Jumat, 13 Maret 2015

Tagged under:

Kumpulan tanya jawab 14



بسم الله الرحمن الرحيم
 Kumpulan Tanya Jawab pada: Ahad,7 Jumadil Ula 1436 H/ 8 maret 2015

         

Dijawab oleh : dr.Ika Ummu.Azzam

PERTANYAAN 1
HPHT ana tgl 1 desember 2014 apkh bisa melakukan perjalanan udara dan darat? in syaa Allah tgl 15 maret ini.
JAWABAN
In syaa Allah bisa, ahsan sblm keberangkatan kontrol dulu ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi anti dan janin yg di kandungan.


PERTANYAAN 2
Jika sakit pada perut sebelah kanan tapi bagian atas dekat dengan lambung, dan menusuk sampai kebelakang sebelah kanan.
Apakah ada sangkut paut pada lambung atau pada ginjal, atau pada empedu?

JAWABAN Sebelah kanan kemungkinan ada masalah pada empedu atau hati, ahsan periksa ke dokter terdekat untuk memastikan penyebab dari keluhan yg anti rasakan, jika perlu ada pemeriksaan USG apakah ada batu pada saluran empedu atau yg lainnya.


PERTANYAAN 3
Alat olah raga (fitnes) apa yg cocok untuk ummahat agar bisa menjaga kesehatan dan kebugaran badan yg digunakan untuk ummahat di dalam rumah?

JAWABAN
Tanpa alat olahraga bisa seperti;  lari2 di tempat, sit up, back up, abdominal crunch dll, jika pake alat bs menggunakan; orbitrek atau treadmill, dumble, holahop, tali untuk lompat tali dll, rutin di lakukan minimal seminggu 2 kali.


PERTANYAAN 4
Anak sya berumur 10 bln, kenapa ya kalau dia nangisnya kenceng, ada timbul benjolan sebesar kelereng agak melepang di area vaginanya yg seblah kanan dan jika tangisannya mereda benjolannya pun ikut hilang.,benjolannya itu apa ya ?

JAWABAN
Apakah anak sering mengejan? ahsan periksa ke dokter terdekat ya umm untuk memastikan benjolan tsb.


PERTANYAAN 5
Adik ana umur 10thn terus klo setiap panas badannya nanti di lidah sma bibir atas bawah keluar sariawannya lumayan bnyak trus buat nelen makanan tenggoroknnya ktanya sakit. Itu knpa ya um udh di bwa dokter ktanya gpp tpi hnya sruh menghindari makanan tertentu sja tpi kumat-kumatan terus

JAWABAN
Kemungkinan daya tahan tubuh menurun sehingga terjadi sariawan, saat demam sebaiknya bnyk minum dan konsumsi Vit.C bisa di dapatkan dari sayuran dan buah2an atau tablet Vit.C untuk anak, hindari makanan pedas atau berminyak.


Dijawab oleh : dr.Lina Ummu. 'Abdillaah

PERTANYAAN 6
Umur ana 23 tahun, ana pernah menderita GERD namun selama 2 tahun terakhir GERD saya sudah hampir tak pernah kambuh, apakah saya sudah aman makan makanan yang dilarang dulu misalnya kopi dan pedas?

JAWABAN
Meskipun sudah 2 tahun GERD tidak pernah kambuh, makanan atau minuman tertentu dapat memicu kekambuhan penyakit tersebut seperti : kopi, coklat, tomat, makanan pedas, kandungan alkohol pada makanan seperti tape, atau makanan berlemak. Lebih baik makanan atau minuman tersebut  hendaknya dibatasi.

PERTANYAAN 7
'Afwan ana punya keluhan wasir, dan sekarang apabila setelah BAB harus dimasukkan, sudah termasuk stadium berapakah, selain operasi apakah bekam atau dg obat herbal dpt menyembuhkan wasir tsb?

