Rabu, 04 Februari 2015

Tagged under: , , ,

Herbal yang Baik Untuk Ibu Hamil (Bagian 2)



Bismillaah
27 Shafar 1436 H/ 20 Desember 2015
-------------------------------------------
 
✒ Oleh:
      dr. Ika Ummu Aisyah, akp
      Ummu Muhammad, akp


1. Spirulina
    Spirulina merupakan tumbuhan air sejenis ganggang yang berwarna hijau kebiru-biruan yang bagus sekali untuk dikonsumsi ibu hami
Biasa digunakan untuk suplemen kesehatan karena kandungan protein nya yang sangat tinggi (lihat tabel).


   Selain itu spirulina memiliki daya detoxifikasi (meluruhkan berbagai penyakit dan racun-racun dari dalam tubuh) 2X lebih baik dari klorofil. Dan juga ternyata memiliki kandungan zat besi 58 kali lebih banyak dari sayur bayam, dan 18 kali lebih tinggi dari daging. Hal ini bagus untuk mencegah anemia yang sering terjadi selama kehamilan. Kandungan yang lain adalah beta karoten, 25 kali lebih banyak dari wortel, dan 100 kali lebih banyak dari Pepaya. Betakaroten adalah zat untuk anti body/imunitas (system kekebalan tubuh). Spirulina juga kaya Omega 3, 6, 9, 49% lebing tinggi dibanding FLO (Fish Liver Oil).

Beragam Vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam spirulina sangat baik bagi janin yang dalam masa pertumbuhan, mencegah kelahiran bayi cacat, menstabilkan emosi dan penenang.
2. VCO
Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa perasan pertama, sangat bermanfaat juga bagi ibu hamil.
VCO murni mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (Medium Chain Fatty Acids) disingkat MCFA. MCFA dalam VCO berfungsi melindungi janin dari serangan virus dan mikroorganisme lain. Hal ini baik untuk kehamilan muda. Sedangkan pada kehamilan tua, VCO dapat membantu dalan proses persalinan dan mampu memberi energi sehingga ibu mempunyai tenaga yang lebih besar. VCO juga mampu mengembalikan kebugaran ibu secara cepat. Dan setelah persalinan, VCO juga membuat produksi ASI menjadi lebih banyak dan lebih berkualitas.

3. Pegagan
Pegagan atau antanan terkandung pula zat-zat senyawa yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Dari berbagai penelitian pada pegagan diantaranya yang penting adalah adanya kandungan karoten yang sangat bermanfaat untuk antioksidan dan peningkatan imunitas. Karoten juga akan menjaga ovum dari serangan radikal bebas sehingga prosentase kesuksesan dalam produksi anak akan sangat besar. Selain itu pegagan juga dapat berfungsi sebagai penenang karena kandungan triterpenoid didalamnya yang bagus dalam merevitalisasi sel-sel syaraf otak, menguatkan sel-sel kulit dan meningkatkan perbaikannya. Sehingga pegagan bagus juga untuk kecantikan kulit. Dan untuk melancarkan peredaran darah, sehingga dapat mengatasi keluhan varises, wasir serta vitalitas tubuh keseharian ibu hamil.

4. Gamat
Gamat disebut juga teripang atau timun laut yang hidupnya di dasar permukaan laut pun dapat memberikan asupan yg baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Diantaranya, membantu mengatasi masalah susah BAB atau wasir pada ibu hamil, karena adanya mukopolisakarida yang akan  menetralisir lambung  sehingga memberikan kelancaran pada usus membuang feses dengan mudah. Selain itu dinding lambung jg akan terjaga, sehingga terhindar dari penyakit maag. Hal ini disebabkan karena gamat  memiliki kandungan protein dan kolagen sangat tinggi dan gamapeptide yang kan memberikan daya regenerasi/perbaikan sel yang baik, yaitu sel-sel yang rusak akibat peradangan akan berganti dengan sel-sel baru yang lebih baik biidznillaah.. oleh karenanya gamat juga baik untuk penyembuhan luka serta kecantikan kulit. Dan karena kekuatan gamat yang mampu hidup didasar permukaan laut, maka gamat sifatnya baik untuk memperkuat sistem pernapasan. Kandungan lainnya yang penting adalah kondroitin dan glukosamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi selama kehamilan. Selain itu gamat juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, saponin dan lektin yang dapat memperkuat daya tahan tubuh serta omega 3 yang dapat melancarkan peredaraan darah sehingga ibu  tetap sehat dan cantik selama kehamilannya. 
 
Itulah sedikit ulasan info mengenai herbal yang baik untuk dikonsumsi ibu selama kehamilannya. Diharapkan dengan konsumsi herbal tersebut ibu hamil tetap sehat dan cantik, Insyaa Allah.
Ada sedikit catatan yang perlu diperhatikan, yaitu dalam penggunaan kurma, minyak habatussauda dan vco/zaitun dalam jumlah banyak disarankan untuk dikonsumsi pada usia 9 bulan untuk memudahkan persalinan (konsultasikan lebih lanjut dengan ahli yang berkompeten dibidangnya).
والله اعلم بالصواب


[Grup WA BIKUM]

0 komentar :

Posting Komentar