Kamis, 05 Februari 2015

Tagged under:

Kumpulan Tanya Jawab Grup BIKUM (Bagian 9)



بسم الله الرحمن الرحيم
Ahad, 11 Rabi'ul Tsani 1436 H/ 1 Februari 2015

✒Dijawab oleh dr. Agustin Aisyah
---------------------
PERTANYAAN 1
❓bagaimana penanganan penderita epilepsi kronis.Tambahan info jika penderita tersbt sdh puluhan tahun menderita epilepsi sejak usia 17th dan sekr usianya sdh 43th..kondisinya sekr sdh sangat mngganggu psikisnya.,cara bicaranya pun sdh tdk terkoordinasi baik,emosi labil.jika penyakitx kambuh dg kejang yg hebat bahkan dalam sehari bisa samp bberapa kali kena serangannya..obat yg diberikan dokter carbamazepin dan phenobarbital nmun jika obat itu dikonsumsi emosinya sangat labil bhkn sering bawaannya marah bhkn mngamuk..mohon penjelsan dan apa pengann dan obat yg bisa mngurangi serangan dan emosinya yg kdang tdak bisa terkontrol tsb.

JAWABAN
pertanyaannya sangat complicated, sebaiknya dibawa ke spesialis syaraf saja


PERTANYAAN 2
❓Apakah tulang hidung yang bengkok harus di operasi atau ada cara yg lain?  Dan terkadang disertai dengan rasa sakit hingga ke kapala.

JAWABAN
Tulang hidung yg bengkok harus dioperasi.


PERTANYAAN 3
❓Ana usia 33th, baru 3bln yg lalu melahirkan anak yg ke9. Ana ingin menunda kehamilan sementara waktu dikarenakan ingin fokus penyembuhan HNP dan thyroid.
Jenis KB apa yg diijinkan secara syariat dan medis utk ana gunakan?

JAWABAN
Bisa memakai KB hormonal baik itu pil,suntik maupun susuk,atau memakai IUD,
silahkan dikonsulkan ke dokter kandungan dan dimusyawarahkan dulu dgn suami.


PERTANYAAN 4
❓apakah aman untuk Ibu hamil muda ( perkiraan usia kandungan 8 minggu ) naik pesawat sekitar 3 jam?

JAWABAN
Aman  In syaa Allaah.


PERTANYAAN 5
❓apakh seorang ibu yang terkena cmv jika ia mengandung maka bayinya jg pasti terinfeksi cmv ?

JAWABAN
Iya bisa, efek pd bayi bermacam2 tergantung usia kehamilan si ibu


PERTANYAAN 6
❓'Afwan dokter apakah balita  sudah bisa mengerti dan merasakan apabila di diamkan atau di marahi maksud ana seberapa besar pengaruhnya pada kondisi psikis anak tersebut?.

JAWABAN

Sudah bisa, sangat berpengaruh pada psikis anak tsb.


PERTANYAAN 7 ❓Jika melakukan tindakan operasi gendang telinga yang robek apakah itu membahayakan syaraf2 disekitar kepala?

JAWABAN
Tidak. pastinya jika ditangani oleh ahlinya,konsultasikan dgn dr spesialis THT


PERTANYAAN 8
❓melanjutkan permintaan bu dokter mengenai riwayat kehamilan brikut datanya:
Umur:34 thn
riwayat kehamilan: 4 kali keguguran abortus spontan dgn usia kehamilan antra 8 sampai 10 minggu.
hasil pemeriksaan:  cmv. Igg: 179 igm: negatif. Igm:  negatif
bgaimna pngobatan nya dok?

JAWABAN

CMV IgG positif artinya anti pernah terkena infeksi CMV, IgM yg negatif menunjukkan anti tidak terkena infeksi yg akut (pada saat ini tidak sedang ter-infeksi cmv), perlu beberapa pemeriksaan lain termasuk golongan darah dan rhesus utk mengetahui penyebab aborsi berulang spt yg anti alami.
sebaiknya konsultasikan dgn dokter kandungan terdekat untuk mengetahui penyebab aborsi berulang serta pengobatan yg tepat.


PERTANYAAN 9
❓Anak ana usia 6 bln batuk2 hampir 3 minggu blm reda2 skrg di tambah flu berat dan kadang2 panas sudah di beri obat oleh 2 dokter,batuknya seperti gatal dan mengeluarkan dahak sampai2 tidurnya terganggu,apakah perlu terapi di uap di rumah sakit?|

JAWABAN
Iya perlu ke RS, selain utk diuap, juga utk mengetahui penyebab batuk dan terapi yg tepat utk anak tsb.


PERTANYAAN 10
❓Anak ana umur 1,5bln sdh beberapa hari ini tiap mlm tidak nyenyak tidur. Sepertinya sulit brnafas krn pilek. Tapi pilek itu hilang jk siang hari
Apa mgkn gejala alergi dok. Sdh 2 hari ini jg agak demam badannya. Mgkn kah krn pilek itu, dan bgaimana cara mengatasinya?

JAWABAN oleh dr. Emi Ummu Khonsa
Jika memang diperhatikan pilek atau mampetnya lebih sering mlam hari mgkin saja di pengaruhi alergi. Sekarang apakah ada riwayat alergi dkeluarga (orgtua,om, pakde bude , tante), apakah minum susu sapi, ato asi ibu, bgaimanaa diet ibunya, ahsannya diperiksakan y umm, klo kemungkinan alergi nanti bisa dtemukan tanda2 lainnya dari pemeriksaan.


Soal 11-15 dijawab oleh
dr. Ika Ummu Azzam

-----------------
PERTANYAAN 11
❓sampaikan berapa hari luka khitan tidak boleh terkena air jika keadaan luka jahitan masih basah?
Jawab : Biasanya 1 minggu, dapat dirawat sendiri di rumah seperti diberikan betadine pada bekas jahitan, d tutup kassa pada bekas jahitannya saja, tdk perlu d tutup semua supaya saat BAK kain kassa tdk basah.
JAWABAN
Biasanya 1 minggu, dapat dirawat sendiri di rumah seperti diberikan betadine pada bekas jahitan, d tutup kassa pada bekas jahitannya saja, tdk perlu d tutup semua supaya saat BAK kain kassa tdk basah.


