Rabu, 25 Maret 2015

Tagged under:

Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Serviks

๐ŸŽ€๐Ÿƒ๐ŸŽ€๐Ÿƒ๐ŸŽ€๐Ÿƒ๐ŸŽ€๐Ÿƒ

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…

๐Ÿ“† Ahad, 2 Jumadal Akhir 1436H/ 22 maret 2015
-------------------------
๐Ÿ“ Tips Manfaat

๐ŸŽ€ DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DAN KANKER SERVIKS ๐ŸŽ€

     ๐ŸŒนWanita merupakan makhluk yang diciptakan dengan sangat sempurna. Allah menganugrahi ciptaan-Nya ini kemampuan untuk mengandung dan menyusui buah hatinya, merawat dan memelihara anak-serta keluarga. Tidak jarang para istri dan ibu rumah tangga kurang memerhatikan kesehatannya sendiri karena terlalu sibuk memerhatikan anggota keluarga lainnya.

Masya Allaah... Memang dari segi bentuk, wanita diamanati beberapa organ yang berbeda dengan organ yang ada pada kaum Adam. Setiap organ berkaitan dengan peran yang harus dilaksanakannya sebagai hamba.
Sunnatullaah

     ๐ŸŒนoleh karena itu, sebagai salah satu wujud rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, kita wajib untuk senantiasa menjaga dan mencegah organ/bagian tubuh kita dari penyakit yang dapat menghinggapinya.

    ๐ŸŒนkeganasan pada mulut/leher rahim (kanker serviks) dan keganasan pada payudara (kanker payudara) adalah jenis penyakit yang paling banyak ditemukan pada wanita dengan tingkat kesakitan dan kematian yang tinggi. Di negara maju, penyakit ini menempati dua peringkat teratas penyakit yang diderita oleh wanita. Penyakit tersebut, selain berkaitan dengan sifat genetik/bawaan, juga sangat dipengaruhi oleh pola hidup sehari.

    ๐ŸŒน Sebenarnya, penyakit tersebut dapat dideteksi secara dini sehingga kemungkinan penyembuhannya lebih besar. Dengan pendeteksian dini (skrining), diharapkan dapat ditemukan kelainan/penyakit dalam stadium yang lebih awal sehingga penderita bisa lebih cepat mendapatkan penanganan dalam pengobatan.

๐Ÿ‘‡Berikut cara memeriksa organ kewanitaan kita secara dini:

1⃣ Sadari (Periksa Payudara Sendiri)
       ๐Ÿ‘‰Teknik pemeriksaan ini biasanya dapat dilakukan pada hari kedelapan mensturasi (selesai mensturasi). Tujuannya adalah mengetahui apakah ada kelainan bentuk dan ukuran, benjolan, atau peradangan pada payudara kita sendiri. Pemeriksaan ini relatif mudah karena dapat dilakukan pada saat mandi sambil berdiri di hadapan cermin, atau dalam posisi berbaring di tempat tidur yang datar.

       ๐Ÿ‘‰Tekniknya adalah dengan memerhatikan bentuk dan ukuran payudara serta warna kulit payudara di depan cermin. Diperiksa apakah terdapat rasa nyeri, luka/lecet, benjolan, atau keluar cairan yang tidak normal. Apabila terdapat kelainan, sebaiknya segera dikonsultasikan kepada dokter ahli yang amanah.

2⃣ Pap Smear
      ๐Ÿ‘‰Pap Smear adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui kondisi mulut / leher rahim (serviks). Pemeriksaan ini dapat dilakukan di laboratorium, di rempat praktik dokter ahli kebidanan, atau di rumah sakit, dengan harga yang relatif terjangkau
Pap smear di peruntukan bagi wanita yang telah menikah. Melalui pemeriksaan ini kita dapat mengetahui kelainan awal yang mungkin ditemukan pada serviks. Pap smear dilakukan secara rutin setahun sekali bagi wanita yang telah menikah hingga berhenti mensturasi (monopause).

      ๐ŸŒท Adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah berikhtiar secara optimal. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa menjaga kita dari berbagai penyakit.
         Allaahummaa aamiin

✒ditulis oleh:
Yuktiana Kharisman, dr.,M.kes.
Bandung-Jawa Barat

๐Ÿ“– dikutip dari:
Majalah Qonitah edisi 18/vol 02/1436 H - 2014M
๐Ÿ“ฉ_____________________________๐Ÿ“ฉ

๐Ÿ’ Kiriman dari :
Ummu. Hilyah ambon Group Bikum - 7

๐Ÿฏ Grup BIKUM ๐Ÿฏ

0 komentar :

Posting Komentar