur, genetik, ras/suku, pengaruh hormon, penyakit tertentu (kencing manis, arteriosklerosis, kekurangan gizi dan penyakit autoimun), lingkungan hidup, pekerjaan dan psikis/ kejiwaan seseorang. Berbagai penelitian telah membuktikan, makanan sehari-hari sangat penting dalam memperlambat proses penuaan.
     Sebenarnya, tidak ada makanan yang dapat mencegah timbulnya garis ketuaan, tetapi keriput ini bisa dicegah agar tidak muncul lebih dini, biidznillah. Caranya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat menjaga atau mempertahankan keseimbangan jaringan di bawah kulit. Makanan yang paling baik adalah makanan yang memberi kecukupan kalori setiap harinya dan dapat mempertahankan berat badan normal. Misalnya, seorang wanita berumur 35 tahun dengan berat badan 50 kg membutuhkan 1800 kalori untuk aktivitas ringan, 2000 kalori untuk aktivitas sedang atau 2340 kalori untuk aktiivitas berat. Kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sebaiknya berasal dari makanan yang bergizi.

Beberapa zat yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit :
1.Air, sebagai media pengangkut makanan dan sisa makanan. Makanlah makanan yang banyak mengandung air dan serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan agar proses pembuangan air besar dan air kecil berjalan dengan lancar. Kelancaran pembuangan sisa kotoran akan menyehatkan kondisi kulit insya Allah.
2. Vitamin A, sering disebut vitamin kulit, terdapat dalam produk unggas, ikan, minyak ikan, wortel, sayuran berdaun hijau, melon,6 mangga (munmpung lagi musim...) dan pepaya (yang harganya bersahabat...).
3. Vitamin B kompleks, membantu sirkulasi darah pada kulit, membangun sel-sel atau jaringan tubuh atau melenturkan kulit. Vitamin B kompleks meliputi vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12. Vitamin B kompleks ini terdapat pada : biji-bijian, ikan, keju, ayam, alpukat, kentang, buncis, hati, telur, sayuran berdaun hijau dan kedelai.
4. Vitamin C, penting untuk membuat dan mempertahankan kolagen. Kolagen adalah zat yang memberi kekuatan dan kelenturan kulit. Vitamin C  juga membantu mempercepat proses penyembuhan dan membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit. Semua sayuran dan buah-buahan segar mengandung vitamin C.
5. Vitamin E, memperbaiki sistem sirkulasi darah dan mencegah oksidasi lemak. Juga berfungsi sebagai sarana transportasi, penyerapan dan penyimpanan vitamin A di dalam tubuh. Vitamin E terdapat pada kacang-kacangan dan brokoli.
6. Mineral, berperan menjamin kesehatan kulit. Mineral Zink dapat membantu menyegarkan dan meregenerasi kulit.

    Di samping itu diperlukan keseimbangan antara kerja, istirahat dan olahraga. Olahraga mampu merangsang sirkulasi darah yang baik, memperbaiki nutrisi sel dengan memperlancar metabolisme di seluruh tubuh termasuk kulit. Sel-sel kulit akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu, otot yang terlatih akan mengencangkan kulit di atasnya.
    Kulit merupakan pembatas antara lapisan tubuh dan dunia luar. Setiap perubahan di dunia luar pertama kali dirasakan oleh kulit yang tentu saja akan menimbulkan reaksi dari sistem kulit. Jika usia seseorang telah melewati usia 30 tahunan, sistem pelembab alami seperti kelenjar keringat dan kelenjar minyak akan menurun daya kerjanya, serta adanya penurunan kemampuan kulit untuk menahan air. Akibatnya, lapisan kulit paling atas akan mudah mengering dan mengeriput akibat kelembaban yang kurang tercipta dengan baik.
    Jika keadaan demikian, minum air dalam jumlah cukup, sedikitnya 8-10 gelas air segar setiap harinya, adalah salah satu cara untuk mengganti cairan yang keluar melalui keringat dan saluran kemih sehingga kulit mempunyai cukup cadangan air dari organ tubuh lainnya. Kekurangan cairan dapat membuat kulit menjadi kasar, bersisik dan pecah-pecah. Dalam jangka panjang kulit dapat menyebabkan banyak kerutan dan kehilangan kekencangannya. Hindari banyak mengonsumsi kopi, teh dan kola, karena minuman ini mengandung kafein yang bersifat diuretik (meningkatkan produksi air kencing) sehingga bisa mengurangi cairan tubuh.
    Tips lain untuk memperlambat penuaan kulit : lindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung/berlebihan terutama di siang hari antara jam 10.00 sampai jam 15.00, saat intensitas sinar ultra violet tinggi, selalu menjaga kebersihan kulit, tidak menurunkan berat badan terlalu banyak dalam waktu singkat (idealnya penurunan BB 1-2 kg/minggu) dan cukup tidur/ istirahat.
    Akhirnya, seringnya berpangku tangan, menyernyitkan dahi atau cemberut juga ikut andil dalam mempercepat datangnya keriput melanda wajah kita, karena itu perbanyaklah bersyukur, perbanyaklah bersabar dan perbanyaklah tersenyum ...”Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah bagimu”...
-------------
Berikut  salah satu resep untuk mengencangkan, menghaluskan dan melemaskan kulit, insya Allah :
Bahan :
_______
1. Kuning telur ayam kampung 1 butir
2. Minyak zaitun secukupnya
3. Jeruk nipis 1 buah
Cara penggunaan : Semua bahan dicampur lalu diaduk sampai rata. Kemudian dioleskan pada wajah sampai rata dan transparan, lalu biarkan sampai kering. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.
Gunakan resep ini minimal 2 kali sebulan.
والله اعلم بالصواب

[Grup WA BIKUM]

0 komentar :

Posting Komentar