PERTANYAAN 12
❓ana kurang faham tentang keputihan, yang sering keluar lendir kental,warna kadang putih,kadang agak kuning,yang ana tanyakan sering keluarnya lendir tersebut apakah yang dinamakan keputihan atau bukan dan bagaimana cara mengurangi keluarnya lendir tersebut.
JAWABAN
Keputihan bs normal atau tdk normal, normal disebut kondisi fisiologis dimana konsistensi cair atau kental wrna putih tdk berbau, tdk gatal, biasanya sebelum dan atau sesudah mens, stress, kecapekan.
Tidak normal atau kondisi patologis dimana konsistensi kental, berwrna kuning atau hijau bisa juga berbusa, berbau, gatal biasanya karena bakteri atau jamur. Setelah BAB atau BAK sebaiknya dikeringkan supaya tdk lembab, yg akan mempengarungi kondisi vagina sehigga mudah terinfeksi bakteri atau jamur.
Sebaiknya periksa ke dokter kandungan atau sarana kesehatan yg memiliki fasilitas laboratori untuk mengetahui penyebab dari keputihan tsb.


PERTANYAAN 13
❓apa obat  batuk berdahak untuk anak 4 bulan.sudah 4 hari batuknya.
Sebagai tambahan data; anaknya tdk demam,tdk rewel,bermain seperti biasa.batuknya jg tdk sering,hanya pd saat dingin menjelang fajar.

JAWABAN

Kemungkinan batuk alergi jika tdk menganggu tidak perlu diberikan obat kimia cukup dg sering minum hangat, ckp istrahat, minum vitamin atau madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


PERTANYAAN 14
❓Ap penyebab haidh bisa 1 bulan tdk berhenti itu trjdi setiap tahun 1 kali aja?

JAWABAN

penyebabnya bisa karena gangguan hormon atau ada massa di rahim, sebaiknya periksa ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya.


PERTANYAAN 15
❓Slah satu anggota keluarga sdh lma mngalami infeksi bakteri pada jarikaki bagian jempol yakni ketika kering kulit bagian jari tersebut terkelupas hingga kdang iritasi, setiap periksa hanya diberi salep daktarin yang jika kering akan terkelupas kembali..
Apakah penyebabnya?
JAWABAN
Salep daktarin untuk jamur, kemungkinan karena infeksi jamur biasanya kambuhan, jamur tdk bs langsung sembuh sekali pengobatan minimal 3-4 mgg, lebih baik d periksakan kembali ke dokter atau sarana kesehatan yg memiliki laboratorium apakah kulit terinfeksi jamur atau tidak.


Soal 6-10 dijawab oleh
dr. Dianika Ummu Raihana

-------------------
PERTANYAAN 16
❓Ana ada keluhan pada lutut, kadang lutut ana sebelah kanan berasa tebal, seperti ada yg mengganjal, tidak elastis saat digerakkan, agak linu, Kadang mengganggu sekali hingga ana ga bisa tidur.. Tiap tahun ana  MCU rutin, kadar kolesterol normal, tes darah juga normal,
Ana searching di internet katanya gejala seperti itu adalah rachicities.. Menurut artikel di internet,  konsumsi brokoli, wortel dan nanas bisa mengurangi keluhan gejala tersebut..
Ana belum konsultasi ke dokter ahli tulang langsung..
Bagaimana menurut tim medis BIKUM?  Mohon infonya..
JAWABAN
Perlu pemeriksaan Lebih lanjut tentang keluhan anti tersebut. Belum tentu juga yang anti alami itu rachitis,  karena keluhan seputar tulang banyak sekali diagnosis bandingnya. Rachitis lebih banyak terjadi pada anak-anak, disebabkan kekurangan vitamin D atau kalsium.
Ahsan diperiksakan dulu!


PERTANYAAN 17
❓Akhir" ini ana suka lupa,faedah atau apa saja yg ana dengar atau ana baca klu ana gak tulis pasti gak ingat.umur ana 44 tahun. Kenapa itu ya?
JAWABAN
Ahsan ditanyakan ke ustadz, apa penyebab sering lupa faedah yang anti dengar.. Kalau dari sisi medis secara umum, sering lupa bisa disebabkan usia tua, pernah mengalami cedera kepala, gangguan nutrisi & oksigen untuk otak, terlalu lelah, kurang beristirahat, atau stres.


PERTANYAAN 18
❓Ana melahirkan anak pertama dan kedua melalui proses persalinan cesar.
Berapa kali batas melahirkan melalui cesar?

JAWABAN

Disarankan tidak lebih dari 3 kali melakukan operasi caesar. Semakin sering melahirkan secara caesar, risiko bagi ibu (seperti terjadinya robekan rahim, plasenta menutupi jalan lahir, plasenta lengket, dll) akan semakin besar.


PERTANYAAN 19
❓Apakah benar bahwa ibu menyusui apabila sering minum minuman dingin/es maka bayi jd sering gumoh? Bayi saya 3bln sering selali gumoh bahkan muntah(karena keluarnya banyak).

JAWABAN

In syaa Allah tidak benar.
Sampai usia 1 tahun, wajar jika bayi sering gumoh atau muntah. Yang penting bayi masih aktif menyusu & berat badan naik sesuai grafik normal di KMS.


PERTANYAAN 20
❓Bayi ana usia 8 bulan berat 9 kg, muncul bercak2 putih, ada yg besar dan ada yg kecil, bercak itu timbul dan rasanya bila dipegang empuk, awalnya dari langit2 tenggorok skarang dah 1 minggu sampai ke bibir dan pipi, dia kurang nafsu makannya, tapi masih aktif spt biasa,
disertai batuk berdahak dan pilek skitar 1 minggu, sudah dibawa ke dokter spesialis anak dikasi obat LASAL dan RHINOS NEO, yg ana tanyakan, apa bercak2 putih yg empuk di mulut bayi ana itu?
JAWABAN
'Afwan, ini perlu dilihat langsung bercaknya seperti apa. Ada kemungkinan yang diderita anak anti itu radang tenggorokan. Bercak-bercak putihnya itu seperti nanah, dari sel darah putih dan bakteri yang telah mati, Periksakan ke dokter terdekat.


Soal 21-24 dijawab oleh
  tim gizi BIKUM
-----------------
PERTANYAAN 21
❓Ana punya 1 anak umur 8th dengan tinggi 135 cm dan berat 46 kg..makan normal nutrisi cukup tanpa susu,pakai nasi merah.Alhamdulillah jg jarang sakit,anak aktif tapi kurang cepat berlari.
Bahayakah berat badan anak saya untuk tumbuh kembang nya?

JAWABAN
Perhitungan berat badan ideal anak
(2×umur)+8 = (2×8)+8 = 24 kg
berat badan anak anti termasuk berlebih (overweight), anjurkan agar anak anti berolah raga yang teratur dan mengatur pola makan yang sehat, mengurangi makanan yang berlemak dan mengandung karbohidrat berlebih, sebaliknya banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. penting untuk mengatur pola makan sejak dini, karena diperlukan penanganan overweight maupun obesitas sejak dini pada anak  untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit saat dewasa.