JAWABAN
Jika dilihat dari tulisan diatas, kasus tersebut termasuk hemorhoid interna derajat 3.
Penanganannya : makan tinggi serat, dapat diolesi krim untuk anestesi yaitu salep lidocain 5% untuk membantu mengurangi nyeri, suntikan zat skleroterapi sehingga vena akan diganti jaringan parut, dapat juga hemorhoid dihancurkan dengan menggunakan laser, sinar infra merah atau arus listrik (elektrokoagulasi), terakhir dengan operasi hemorhoidektomi jika penanganan lain gagal.


PERTANYAAN 8
Apa yang bagusnya dikonsumsi ibu setelah melahirkan agar jahitannya cepat sembuh dan tubuhnya kembali sehat dan bugar?
JAWABAN
Makanan yang dapat mempercepat penyembuhan luka jahitan : makanan yang mengandung vitamin C untuk memperbaiki kollagen pada kulit, makanan yang mengandung beta karoten atau vitamin A seperti sayuran hijau, wortel juga dapat membantu penyembuhan, makanan yang mengandung zinc dan protein juga in syaa Allah dapat membantu penyembuhan luka dari dalam.

PERTANYAAN 9
Apakah benar kalau mengalami apendicitis tidak boleh makan durian dan mie? Tp ana juga anemia, bukankah durian itu bagus untuk anemia?

JAWABAN
Pencegahan apensicitis adalah dengan diet tinggi serat & BAB secara teratur. Sedangkan perawatan pasca operasi apendicitis dengan diet rendah serat. Tidak ada larangan khusus makan durian atau mie. Durian memang mengandung vitamin B,C,E dan zat besi. Akan tetapi konsumsi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Wanita hamil & penderita hipertensi tidak disarankan mengkonsumsi buah durian. Untuk mengatasi anemia disarankan banyak mengkonsumsi bayam, jagung, kangkung, jeruk, kacang tanah/ hijau/ kedelai, beras merah, kismis, sereal, yoghurt, telur, daging sapi dan ikan.


PERTANYAAN 10
Ibu ana usia 49th di diagnosis kena spondylolisthesis V5-L1 saat ini kesaakitan dari pinggul hingga kaki jadi kesulitan untuk jalan ataupun duduk kalaupun bisa mungkin hanya sebentar dan kesakitan lagi. Yang ingin saya tanyakan perlukah fisioterapi? Atau adakah latihan yang bisa dilakukan tanpa terapis di rumah?
JAWABAN
Penanganan spondylolisthesis V5-L1 bisa berupa terapi konservatif dengan pembatasan aktivitas dan melakukan latihan fleksi. Korset lumbal bermanfaat untuk memberikan stabilitas tulang belakang. Dapat juga diberikan obat untuk mengurangi nyeri seperti ibuprofen atau naproxen dikombinasi dengan asetaminofen, atau obat langsung ke ruang epidural (tulang belakang).
Pembedahan dilakukan jika terapi konservatif tidak berhasil.  Jika spondilolisthesis tidak ditangani dengan benar akan menimbulkan nyeri terus- menerus, menurunkan mobilitas & aktifitas, ketidak aktifan juga menyebabkan menurunnya kepadatan tulang, kehilangan kekuatan otot dan fleksibilitasnya. Di samping itu dapat terjadi kerusakan syaraf permanen jika tulang belakang menekan syaraf terus-menerus.

Dijawab oleh: dr. Agustin Aisyah

PERTANYAAN 11
Apakah wasir yg sudah menonjol keluar harus dioperasi?

JAWABAN
Kalau wasir sudah menonjol keluar dan tdk bs dikembalikan lg,artinya wasir sdh stadium 3/4.Operasi atau tidak tergantung hasil pemeriksaan dokter.Sebaiknya anti ke dokter bedah utk memastikannya.

PERTANYAAN 12
Anak ana banin umur 12th kmrn cek darah pny leukosit tinggi 22100/uL (n=4700-10500). Gejala sakit : demam, nyeri perut, pusing, muntah2. Apa pnyebabx & bgmn terapix?

JAWABAN
Lekosit yg tinggi biasanya disebabkan infeksi bakteri,biasanya diberikan antibiotik.


