Minggu, 15 Maret 2015

Tagged under: , ,

MENGENAL LEBIH DEKAT JAHE MERAH


بسم الله الرحمن الرحيم

Ahad, 24 Jumadal Ula 1436 H/ 15 maret 2015


Di negara kita Indonesia jahe sudah lama digunakan masyarakat sebagai rempah dan obat tradisional. Di negara kita ada dua jenis jahe yaitu jahe putih dan jahe merah.  Jahe putih berimpang kecil disebut jahe emprit., sedangkan yang berimpang besar disebut jahe badak atau gajah. Sedangkan jahe merah karena memang warnanya yang kemerahan.
Kita akan membicarakan jahe merah karena kandungan zat kimia di dalamnya yang bersifat obat yaitu minyak atsiri dan ole
oresin lebih tinggi dibanding jahe putih sehingga insya Allah lebih bagus dalam mengobati penyakit.
Jahe merah mengandung zat fenol(gingerol dan shogaol) yang bersifat antioksidan yang bahkan lebih bagus daripada vitamin E.
💊Manfaat bagi kesehatan
1⃣Sebagai analgetik atau anti nyeri. Sebuah penelitian terbatas pada atlet sepak takraw,  jahe merah terbukti mengurangi nyeri otot dibanding placebo.
2⃣Antiinflamasi atau anti radang. Sebuah penelitian terbatas pada pasien rawat jalan poli rematik, jahe merah terbukti efektif sebagai pengganti obat antiradang bukan steroid pada pasien rematik.
3⃣Anti emetik/mual dan anti mabuk. Pada penelitian di luar negeri jahe merah terbukti bermanfaat untuk mengurangi mual dan mabuk bahkan mual pada ibu hamil.
4⃣Imunostimulator. Pada penelitian yang dilakukan oleh IPB,  Jahe merah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
5⃣Aprodisiak. Penelitian terbatas pada hewan coba tikus,  jahe merah meningkatkan (afwan) gairah seksual dan meningkatkan kesuburan.
6⃣Menurunkan kolesterol. Penelitian  luar negeri  membuktikan jahe merah dapat menurunkan kolesterol.
✋Peringatan
1⃣Hati2 bagi wanita hamil dan maag. hendaknya mengurangi dosis jika mengkonsumsi jahe merah.
2⃣Hati hati bagi anda yang akan menjalani operasi. Sebaiknya tidak mengkonsumsi jahe merah seminggu sebelum operasi jika anda biasanya rutin mengkonsumsi.
3⃣Hati2 jika sedang mengkonsumsi obat kimia Atau herbal lainnya , sebaiknya  stop dulu konsumsi jahe merah kecuali atas petunjuk dokter atau herbalis.
👇👇👇
💊Dosis Jahe Merah
Secara umum adalah 3-4 kali sehari dari  250mg-1000mg perdosis.
Untuk ibu hamil dan anak diatas 2 tahun atau penderita sakit maag pilih yang 250 mg.
Untuk selainnya boleh pilih dosis hingga 1000mg.
DiKutip dr:
Group Inkes
و الله أعلم بالصواب
📩------------------📩
💐 Kiriman faedah dari:
Al Ustadzaah.Ruqayyah Ummu Ubaidah Al ambuniyyah
🍯 Repost Grup BIKUM 🍯

0 komentar :

Posting Komentar