PERTANYAAN 22
❓Bagaimana kita mengatur asupan gizi yg seimbang untuk penderita komplikasi diabet,darah tinggi dan asam urat?

JAWABAN

Untuk menentukan dan mengatur asupan zat2 gizi pasien dengan komplikasi diabet, hipertensi dan asam urat ditentukan sesuai dengan keadaan penyakit pasien,  berat badan, berat ringannya komplikasi sehingga diperlukan riwayat yg jelas mengenai keadaan penyakit pasien, karena pola dietnya dapat berbeda.
Secara umumnya yaitu :
1⃣ hindari makanan yg mengandung banyaK gula, lemak, dan natrium, makanan yg diawetkan,dan makanan yg mengandung tinggi purin seperti jeroan,kaldu, bebek, ikan sarden, kerang,
2⃣untuk makanan yg dibatasi karena kandungan purin sedang misalnya daging, ikan, atau unggas maksimal 1-1 setengah potong sehari, sayuran seperti bayam, daun singkong, kangkung, daun melinjo maksimaln1 mangkok perhari.
3⃣untuk sumber karbohidrat yg dapat dikonsumsi yaitu nasi, ubi, singkong, kentang, jagung. Perhatikan bahan makanan yg diolah menggunakan garam dan soda seperti mie, bihun, roti, biskuit, kue kering sebaiknya dihindari.


PERTANYAAN 23
❓Apakah benar pada bayi usia di bawah 1 th tidak boleh di tambah sedikit garam  atau gula dalam pemberian makanan untuknya?

JAWABAN

Sebaiknya tidak menambahkan garam atau gula pada bayi dbawah 1 tahun karena dapat memperberat kerja ginjalnya. Berikan rasa makanan yang asli pada bayi. Rasa asin dan gurih bisa diperoleh dari kaldu daging. Rasa manis dapat diperoleh misalnya dari labu kuning atau jagung manis. Kombinasikanlah setiap bahan makanan sehingga tidak perlu menambahkan garam atau gula pada makanan si kecil.


PERTANYAAN 24
❓Masih adakah nutrisi yang bermanfaat bagi anak-anak pada sayuran atau buah yang diolah menjadi keripik?seperti keripik wortel,kentang,apel,pisang dan nangka.

JAWABAN
sebenarnya Kandungan gizi kripik buah yang diproses dengan alat penggoreng sistem hampa tidak jauh berbeda dengan keadaan buah segar, karena diproses dengan menggunakan suhu rendah.
Hasil analisis kandungan gizi per 100 gr kripik buah sebagai berikut:
Total gula :31,7 g
Protein : 3,0 g
Lemak :8,6 g
Serat : 4,1 g
Vitamin: 63,3 mg
Kalori:216,4 kkal
Air :5.5 g.
hanya saja jika diolah dengan cara berbeda lagi maka kandungan buah bisa saja berbeda dgn buah segar krn zat-zat gizi pada buah bisa saja hilang atau rusak krn proses pengolahannya.


Soal no. 25-29 dijawab oleh:
✒dr. Nurul Futuchah
--------------------
PERTANYAAN 25
❓Bagaimana caranya menghilangkan bau badan dan keringat yg berlebihan terutama anak -anak akhwat yg beranjak usia baligh?

JAWABAN
Beberapa tips mengatasi bau badan adalah :
- Mandi yang teratur setiap hari dengan menggunakan sabun antiseptik,
-Jika bau badan memberat setelah mengonsumsi makanan tertentu, hindari konsumsi makanan-makanan dengan aroma yang kuat dan beberapa bahan makanan seperti bawang, bawang putih, makanan berlemak, minyak,
-Jagalah agar ketiak dan kaki tetap kering untuk menghambat pertumbuhan bakteri,
- Mencabut bulu ketiak sebelum 40 hari,
- Gunakan pakaian berbahan alami seperti katun dan sutera yang tidak menghambat penguapan keringat tubuh,
- Pastikan mengganti kaos kaki setiap hari,
- Gunakan deodoran,
- Terapi relaksasi untuk mengatasi keringat yang berlebihan karena stres.


PERTANYAAN 26
❓Apakah benar jika masih belum menikah kita dilarang untuk angkat2 barang berat seperti angkat galon isi ,dll karna tidak baik untuk rahim?

JAWABAN
Larangan mengangkat benda2 berat tidak sepenuhnya benar. Mengangkat benda2 berat memang dapat mempengaruhi organ tubuh seperti meningkatkan resiko terjadinya hernia, ambeien, mempengaruhi kesehatan tulang punggung dan tulang bagian bawah, tetapi secara umum tidak mempengaruhi rahim. Jika memang sehat dan tidak memiliki penyakit tertentu yang tidak baik jika mengangkat benda berat, maka tidak mengapa.


PERTANYAAN 27
❓Dulu stlh punya ank ke 1 jemari tangan kanan ana sering kesemutan sampe skrg ank ke 5 sebab nya apa?

JAWABAN
Perlu perincian lagi jari tangan mana yang kesemutan, apakah dipengaruhi dengan posisi tertentu. Karena kesemutan dpt disebabkan oleh banyak hal seperti gangguan peredaran darah akibat terlalu lama pada posisi tertentu, jepitan saraf, gangguan metabolik seperti penyakit gula, kolestrol tinggi, asam urat tinggi, kekurangan vitamin B12, dll


PERTANYAAN 28
❓Sepupu ana umur 2thn 1blan (perempuan) , klau dia sdg tidur pasti hanya di bagian punggungnya berkeringat walaupun pkai AC it sejak usia 6 bulan, afwan keringatnyapun (hambar) ,pernah di periksakan ke dokter ktanya it bisa jdi tanda dri lemah jantung, apkh benar?

JAWABAN

Keringat berlebihan di tangan maupun punggung bukanlah tanda dr lemah jantung seperti yang kebanyak orang sangka. Memang ketika terjadi serangan jantung, dada terasa nyeri, sesak, sampai mengeluarkan keringat yg banyak. Jadi, banyak berkeringat SAJA tanpa disertai gejala lain bukan merupakan tanda lemah jantung, perlu pemeriksaan lain seperti echocardiografi (usg jantung) untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung.
Berkeringat ketika tidur adalah hal yang wajar. Jika memang keringatnya sangat banyak dan menganggu, sebaiknya periksa ke dokter anak untuk evaluasi lebih lanjut.
Untuk solusinya, coba untuk tidur menggunakan baju yang tipis dan menyerap keringat, sirkulasi udara kamar diperbaiki, atau menggunakan kasur yang tidak terlalu panas.


