Sabtu, 21 Februari 2015

Tagged under: ,

MENGENAL DIABETES MELLITUS


MENGENAL DIABETES MELLITUS

Bismillaah


    Diabetes mellitus (atau Kencing Manis) selanjutnya disingkat DM merupakan penyakit kronis seumur hidup yang mempengaruhi kemampuan tubuh kita dalam menggunakan energi yang terdapat di dalam makanan. Ada 4 Tipe yaitu
1. DM tipe 1
2. DM tipe 2
3. DM dalam kehamilan
4. DM tipe lain
   Semua tipe mempunyai kesamaan. Normalnya tubuh kita mengolah gula dan karbohidrat yang kita makan menjadi gula sederhana yang disebut Glukosa. Glukosa merupakan sumber energi sel dalam tubuh kita. Namun sel kita membutuhkan hormon Insulin yang digunakan untuk mengambil Glukosa di dalam aliran darah dan menggunakannya sebagai energi.
  Dengan kita terkena DM maka tubuh kita tidak mampu memproduksi cukup insulin, tidak bisa menggunakan insulin yang sudah tersedia atau kombinasi keduanya. Karena sel tidak bisa mengambil glukosa maka kadar glukosa di dalam darah meningkat. Peningkatan kadar glukosa dalam darah bisa merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata atau sistem saraf kita. Itu sebabnya penderita DM terutama jika tidak diterapi dengan baik dapat terkena komplikasi penyakit jantung koroner, stroke, penyakit ginjal, kebutaan dan kerusakan saraf terutama saraf di kaki.

👉DM tipe 1 merupakan jenis DM yang sering mengenai anak anak atau usia muda umumnya kurang dari 30 tahun. Tubuh penderita tidak mampu memproduksi insulin sehingga membutuhkan insulin dari luar. pengobatan biasanya dengan insulin yang disuntikkan ke tubuh.
👉DM tipe 2 merupakan tipe DM yang paling banyak diderita. Diduga kegemukan dan pola hidup tidak sehat pencetusnya. Untuk yang ini pengobatan bisa dengan obat antidiabet yang diminum atau injeksi insulin atau kombinasi keduannya. Sering mengenai usia diatas 40 tahun.
👉DM dalam kehamilan, sesuai dengan namanya merupakan DM pada ibu hamil. dengan berakhirnya masa kehamilan atau sesudah melahirkan maka akan hilang.
👉DM tipe lain yaitu yang tidak termasuk 3 jenis diatas. penyebabnya banyak misal karena obat-obatan, tumor dan lain sebagainya.

👉GEJALA Diabetes Mellitus (DM):
▶Sering Minum
▶Sering Kencing
▶Sering Makan
(3 Gejala diatas disebut trias gejala klasik)
▶Berat badan menurun
▶Penyembuhan luka lambat
▶Gatal
▶Lemas
▶Sering mengalami infeksi di kulit dan kemaluan
▶Sering mengantuk

⛔Pemeriksaan Laboratorium DM
Seseorang dikatakan DM jika hasil pemeriksaan glukosa darah sewaktu(GDS >= 200) Atau pemeriksaan glukosa darah puasa(GDP>=126). Puasa yang dilakukan biasanya 10 jam.

☝PENGOBATAN
Meliputi 3 faktor
1. Obat-obatan untuk menurunkan glukosa darah
2. Diet DM
3. Olah Raga

ditulis oleh: ADMIN INKES

والله اعلم بالصواب
🍃 Repost Grup BIKUM🍯

0 komentar :

Posting Komentar