Minggu, 01 Maret 2015

Tagged under: ,

Mengenal ISPA



بسم الله الرحمن الرحيم

MENGENAL ISPA


ISPA, singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Atas merupakan salah satu penyakit yang sering diderita masyarakat. ISPA umumnya bersifat ringan dan sering disebabkan oleh virus sehingga termasuk penyakit Self Limited Disease dimana kekebalan tubuh penderita mampu mengatasi penyakit tersebut. Penyakit ini sering menimpa anak-anak dikarenakan sistem pertahanan tubuh mereka yang masih lemah. Rata-rata anak-anak mengalami ISPA tiga sampai enam kali dalam setahun. Sering terjadi pada musim hujan atau pergantian musim.

GEJALA

Gejala ISPA bervariasi mulai dari yang ringan seperti batuk, pilek, demam, nyeri tenggorokan hingga yang berat berupa sesak nafas.

PENGOBATAN

Pengobatan lebih kepada gejala daripada penyebabnya seperti demam diberi parasetamol, batuk pilek diberi obat batuk pilek. Istirahat cukup dan makan makanan bergizi dan berprotein tinggi serta banyak minum air putih membantu mempercepat penyembuhan. Penelitian menunjukkan bahwa madu satu sendok teh untuk anak dan satu sendok makan untuk orang dewasa dosis tunggal pada malam hari bermanfaat untuk mengurangi frekuensi batuk.

KAPAN KE DOKTER ?

Ke dokter jika anda atau anak anda mengalami demam sudah tiga hari, atau menderita radang paru atau Pneumonia dengan gejala demam, batuk berdahak, sesak atau sukar bernafas, napas hidung kembang kempis dan dada tertarik ke dalalam.


Ditulis oleh dr. Rahadian WS
Malang Raya, 16 Rabiul Awal 1436H/ 7 Januari 2015
Grup INKES

 والله اعلم بالصواب

Repost
[Grup BIKUM]

0 komentar :

Posting Komentar