PERTANYAAN 13
Ana  kalau mau haid  di sekitar dubur ana timbul  bintik -bintik kecil kalau di raba terasa kasar dan d sela - sela paha terasa lembab dan kalau sudah kering seperti kulit ari yang mengelupas .kalau mandi di gosok dengan sabun baru terasa gatal.itu penyakit apa ya um ,dan apa obatnya.kalau pakaian dalam ana dah lembab  ana ganti.

JAWABAN
Afwan lebih baik anti ke dokter keluhan yg anti sampaikan tdk spesifik dan membutuhkan pemeriksaan lbh lanjut.
Gatal2 di lipatan tsb mgkn disebabkan jamur,alergi ataupun bakteri.


PERTANYAAN 14
Badan pegel2 saat hamil itu di sebabkan apa ya?

JAWABAN
Konsumsi vitamin saja, krn ibu hamil relatif dlm keadaan immunocompromised.


PERTANYAAN 15
Ibu hamil apa hrus minum susu hamil?
sedangkn bumilnya ndak bisa dimasukan yg manis2, langsung mual2

JAWABAN
Kalau memang bisa makan dgn porsi dan gizi yg cukup,ibu hamil tdk perlu minum susu hamil
               

Dijawab oleh : dr. Dianika Ummu Raihana

PERTANYAAN 16
Bagaimana mengatasi biang keringat pada anak? Sudah diberi bedak anti biang keringat dan mengkondisikan suhu kamar tidak panas dan nyaman,qoddarullah masih timbul dan semakin meluas. Untuk diketahui,si anak banyak sekali mengeluarkan berkeringat ketika tidur,tidak berani memakai kipas angin dengan kencang atau tidak memakaikan baju,khawatir masuk angin.
JAWABAN
Cara menangani biang keringat:
-Siapkanlah alat-alat yang dibutuhkan, seperti waslap, baskom berisi air hangat, baju yang bersih, dan perlak.
-Keringkan kulit yang ada biang keringatnya dengan waslap bersih yang telah dibasahi air hangat. Bisa juga dengan mandikan Si kecil menggunakan air hangat (usahakan agar jangan terlalu panas karena akan merangsang timbulnya keringat).
-Biarkan tubuh Si kecil tanpa baju untuk beberapa saat sampai kulit dan lipatan -lipatan kulitnya menjadi kering dengan sendirinya. Tujuannya, mencegah agar kulit yang terkena biang keringat tidak bertambah parah karena bergesekan dengan handuk pada waktu dikeringkan.
-Boleh diusapkan sedikit bedak, terutama di bagian punggung dan dada anak.
-Kenakan baju yang kering dan bersih. Baju tersebut sebaiknya terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, seperti bahan katun dan bahan kaos.
  
Bawa ke dokter jika kondisi biang keringat tidak membaik setelah penanganan selama lebih dari 3 hari, timbul demam atau rasa sakit/ gatal yang berat, atau timbul tanda-tanda infeksi seperti terlihat nanah atau sering berulang beberapa kali dalam waktu yang pendek sehingga mengganggu aktivitas anak sehari-hari.

PERTANYAAN 17
Ana sering BAK Um...dlm sehari ana BAK lebih dari 15x.. Itu normal atau tidak??  Utk takaran minum, ana minum lbh dari 8gelas/hari.. Ana agak khawatir karena terlalu sering BAK,,,,tempo'y terkadang 10 atau 15menit sekali..
Tambahan: Tidak sering lapar,,,cuma nafsu makan tinggi,,suka ngemil..apa aja yg ada selalu dimakan.. Makan sedikit tp sering ... TB= 152, BB=45.Ummi dlu diabet.