PERTANYAAN 29
❓Bagaimana cara mengobati batuk berdahak pada bayi yang berusia 8 bulan?qoddarullahu batuknya sudah 2 bulan
JAWABAN
Apakah sudah diperiksakan.. ?!
Batuk lama apalagi sampai 2 bulan perlu pemeriksaan lebih lanjut. Batuk lama pada anak bisa disebabkan alergi, merupakan tanda penyakit asma, bisa juga disebabkan bakteri. Ahsan diperiksakan ke dokter terdekat agar tahu diagnosa pasti dan pengobatannya dengan tepat.


PERTANYAAN 30
❓Tolong d jelaskan tentang radang tenggorokan?

JAWABAN oleh dr. Emi Ummu Khonsa
Radang tenggorokan adalah peradangan di sekitar tenggorokan,
yg terjadi berupa pembengkakan dinding tenggorokan, tampak kemerahan, kdang terdapat bintik putih , biasanya ada keluhan sakit menelan.
Penyebab:
-80% infeksi virus biasanya coxsackie dan beberapa virus lainnya.
-20% infeksi bakteri, biasanya sreptokokus,
-Iritasi,
biasanya dari makanan yang masuk, yaitu makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, terlalu panas atau dingin, dan makanan-makanan yang terlalu bergetah termasuk buah-buahan bergetah.
-Alergi
Bisa pada makanan dan minuman, obat- obatan tertentu, cuaca, dan debu.
-Merokok
Gejala :
- Rasa pedih atau gatal dan kering.
- Batuk dan bersin.
- Sedikit demam atau tanpa demam.
- Suara serak atau parau.
- Hidung meler dan adanya cairan di belakang hidung.
Penanganan : Tergantung penyebab.
Dokter akan memeriksa tenggorokan dan kelenjar getah bening di leher. Selain itu juga dengan pemeriksaan laboratorium, tes usap tenggorok, jika ada dugaan diagnosis radang tenggorokan akibat bakteri streptokokus berdasarkan temuan klinis dan epidemiologis.
Obat yg biasa digunakan antibiotik (jika penyebabnya bakteri), analgetik (obat nyeri),  antipiretik(penurun panas), multivitamin, obat kumur.


Soal 31-73 dijawab oleh:
✒dr. Lina Ummu Abdillah

---------------------------
PERTANYAAN 31
❔Apa penyebab dan therapy untuk telapak kaki yang terasa tebal dan panas, apakah gejala kolesterol/ asam urat?
hal ini dialami abah ana usia 50 th.
JAWABAN
Telapak kaki yang terasa tebal dan panas belum tentu disebabkan meningkatnya kolesterol ataupun asam urat. Umumnya peningkatan kolesterol dalam tubuh tidak menunjukkan gejala, namun saat dicek darah akan terlihat bahwa kolesterol dalam darah telah melebihi batas normal. Sedangkan gejala peningkatan asam urat biasanya nyeri di satu atau beberapa sendi yang semakin terasa pada malam hari, kadang persendian bengkak, kulit merah dan tampak mengkilap & pada tahap kronis dapat terbentuk tofus (benjolan).
Lebih baik abah anti diperiksakan saja, karena perlu pemeriksaan fisik termasuk neurologis dan laboratorium untuk menegakkan diagnosa & therapynya.


PERTANYAAN 32
❔Mohon tipsnya untuk mengurangi keluhan mabuk perjalanan.

JAWABAN

Tips untuk mencegah mabuk perjalanan :
1. Pilih posisi duduk yang relative stabil & minim goncangan, dalam mobil di kursi depan, dalam bus pilih di belakang supir agar dapat melihat ke depan, dalam kereta duduk dekat jendela & menghadap lokomotif, dalam kapal laut pilih di dek/kabin tengah terutama bagian bawah, dalam pesawat pilih sekitar sayap & jika perlu dekat jendela.
2. Duduk santai tidak terlalu tegang, usahakan posisi mata sekitar 45 derajat di atas cakrawala, lihat benda yang tidak bergerak & kepala tidak sering bergoyang,
3. Hindari ketegangan & kecemasan,
4. Makan secukupnya sebelum perjalanan, karena saat perut kosong lambung akan memproduksi asam secara berlebihan sehingga membuat iritasi lambung & merangsang mual,
5. Minum obat anti mabuk yang dijual di pasaran 30 menit sebelum berangkat, atau bisa juga dengan mengonsumsi jahe, baik berupa makanan ataupun minuman jahe.
6. Bawa buah untuk bekal yang mengandung air & mudah dimakan spt; apel, jeruk, anggur, pir.
Hindari makanan berbumbu pedas dan berlemak,
7. Jangan membungkuk atau melihat ke bawah, saat kendaraan melaju: membaca, main gadget,dll..
8. Atur sirkulasi udara sehingga udara pengap dalam mobil menjadi segar, saat melintasi jalanan sepi & sejuk bukalah jendela
9. Lancarkan peredaran darah dengan mengepal & melemaskan jari tangan dan kaki berulang, pijat jari dan telapak tangan dengan minyak telon atau kayu putih.
Jika tidak membantu berhentilah di tempat yang memungkinkan untuk menghirup udara dan melemaskan otot.


PERTANYAAN 33
❔Apa benar bra yang berbusa dan berkawat itu bikin kanker payudara?

JAWABAN

Sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan bahwa bra dengan busa tebal & berkawat bisa menyebabkan kanker payudara.
   Hanya saja busa tebal pada bra kabarnya berasal dari limbah daur ulang sehingga dikhawatirkan mengganggu kesehatan kita.
  Sementara kawat pada bra dapat menekan jaringan payudara sehingga dikhawatirkan menyebabkan saluran limfa tertekan ataupun tersumbat.


PERTANYAAN 34
❔Bagaimana mengatasi maag yang bergaz?

JAWABAN

Maaf, ini maksud pertanyaan bagaimana ya? Jika menanyakan terapi sakit maag sudah dibahas pada pertanyaan pekan lalu, mohon dicek kembali.


PERTANYAAN 35
❔Bayi saya sekarang usia 3 minggu (anak pertama). Dulu pada usia 2 minggu muncul ruam pada pantat, leher. Setelah dihentikan pemakaian tisu basah dan sabun mandi ruam berkurang dan kulit mulai halus lagi. Sekarang muncul bintik2 bernanah yg cukup bnyk di kepala padahal setelah muncul ruam yg di pantat dan leher, bayi tdk dipakaikan apa2 (tidak memakai shampo, sabun, bedak, dll hanya minyak telon di badan) Penanganannya yg tepat bagaimana?

