Rabu, 11 Maret 2015

Tagged under: ,

9 CARA MEMBERSIHKAN PERALATAN DAPUR DENGAN BAKING SODA


ب

سم الله الرحمن الرحيم


      Baking soda adalah salah satu bahan masakan yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah. Tapi, ternyata baking soda tidak hanya berperan saat Anda membuat kue saja. Dengan cara yang tepat, baking soda juga bisa jadi salah satu alternatif bahan pembersih yang lebih aman dan efektif, mulai dari membersihkan kerak gosong dari panci sampai membersihkan oven.

Beberapa cara penggunaan baking soda sebagai bahan pembersih peralatan masak dan dapur adalah:


1. Taburkan baking soda ke spons basah. Lalu, gunakan spons tersebut untuk membersihkan meja dapur yang sering Anda gunakan untuk meletakkan bahan makanan ataupun talenan Anda.
2. Campur 3 bagian baking soda dengan 1 bagian air. Lalu, gosokkan campuran tersebut pada peralatan makan dari perak dengan lap bersih. Bilas, lalu keringkan.
3. Taburkan baking soda ke lap bersih yang basah untuk membersihkan oven microwave Anda, baik bagian dalam maupun bagian luarnya.
4. Gosokkan baking soda pada wadah plastik Anda untuk membersihkannya dengan sempurna. Untuk membersihkan noda yang membandel, rendam wadah plastik pada campuran 4 bagian baking soda dan 1 bagian air.
5. Untuk membersihkan panci dan wajan, rendam panci dan wajan dalam campuran baking soda, cairan pencuci piring yang biasa Anda gunakan, serta air panas selama sekitar 15 menit. Lalu, gosok dan bersihkan panci dan wajan Anda seperti biasa. Untuk bekas gosong yang membandel, gunakan panci atau wajan untuk mendidihkan air yang telah dicampur dengan sekitar 2 sendok makan baking soda selama sekitar 15 menit. Lalu, bersihkan seperti biasa.
6. Saat mencuci piring, tambahkan 2 sendok makan baking soda ke dalam campuran air dan cairan pencuci piring Anda untuk membersihkan minyak dan sisa makanan yang menempel.
7. Noda teh pada cangkir atau poci teh kesayangan bisa dihilangkan dengan cara merendam cangkir atau poci teh dalam campuran 50 gram baking soda dan 1 liter air selama semalam. Setelah itu, cuci cangkir dan poci teh Anda seperti biasa.
8.  Kecap pada resep ayam panggang kesukaan Anda bisa menempel pada pemanggang dan jadi sulit dibersihkan. Masalah ini bisa diatasi dengan cara menggosok pemanggang dengan sikat kawat yang telah diberi campuran 3 bagian baking soda dan 1 bagian air hangat. Setelah bekas minyak dibersihkan, bilas dan cuci pemanggang seperti biasa.
9. Untuk membersihkan oven gas Anda, buat pasta dari campuran baking soda dan air. Oleskan ke seluruh permukaan oven yang perlu dibersihkan, lalu biarkan selama semalam. Setelah itu, bersihkan dengan lap basah. Untuk membersihkan noda pada oven dan kompor yang tidak terlalu parah, campur 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh cuka atau perasan jeruk lemon, 1/4 sendok teh cairan pencuci piring, dan 1 cangkir air panas. Semprotkan cairan ini pada bagian oven dan kompor yang perlu dibersihkan.
      Anda juga bisa menambahkan harum yang lebih segar pada bahan pembersih dari baking soda ini dengan menambahkan perasan jeruk lemon. Penggunaan bahan kimia yang menimbulkan gas yang bisa berbahaya jadi bisa dikurangi bila Anda mengetahui cara tepat untuk membersihkan peralatan masak dengan baking soda.


Kiriman Faedah dari: Ummu Miqdad Maryam Ambon ( BIKUM 6)

[Tim Grup BIKUM]

2 komentar :

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya

    Anda mencari Peralatan stainless dapur ?

    kunjungi web kami untuk menemukannya
    Banyak model dan tipe sesuai kebutuhan

    BalasHapus