JAWABAN
Volume urine orang dewasa normalnya 1-2 cc/kgBB/jam. Jadi kalau BB anti 45 kg, normalnya volume urine anti dalam 1 hari 1,080 - 2,160 liter (dengan konsumsi cairan normal 2 liter/hari).
Volume urine meningkat pada orang yang sakit diabetes, terlalu banyak minum, menderita penyakit ginjal tertentu, mengkonsumsi zat/obat-obat yang meningkatkan produksi urin. BAK sering tapi sedikit-sedikit bisa dialami oleh penderita infeksi saluran kemih, radang kandung kemih, pembesaran prostat (pada laki-laki), kandung kemih terlalu aktif.
Jika volume urine anti melebihi normal, ada baiknya mengecek kadar gula darah mengingat terdapat beberapa gejala diabetes yaitu banyak BAK, banyak minum, & banyak makan, serta ibu memiliki riwayat diabetes.


PERTANYAAN 18
Apa obat keputihan yg sring muncul di malam hari, sdh mnum jamu dn memakai air rebusan daun sirih tp masih datang yg terkadang menyebabkan gatal, apakah ada kaitannya dengan masa subur dan bgaimana solusinya?

JAWABAN
Ahsan diperiksakan dulu karena sepertinya keputihan yang anti alami bukan keputihan yang normal. Keputihan memang meningkat saat masa subur, namun keputihan normal itu tidak gatal, jernih, dan tidak berbau. Pengobatannya tergantung penyebabnya. Sebaiknya juga tidak sembarang mengkonsumsi jamu/ menggunakan pembersih farji karena jika salah penggunaannya justru dapat membunuh bakteri baik yang akan memperparah keputihan.

PERTANYAAN 19
Pengobatan untuk bumil yg terkena cacar air di semester 3,

JAWABAN
Sama dengan pengobatan cacar air pada pasien yang tidak hamil, yang pokok adalah antivirus seperti acyclovir, famcyclovir, dll & penurun panas. Namun ana ingatkan, jangan mengkonsumsi obat-obat tersebut tanpa resep dokter, terlebih karena anti sedang hamil.


PERTANYAAN 20
Makanan apa atau aktivitas apa yang dapat mengurangi nyeri payudara sebelum dan selagi mengalami menstruasi?

JAWABAN
Nyeri pada payudara saat menstruasi bi'idznillah dapat diatasi dengan cara:
✔Menggunakan bra yang nyaman,
✔Mengurangi konsumsi garam untuk mengurangi pembengkakan,
✔Mengurangi makanan berlemak 1-2 pekan sebelum menstruasi,
✔Melakukan pijatan lembut pada payudara dengan gerakan melingkar dari luar ke dalam selama 5-10 menit (gunakan minyak zaitun/baby oil agar licin).

Dijawab oleh: Tim gizi

PERTANYAAN 21
Apakah ada makanan/minuman untuk melancarkan haid hingga benar2 bersih (tidak ada sisa darah di rahim).

JAWABAN
Berikut ini adalah beberapa makanan sehat pelancar menstruasi, antara lain :
✔Brokoli
✔Sayuran hijau
✔Salmon
✔Biji Wijen
✔Yoghurt
✔Susu Kedelai
✔Telur


PERTANYAAN 22
Benarkah makan sosis bisa memicu sel kanker pankreas?
Dan juga mengkonsumsi 50 gram daging olahan atau setara dengan satu sosis setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker pankreas sebesar 19%.

JAWABAN
Sosis adalah  makanan  yang merupakan proses daging olahan yang mana sudah ditambahkan bahan pengawet dan bahan2 tambahan pangan lainnya seperti penguat rasa, pewarna dll. untuk itu sering mengkonsumsi sosis tdk baik untuk kesehatan salah satunya dapat meningkatkan resiko terkena kanker.

PERTANYAAN 23
Anak ana usia 5,6th,dri kecil smpe skrg tdk pernah mngkonsumsi buah2n,sudah ana cba bbrpa kali & bahkan slalu ana iming-imingi ssuatu biar mau mngkonsumsi buah2n tpi tetap sja tdk mau, dipksa jg nangis.
Apakah berbahaya untk prtumbuhn & ksehatn,kalau anak tidak pernah mengkonsumsi buah2n sama sekali?