JAWABAN

Kemungkinan ruam pada kejadian yang pertama disebabkan alergi kandungan zat pada tissu basah atau sabun mandi. Sedangkan ruam pada kejadian kedua disebabkan infeksi bakteri, karena adanya bintik bernanah. Untuk infeksi bakteri dapat diberikan salep antibiotik & jika luka luas dengan antibiotik minum. Lebih baik diperiksakan ke dokter agar mendapat penanganan sesuai dengan penyakitnya.


PERTANYAAN 36

❔Ana sering sakit kepala sebelah bagian belakang itu kenapa y dan obatnya apa um?

JAWABAN

Sakit kepala sebelah sering diistilahkan dengan migrain.
Migrain gejalanya mirip dengan gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher.
Terkadang migrain muncul sebagai pertanda penyakit serius : hipertensi, penyakit mata hingga tumor.
Maka, jangan sepelekan jika migrain menyerang.
Penyebab utama migrain adalah perubahan hormonal. Terkadang juga dipicu oleh makanan seperti keju, makanan berlemak, minuman beralkohol atau stress, depresi atau kurang tidur, cahaya tajam/ menyilaukan, dsb.
✔Cara mengatasi migrain :
1. Istirahatkan di tempat tenang dan gelap,
2. Kompres kepala dengan air dingin/ es agar pembuluh darah menyempit,
3. Hangatkan leher, berikan pijatan lembut..
4. Minum obat pereda sakit, harap dikonsultasikan dengan dokter.


PERTANYAAN 37

❔Apa jika kolesterol naik bisa menyebabkan salah satu tangan dri lengan atas sampai bawah dan dada depan sebelah kanan terasa sakit?

JAWABAN
Umumnya peningkatan kolesterol dalam tubuh tidak menunjukkan gejala. Lebih baik diperiksakan saja ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik, neurologis ataupun Rontgen dan EKG jika diperlukan untuk menegakkan diagnosa sehingga dapt di therapy sesuai penyakitnya.

Soal 8-10 dijawab oleh:
✒ bidan Ummu Rufaidah

---------------------------
PERTANYAAN 38
❔Ana baru menyusui selama 2,5 bln,kadang mengalami keluhan payudara terasa sakit seperti ada benjolan dan asi tdk keluar, bgmn cara mengatasinya?

JAWABAN
mungkin yg anti maksud dalam bahasa jawanya mbangkaki kah? atau terasa bengkak sehingga air susu keluar sedikit atau hampir tidak keluar. hal ini bisa disebabkan karena jarang menyusui atau si bayi tidak kuat dalam menyusu. untuk itu in syaa Allah bisa diatasi dg rajin2 menyusui dan melakukan breastcare/perawatan payudara.
Berikut teknik sederhana breastcare :
A.  Tuangkan minyak atau baby oil secukupnya.
B.  Kedua telapak tangan berada di antara kedua belah payudara lalu diurut dari atas ke samping lalu kebawah dan menuju ke puting susu dengan mengangkat payudara perlahan-lahan, pemijatan dilakukan 30 kali.
C. Telapak tangan kiri menyokong payudara sebelah kiri dan tangan kanan dengan sisi kelingking mengurut payudara mulai dari pangkal dada kearah puting susu, demikian dengan payudara sebelah kanan dan dilakukan sebanyak 30 kali.
D.  Sokong payudara kiri dengan tangan kiri, payudara kanan dengan tangan kanan, 2 atau 3 jari tangan berlawanan membuat pemutaran sambil ditekan, dari pangkal payudara dan berakhir pada puting susu, setiap payudara  kali gerakan.
Biasanya dg rutin melakukan pemijatan tersebut benjolan akan hilang dan asi kembali keluar. Memang terasa sakit sekali saat memijatnya tapi tahanlah bisa sambil di susu-kan ke bayi.
Dan sering2lah menyusukan ke bayi tiap 2jam, jika bayi tidur bangunkan.
Jika benjolan masih ada ahsan mnghubungi dokter atau bidan terdekat, karena perlu palpasi/perabaan yakni benjolan terletak pasnya dimana, menetap ataukah tidak dan pemeriksaan lainnya.

PERTANYAAN 39
❔ana hamil muda, apakah boleh ana membersihkan pusar ana?
klo boleh dg cara bgmn?ana takut klo pusar ana ada hubungannya dg janin.

JAWABAN
hubungan pusar ibu dengan janin tidak ada.
tidak mengapa membersihkan pusar yakni bs dg kapas/ cotton bud dibasahi minyak Zaitun atau baby oil, bersihkan dg pelan2.

PERTANYAAN 40
❔Biasany ana klo haid it maju klo 2/3 hri um,,tp ini ana haid maju 8 hri umm,ap ni normal? kmrn haidy tgl 3 ,terus ini haid lg tgl 25 um..

 JAWABAN
jika sesuai dg data yg anti sebutkan maka in syaa Allah normal. jarak rentang normal siklus haid adl 21-35, namun memang idealnya 28hari.


Soal 41-43 dijawab oleh:
✒bidan Faizah Ummu Abdirrahman,akp

--------------------------
PERTANYAAN 41
❓adakah therapy untuk sembuhkan syaraf terjepit selain fisioterapi?
karena fioterapi jga blm ada perubahan.
JAWABAN
Syaraf kejepit bisa ditherapy dg therapy pembetulan tulang belakang atau di istilahkan kiropraktik atau yumeiho.
Otak manusia yg mengirim energi keseluruh tubuh dalam perjalananya melalui sistem syaraf yg ada disepanjang tulang belakang.bila terjadi dislokasi/pergeseran dapat mengakibatkan gangguan transmisi rangsangan syaraf(syaraf kejepit)
Jika tulang belakang dierbaiki,kerja syaraf akan mnjadi normal, in syaa Allah.
Tambahan :
✒dr.ika Umm 'Aisyah.,akp
Terapi Yumeiho adalah suatu teknik penyembuhan diri sendiri dengan pembetulan posisi tulang-tulang seluruh tubuh dan mengendorkan otot-otot.
Gerakan-gerakan manipulasi pada Yumeiho dilakukan dengan mengerakan sendi-sendi secara menyeluruh dengan tulang pinggul sebagai pusatnya.
Terapi ini ditemukan oleh Masayuki Saionji.
Ia menggabungkan metode yang berbeda dari berbagai negara dan dipilih yang terbaik untuk teknik baru.
Metode ini menggabungkan keuntungan berbagai pijatan, memulihkan sendi-sendi yang terkilir dan menata kembali tulang2 dengan cara menarik; pembetulan dan tekanan-tekanan vertikal, yang banyak memberi hasil kesembuhan.
Dislokasi tulang pinggul adalah penyebab utama rasa sakit pada pinggul, bahu dan penyakit organ-organ dalam yang banyak diderita oleh masyarakat.
Orang yang mengalami dislokasi tulang pinggul, maka tulang punggung menekan syaraf-syaraf dan menyebabkan gangguan fungsi otot, sendi-sendi dan seluruh organ tubuh lainnya.
Banyak kasus sebenarnya bisa disembuhkan, salah satunya adalah problem saraf terjepit. Biasanya terjadi pada bapak atau ibu pada usia paruh baya dimana mereka mengangkat sesuatu sebab posisinya kurang pas lalu seperti terjadi rasa keseleo pada tulang punggungnya. Biasanya diikuti rasa nyeri yang sangat. Pada perjalanannya, semakin lama rasa nyerinya tidak hilang-hilang, bahkan bisa memicu timbulnya permasalahan lain seperti permasalahan pada organ pencernaan, sering pusing, gampang capek letih-lemah-loyo, permasalahan seksualitas, hingga tidak jarang memicu terjadinya kelumpuhan.
✔Manfaat Terapi Pijat Yumeiho :
- Relaksasi lengkap dan mendalam dari otot, jaringan, artikulasi seluruh tubuh Anda. Urutan klasik berlangsung sekitar satu jam.
- Kenyamanan :
         Anda hanya perlu duduk atau berbaring di matras atau selimut tebal.   tidak perlu untuk minyak pijat dan tidak usah  melepaskan pakaian
- Kesehatan
      Terapi ini bukan untuk semua orang. Pasien yang menderita demam, TBC osteoporosis, penyakit paru, penyakit ginjal dan kanker harus menghindari jenis terapi.
⚠Tidak dianjurkan juga jika sedang menstruasi, dan pada perut penuh karena yang terbaik adalah menunggu sekitar tiga jam setelah makan dalam rangka untuk therapy agar
bekerja dengan baik.

PERTANYAAN 42
❓Bagaimana hukum berbekam pada hari Rabu?
JAWABAN
Yg ana pahami sampai sekarang kl tujuannya untuk penyembuhan kapan pun waktunya asal syarat kelayakan fisik untuk bekam terpenuhi maka tdk apa.
Tambahan:
✒dr. Ika Ummu Aisyah

Bahwa hadits -hadits yg menyebutkan tentang tidak bolehnya bekam pada hari selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu, ahad semuanya Maudhu' , sanadnya kacau. Lihat kitabnya Ibnul Jauzi, Al Maudhu'at.

PERTANYAAN 43
❓Apa herbal untuk tumit yg sakit krn rematik?

JAWABAN
dr. Ika Ummu Aisyah,akp
secara TCM (traditional chinese medicine) penyakit rematik ada banyak penyebabnya, karena patogen angin, dingin lembab, panas, mana yg lebih dominan, ataukah rematik kronis smua itu ada analisisnya tersendiri untuk kemudian dapat ditentukan herbalnya dg tepat. Jadi ahsan periksakan ke ahlinya yg berkompeten.


Soal 44-46 dijawab oleh:
✒Ratna Ummu Yusya,S. Farm.,apt
------------------
PERTANYAAN 44
❓Benarkah tupai bisa jadi obat asma??
JAWABAN
Tupai sebagai obat asma belum ana temukan penelitiannya.

PERTANYAAN 45
❓Ana umur 23tahun  penderita magh /GERD dan akhir akhir ini ana punya keluhan sakit perut bagian bawah. Sekitar rahim ana. apakah boleh penderita magh/GERD meminum kunyit Asam?

JAWABAN

Sebaiknya jangan mengkonsumsi kunyit asam bila
memiliki gangguan pencernaan.


PERTANYAAN 46

❓Anak pertama ana umur 4 thun giginya bermasalah. Jadi, 1 gigi blkang sblh kanan sdh rpuh tinggal gusinya saja... adakah obat herbal untuk meredakan jk giginya sedang sakit?

JAWABAN

Obat herbal untuk mengurangi nyeri seperti minyak cengkeh atau rebusan bunga cengkeh untuk berkumur. Tapi penggunaannya bersifat sementara.
Sebaiknya juga jangan sering2.
Bisa ditambahkan propolis, minyak habatussauda dan sirih.
Jika sudah tidak sakit lagi, segera bawa ke dokter gigi.


Soal 7-10 dijawab oleh:
✒ dr. Emi Ummu Khonsa

------------------
PERTANYAAN 47
❓ana kalau minum air dingin itu suka langsung pusing banget..
Itu kenapa ya,um??

JAWABAN

Ketika tubuh dimasuki minuman dingin, suhu tubuh secara keseluruhan ikut turun termasuk otak. Otak sgat sensitif terhadap suhu. Untuk menjaga agar otak tetap bekerja dengan baik, maka pembuluh darah di bagian tersebut melebar sehingga aliran darah meningkat dan suhunya tetap terjaga. Namun proses ini terjadi secara singkat, lalu dilanjutkan dengan penyempitan pembuluh darah. Perubahan yang terjadi begitu cepat di dalam rongga kepala yang di batasi oleh tempurung membuat otak merasa tertekan dan memicu rasa nyeri di kepala. Biasanya orang dengan riwayat migrain lebih rentan mengalami masalah ini.

PERTANYAAN 48
❓Ana pernah dengar bahwa selulit itu bukan penyakit,yang ana mau tanyakan selulit itu ciri-cirinya seperti apa?