JAWABAN
Buah2an sebagai sumber vitamin, mineral dan serat, yg dibutuhkan anak. Jika memang anak sama sekali tidak mau makan buah, dapat diberi dalam bentuk lain. Misalnya: jus, dbuat puding, cake, dicampur dengan es krim, atau dibuat es lilin, atau selai dan dimakan dengan roti. Makan buah tidak harus dalam bentuk buah utuh, apalagi anak2 yang memg ada masanya mereka tidak mau makan buah atau sayur.
☝Tugas seorang ibu untuk terus mencari ide kreatif mengolah buah dan sayur agar anak dapat memperoleh manfaat dari buah dan sayur.


PERTANYAAN 24
Anak ana menurt tabel kelebihan berat badan usia baru 2,5 bulan sudah 6,6 kilo. Padahal cuma ASI. Bagaimana agar tidak obesitas?

JAWABAN
Pada dasarnya bayi yang diberi ASI saja akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan, apalagi baru berumur 2 bulan, aktifitas bayi belum banyak, hanya tidur dan menyusu. Ketika telah bisa beberapa aktifitas misal tengkurap maka kenaikan berat badannya tidak terlalu signifikan.  Bayi anti tidak termasuk kategori obesitas.


PERTANYAAN 25
Apakah penderita asam urat bisa konsumsi susu seperti frisian flag?

JAWABAN
Bagi penderita asam urat, boleh mengkonsumsi susu setiap hari, karena susu kandungan purinnya rendah. Susu frisian flag jika yang kental manis maka tidak dianjurkan. Namun jika pasien  juga menderita penyakit lain, misalnya kolesterol tinggi, maka diperbolehkan susu skim dan yoghurt rendah lemak. Susu kental manis, susu whole (penuh), tidak dianjurkan.


Dijawab oleh: dr. Lina Um Abdillaah

PERTANYAAN 26
Rambut ana sering sekali rontok bahkan dari sejak sekolah dulu sampai ana berumur 18 tahun sekarang, berbagai merk shampo anti rontok sudah ana coba seperti neril, tp tetap saja rambut rontok ana tidak berkurang, sempat ana mengalami kerontokan yang paling parah pada usia 15 tahun dulu setiap kali bersisir pasti ada saja yang rontok, yg ingin ana tanyakan apakah shampo yang cocok utk ana atau adakah ramuan khusus utk menghilangkan rambut rontok?

JAWABAN
Beberapa cara untuk menangani rambut rontok antara lain :
a. Diamkan air teh kental semalam tanpa gula, esoknya digunakan untuk membasuh kulit kepala sambil dipijat merata, diamkan, bilas air bersih, lakukan 3x/minggu.
b. Dengan minyak zaitun & jojoba kulit kepala dipijat teratur karena minyak tersebut dapat membantu pertumbuhan rambut baru.
c. Daun pare segar dihaluskan & peras airnya, gunakan airnya untuk keramas, diamkan 30 menit, bilas hingga bersih.
d. Seledri dihaluskan beserta tangkainya, oleskan pada kulit kepala sambil dipijat, lakukan tiap hari.
e. Lidah buaya yang telah dikupas digosokkan ke kulit kepala hingga merata, biarkan beberapa jam, bilas hingga bersih, lakukan 3x/minggu.
f. Wortel diblender beberapa buah sampai halus, peras airnya untuk memijat kepala, bungkus dengan handuk, diamkan semalam, bilas hingga bersih keesokan harinya.


PERTANYAAN 27
Jika hamil tanpa disertai morning sicknes, gk ngidam (pokoknya gk ada mual muntah) apakah tanda janin tidak berkembang? Karena di kehamilan sebelum-sebelumny malah sampai terkena hyperemesis gravidarum.

JAWABAN
Alhamdulillah, keadaan gak ngidam dan tanpa morning sicknes justru menguntungkan bagi perkembangan janin. Jika tidak ada keluhan lain in syaa Allah kehamilannya normal, bukan merupakan tanda janin tak berkembang.