JAWABAN

Selulit merupakan lemak berlebih yg membentuk jaringan parut &dapat dideteksi dengan cara menekan kulit.
Ketika kulit ditekan dan membentuk jaringan seperti kulit jeruk, itulah yang disebut selulit.
Selulit muncul ketika banyak lemak menumpuk & terjebak dalam rongga-rongga kulit sehingga kulit tampak seperti bergelombang atau sprti kulit jeruk.
Selulit banyak dijumpai disekitar bokong, paha bagian belakang, pinggang & payudara.
✅Penyebab :
Kegagalan pengeluaran racun(detoksifikasi) di area tertentu kulit, sehingga timbunan lemak menumpuk di dalam ruang sel lemak & mendesak ke kulit bagian atas (lapisan dermis dan epidermis)
Faktor yg dapat mempengaruhi diantaranya; faktor hormon, genetik, kurang minum air putih, kurang konsumsi sayur/buah, kurang berolahraga, obesitas.
✅Penanganan:
Berbagai metode yg digunakan hingga saat ini hanya berfungsi menyamarkan, belum dapat menghilangkan secara smpurna.
Yaitu diantaranya dengan :
1. Pencegahan terhadap faktor pencetus timbulnya selulit,
2. Dengan cara non invasive (bukan operasi) seperti :
massage, radio frekuensi, laser dan terapi sinar.
3. Dengan cara invasive untuk mengatasi selulit :
sedot lemak, mesoterapi, subsisi termasuk dengan krim topikal dan terapi karboksi.
✅Pencegahan:
- Olahraga 3x dalam seminggu, kontinue selama 20-30 menit
- Mengatur pola makan.
⚠Hindari :
1. Makanan Bergula Tinggi
    makanan/minuman yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan mengerasnya kolagen. Hal ini menyebabkan aliran darah jadi terhambat. Terganggunya aliran darah ini tentu bisa menyebabkan selulit, karena lemak terjepit di antara otot-otot.
2. Makanan Bergaram Tinggi
     makanan jenis ini akan menyebabkan tubuh bereaksi
menghilangkan kelebihan garam tersebut dengan cara
menahan cairan dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi garam
tidak lebih dari lima gram per hari.
3. Lemak Jenuh dan Trans
     Lemak jenuh & trans dalam sekejap bisa melipatgandakan jumlah radikal bebas. Lemak jenuh umumnya ditemukan dalam produk hewani, seperti daging dan full-fat dairy products. Sedang lemak trans terdapat dalam margarin.
☝Perhatikan diet kita dengan lebih banyak konsumsi sayur buah, protein, dan cukup minum air putih ( minimal 8 gelas sehari)
Sedikit perbandingan dengan pertanyaan minggu sebelumnya tentang stretch mark .
Stretch mark merupakan suatu kondisi rusaknya lapisan kedua pada epidermis dan tidak ada hubungannya dengan lemak seperti selulit. Stretch mark bisa terlihat jelas tanpa harus menekan kulit terlebih dahulu.

PERTANYAAN 49
❓Berbahayakah bumil jika mengkonsumsi air es? Apakah mempengaruhi janin terutama besar kecilnya ukuran janin?
JAWABAN
Air es tdk bahaya untuk bumil, tdak ada penelitian yg mbuktikan air es mempengaruhi janin ato berat janin.

PERTANYAAN 50
Apakah mengkonsumsi  penambah darah sampai masuk waktu persalinan itu bagus?

JAWABAN

Tablet tmbah darah sebaiknya diteruskan smpai mlahirkan.

Soal 51-53 dijawab oleh:
✒bidan Faizah Ummu Abdirrahman,akp

--------------------------🍊
PERTANYAAN 51
❓adakah therapy untuk sembuhkan syaraf terjepit selain fisioterapi?
karena fioterapi jga blm ada perubahan.

JAWABAN

👉 Syaraf kejepit bisa ditherapy dg therapy pembetulan tulang belakang atau di istilahkan kiropraktik atau yumeiho.
Otak manusia yg mengirim energi keseluruh tubuh dalam perjalananya melalui sistem syaraf yg ada disepanjang tulang belakang.bila terjadi dislokasi/pergeseran dapat mengakibatkan gangguan transmisi rangsangan syaraf(syaraf kejepit)
Jika tulang belakang dierbaiki,kerja syaraf akan mnjadi normal, in syaa Allah.
Tambahan :
✒dr.ika Umm 'Aisyah.,akp
👉Terapi Yumeiho adalah suatu teknik penyembuhan diri sendiri dengan pembetulan posisi tulang-tulang seluruh tubuh dan mengendorkan otot-otot.
Gerakan-gerakan manipulasi pada Yumeiho dilakukan dengan mengerakan sendi-sendi secara menyeluruh dengan tulang pinggul sebagai pusatnya.

Terapi ini ditemukan oleh Masayuki Saionji.
Ia menggabungkan metode yang berbeda dari berbagai negara dan dipilih yang terbaik untuk teknik baru.
Metode ini menggabungkan keuntungan berbagai pijatan, memulihkan sendi-sendi yang terkilir dan menata kembali tulang2 dengan cara menarik; pembetulan dan tekanan-tekanan vertikal, yang banyak memberi hasil kesembuhan.
Dislokasi tulang pinggul adalah penyebab utama rasa sakit pada pinggul, bahu dan penyakit organ-organ dalam yang banyak diderita oleh masyarakat.
Orang yang mengalami dislokasi tulang pinggul, maka tulang punggung menekan syaraf-syaraf dan menyebabkan gangguan fungsi otot, sendi-sendi dan seluruh organ tubuh lainnya.
Banyak kasus sebenarnya bisa disembuhkan, salah satunya adalah problem saraf terjepit. Biasanya terjadi pada bapak atau ibu pada usia paruh baya dimana mereka mengangkat sesuatu sebab posisinya kurang pas lalu seperti terjadi rasa keseleo pada tulang punggungnya. Biasanya diikuti rasa nyeri yang sangat. Pada perjalanannya, semakin lama rasa nyerinya tidak hilang-hilang, bahkan bisa memicu timbulnya permasalahan lain seperti permasalahan pada organ pencernaan, sering pusing, gampang capek letih-lemah-loyo, permasalahan seksualitas, hingga tidak jarang memicu terjadinya kelumpuhan.
✔Manfaat Terapi Pijat Yumeiho :
- Relaksasi lengkap dan mendalam dari otot, jaringan, artikulasi seluruh tubuh Anda. Urutan klasik berlangsung sekitar satu jam.
- Kenyamanan :
         Anda hanya perlu duduk atau berbaring di matras atau selimut tebal.   tidak perlu untuk minyak pijat dan tidak usah  melepaskan pakaian
- Kesehatan
      Terapi ini bukan untuk semua orang. Pasien yang menderita demam, TBC osteoporosis, penyakit paru, penyakit ginjal dan kanker harus menghindari jenis terapi.
⚠Tidak dianjurkan juga jika sedang menstruasi, dan pada perut penuh karena yang terbaik adalah menunggu sekitar tiga jam setelah makan dalam rangka untuk therapy agar
bekerja dengan baik.


PERTANYAAN 52

❓Bagaimana hukum berbekam pada hari Rabu?

JAWABAN

👉 Yg ana pahami sampai sekarang kl tujuannya untuk penyembuhan kapan pun waktunya asal syarat kelayakan fisik untuk bekam terpenuhi maka tdk apa.
Tambahan:
✒dr. Ika Ummu Aisyah

👉Bahwa hadits -hadits yg menyebutkan tentang tidak bolehnya bekam pada hari selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu, ahad semuanya Maudhu' , sanadnya kacau. 📚Lihat kitabnya Ibnul Jauzi, Al Maudhu'at.