PERTANYAAN 28
Seorang ummahat dg 6 anak.alhamdulillah semua proses kelahiran normal.ummahat tsb apakah bl hamil lg termasuk kehamilan resiko tinggi?umur 34 th.alhamdulillah tensi,asam urat, gula darah, kolesterol normal.

JAWABAN
Keadaan ummahat ini secara medis termasuk kehamilan resiko tinggi (resti) karena kehamilan lebih dari 4 termasuk kehamilan (resti). Pada kehamilan resti perlu pengawasan khusus agar dilakukan deteksi dini kelainan ataupun kemungkinan komplikasi yang dapat timbul pada kehamilan tersebut. Maka disarankan kontrol teratur selama persalinannya.

PERTANYAAN 29
Ana umur 35 thn mengidap DM baru 8 bln yg lalu. setahu ana penderita DM harus mengkonsumsi obat glimepiride seumur hidup untuk menetralkan gula dalam darah.slama ini ana tidak mengkonsumsiny um,di karenakan takut kalau mengkonsumsi obat terus menerus lari ke ginjal dan di samping itu ana masih menyusui.
yg ana tanyakan,apa tidak mengapa ana tidak mengkonsumsi obat tersebut karena takut ke ginjal dn sedang menyusui dan jika minum apakah tidak pengaruh pada bayi ana?

JAWABAN
Obat DM yang in syaa Allah aman buat ibu menyusui antara lain Indulin, Glipizide. Penggunaan glimepiride pada ibu menysui sebaiknya tidak dilanjutkan.


PERTANYAAN 30
Bolehkah ibu hamil sering konsumsi teh & mie instan?

JAWABAN
Minum teh boleh saja dikonsumsi ibu hamil asalkan tidak berlebihan & minum teh tidak bersamaan dengan makan, karena kandungan zat pada teh dapat menghambat penyerapan zat besi, dikhawatirkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan anemia. Mie instan tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, ditambah lagi dengan penyedap dan pengawet di dalamnya dapat membahayakan kesehatan janin.


Dijawab oleh: Lathifah Um Fakhri, S.Si, Apt

PERTANYAAN 31 
Apa obat herbal untuk radang vagina?

JAWABAN
Penyakit radang vagina/ Vaginitis adalah suatu peradangan pada vagina yang dapat mengakibatkan nyeri dan keluarnya cairan dari vagina yang diikuti dengan rasa gatal, iritasi bagian bawah, bau tak sedap, bahkan kadang terjadi pendarahan pada vagina.
❗Penyebabnya terdapat perubahan dalam keseimbangan normal bakteri pada vagina. Juga dapat disebabkan oleh kadar estrogen yang berkurang setelah menopause.
Resep herbal menurut Prof.dr. Hembing (ahli herbal) :
▶ Obat Luar
•》 15 lembar daun sirih dicuci dan direbus dengan 2 lt air hingga mendidih, hangat-hangat airnya digunakan untuk mencuci vagina beberapa kali sehari.
▶ Obat minum
•》 15 gram kulit delima kering + 10 gram sambiloto kering + 20 gram kunyit (diiris-iris), dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring airnya dan diminum 2 kali sehari.

PERTANYAAN 32
Apakah ada efek dari menkonsumsi habbatussauda setiap hari ?

JAWABAN
Minum habbatussauda' dalam bentuk serbuk belum diketahui efek jangka panjang namun ada yang menyarankan hendaknya banyak minum untuk menghindari pengendapan batu ginjal. Namun belum ada penelitian khusus tentang hal ini. Lebih amannya lebih baik mengkonsumsi dalam bentuk minyak.
Saran : Sebaiknya tidak mengkonsumsi satu jenis obat baik kimia atau herbal dalam jangka panjang. Sebaiknya dikombinasi bergantian dengan obat atau suplemen yang lain. Karena untuk satu penyakit atau kondisi tentunya ada beberapa alternatif yang bisa jadi sama baiknya bi'idznillah, selain juga menghindari efek samping jangka panjang apabila ada.


PERTANYAAN 33
Berbahayakah minyak zaitun untuk mata?soalnya ana sering memakainya umm untk bulu mata, terasa sedikit perih sj..