PERTANYAAN 53
❓Apa herbal untuk tumit yg sakit krn rematik?
JAWABAN dr. Ika Ummu Aisyah,akp
👉secara TCM (traditional chinese medicine) penyakit rematik ada banyak penyebabnya, karena patogen angin, dingin lembab, panas, mana yg lebih dominan, ataukah rematik kronis smua itu ada analisisnya tersendiri untuk kemudian dapat ditentukan herbalnya dg tepat. Jadi ahsan periksakan ke ahlinya yg berkompeten.


Soal 54-56 dijawab oleh:
✒Ratna Ummu Yusya,S. Farm.,apt

------------------
PERTANYAAN 54
❓Benarkah tupai bisa jadi obat asma??

JAWABAN

👉 Tupai sebagai obat asma belum ana temukan penelitiannya.


PERTANYAAN 55

❓Ana umur 23tahun  penderita magh /GERD dan akhir akhir ini ana punya keluhan sakit perut bagian bawah. Sekitar rahim ana. apakah boleh penderita magh/GERD meminum kunyit Asam?

JAWABAN

👉 Sebaiknya jangan mengkonsumsi kunyit asam bila
memiliki gangguan pencernaan.

PERTANYAAN 56
❓Anak pertama ana umur 4 thun giginya bermasalah. Jadi, 1 gigi blkang sblh kanan sdh rpuh tinggal gusinya saja... adakah obat herbal untuk meredakan jk giginya sedang sakit?

JAWABAN

👉 Obat herbal untuk mengurangi nyeri seperti minyak cengkeh atau rebusan bunga cengkeh untuk berkumur. Tapi penggunaannya bersifat sementara.
Sebaiknya juga jangan sering2.
Bisa ditambahkan propolis, minyak habatussauda dan sirih.
Jika sudah tidak sakit lagi, segera bawa ke dokter gigi.


Soal 57-60 dijawab oleh:
✒ dr. Emi Ummu Khonsa

------------------
PERTANYAAN 57
❓ana kalau minum air dingin itu suka langsung pusing banget..
Itu kenapa ya,um??
JAWABAN
👉Ketika tubuh dimasuki minuman dingin, suhu tubuh secara keseluruhan ikut turun termasuk otak. Otak sgat sensitif terhadap suhu. Untuk menjaga agar otak tetap bekerja dengan baik, maka pembuluh darah di bagian tersebut melebar sehingga aliran darah meningkat dan suhunya tetap terjaga. Namun proses ini terjadi secara singkat, lalu dilanjutkan dengan penyempitan pembuluh darah. Perubahan yang terjadi begitu cepat di dalam rongga kepala yang di batasi oleh tempurung membuat otak merasa tertekan dan memicu rasa nyeri di kepala. Biasanya orang dengan riwayat migrain lebih rentan mengalami masalah ini.

PERTANYAAN 58
❓Ana pernah dengar bahwa selulit itu bukan penyakit,yang ana mau tanyakan selulit itu ciri-cirinya seperti apa?
JAWABAN
👉Selulit merupakan lemak berlebih yg membentuk jaringan parut &dapat dideteksi dengan cara menekan kulit.
Ketika kulit ditekan dan membentuk jaringan seperti kulit jeruk, itulah yang disebut selulit.

Selulit muncul ketika banyak lemak menumpuk & terjebak dalam rongga-rongga kulit sehingga kulit tampak seperti bergelombang atau sprti kulit jeruk.
Selulit banyak dijumpai disekitar bokong, paha bagian belakang, pinggang & payudara.
✅Penyebab :
Kegagalan pengeluaran racun(detoksifikasi) di area tertentu kulit, sehingga timbunan lemak menumpuk di dalam ruang sel lemak & mendesak ke kulit bagian atas (lapisan dermis dan epidermis)
Faktor yg dapat mempengaruhi diantaranya; faktor hormon, genetik, kurang minum air putih, kurang konsumsi sayur/buah, kurang berolahraga, obesitas.
✅Penanganan:
Berbagai metode yg digunakan hingga saat ini hanya berfungsi menyamarkan, belum dapat menghilangkan secara smpurna.
👉Yaitu diantaranya dengan :
1. Pencegahan terhadap faktor pencetus timbulnya selulit,
2. Dengan cara non invasive (bukan operasi) seperti :
massage, radio frekuensi, laser dan terapi sinar.
3. Dengan cara invasive untuk mengatasi selulit :
sedot lemak, mesoterapi, subsisi termasuk dengan krim topikal dan terapi karboksi.
✅Pencegahan:
- Olahraga 3x dalam seminggu, kontinue selama 20-30 menit
- Mengatur pola makan.
⚠Hindari :
1. Makanan Bergula Tinggi
    makanan/minuman yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan mengerasnya kolagen. Hal ini menyebabkan aliran darah jadi terhambat. Terganggunya aliran darah ini tentu bisa menyebabkan selulit, karena lemak terjepit di antara otot-otot.
2. Makanan Bergaram Tinggi
     makanan jenis ini akan menyebabkan tubuh bereaksi
menghilangkan kelebihan garam tersebut dengan cara
menahan cairan dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi garam
tidak lebih dari lima gram per hari.
3. Lemak Jenuh dan Trans
     Lemak jenuh & trans dalam sekejap bisa melipatgandakan jumlah radikal bebas. Lemak jenuh umumnya ditemukan dalam produk hewani, seperti daging dan full-fat dairy products. Sedang lemak trans terdapat dalam margarin.
☝Perhatikan diet kita dengan lebih banyak konsumsi sayur buah, protein, dan cukup minum air putih ( minimal 8 gelas sehari)
Sedikit perbandingan dengan pertanyaan minggu sebelumnya tentang stretch mark .
👉Stretch mark merupakan suatu kondisi rusaknya lapisan kedua pada epidermis dan tidak ada hubungannya dengan lemak seperti selulit. Stretch mark bisa terlihat jelas tanpa harus menekan kulit terlebih dahulu.

PERTANYAAN 59
❓Berbahayakah bumil jika mengkonsumsi air es? Apakah mempengaruhi janin terutama besar kecilnya ukuran janin?

JAWABAN

👉 Air es tdk bahaya untuk bumil, tdak ada penelitian yg mbuktikan air es mempengaruhi janin ato berat janin.

PERTANYAAN 60
❓Apakah mengkonsumsi  penambah darah sampai masuk waktu persalinan itu bagus?
📌Jawaban :
👉 Tablet tmbah darah sebaiknya diteruskan smpai mlahirkan.


📝Catatan :
'Afwan kalau jawaban dari pertanyaan2 tersebut mungkin masih banyak kekurangan, disarankan agar juga mengambil jawaban dari sumber lain karena banyaknya keterbatasan kami.
والله اعلم بالصواب


🍯 Grup WA BIKUM 🍯

0 komentar :

Posting Komentar