JAWABAN
Syarat utama produk untuk mata yaitu sterilitas yang sangat tinggi. Bakteri patogen atau partikel harus = 0. Artinya tidak boleh ada sama sekali. Produk minyak zaitun bukan termasuk produk khusus mata jadi tidak memenuhi syarat. Kami menyarankan pemakaian untuk bulu mata lebih hati- hati saja supaya tidak terkena dalam mata.
Perih yang timbul pada saat mata ditetesi obat tetes atau kena cairan bisa disebabkan karena perbedaan pH antara cairan mata dengan pH obat tetes. Bisa juga karena perbedaan tonisitas (kekentalan).


PERTANYAAN 34
Ada seorg ibu yg hbs melahirkan anak ke 2. Qodarullah setelah melahirkn anak ke 2, ternyata bru di ketahui kalau dia kena kista kira kira 3 -4cm. Bolehkah /aman kah ibu tdi minum obt2 herbal tuk mengobati kistanya tdi spt sarang semut, keladi tikus, daun sirsak? Sedangkn dia juga menyusui bayi 2 bln?

JAWABAN
In syaa Allah tidak mengapa minum herbal tersebut pada saat menyusui. Karena meskipun obat atau zat yang diminum ibu bisa ada dalam ASI namun konsentrasi pada umumnya sangat kecil. Disarankan mengkombinasi herbal tersebut. Jangan satu macam saja dalam jangka lama. Apabila ada efek pada bayi berupa diare hentikan jenis herbal yang diduga menyebabkan bayi diare. Ibu harus mengamati secara teliti mana yang kira- kira " tidak cocok" terhadap bayinya.

Dijawab oleh: Bidan Umm Rufaidah


PERTANYAAN 35
Ana skrg hamil anak ke-4, usia 34 minggu. Ketika usia 33 minggu, hasil USG sungsang posisi kepala masih diatas, saran dari dokter sering nungging, apakah tidak berbahaya bila diputar posisi?

JAWABAN
Untuk ibu multipara insya Allah tdk mengapa, benar kta dokter untuk bnyk menungging dan sujud dengan menempelkan dada pada lantai serta ngepel jongkok. Untuk pindah posisi jika mmg ingin maka lakukan pada yg ahli, tp ana tdk merekomendasikan ini, dikhawatirkn ada beberapa keluhan setelahnya.


Dijawab oleh: dr.Dianika Umm.Raihana

PERTANYAAN 36
Suami ana tekena diabets skrng udah 468. Kaki terasa panas dan perih, kepala jg suka sakit.
Pertanyaan ana, gimana cara mengatasi kaki yang panas?apa harus di rendam dengan air dingin atau air anget?

JAWABAN
Kaki terasa panas tersebut karena kerusakan saraf akibat kadar gula darah yang tinggi.
Cara mengatasinya antara lain:
kontrol gula darah, rutin jalan kaki ringan untuk memperbaiki peredaran darah di kaki, minum vitamin B kompleks, direndam air hangat untuk melebarkan pembuluh darah di kaki, & minum pereda nyeri jika perlu.


PERTANYAAN 37
Di mata ana yg putih ada tahi lalat.. tapi selama ini tidak pernah merasakan ada keluhan, .yg mau ana tanyakan, apa tahi lalat di mata itu tidak berbahaya umm?

JAWABAN
'afwan, perlu diperiksa secara langsung.


Dijawab oleh: Bidan Umm. Rufaidah

PERTANYAAN 38
Kenapa dikehamilan kedua ini tulang selangkangan sring sakit,dan tulang boyok kalau tidur terlentang terasa kaya retak kalo dimiringkan badannya? Ana hamil sudah menginjak 32 minggu, Pengalaman ana dhamil pertama tdak demikian
Mohn pencerahannya?
JAWABAN
Hal tersebut normal.  Keadaan ini terjadi akibat pembesaran rahim. Adanya pembesaran janin bisa mengubah bentuk tubuh dan bisa menekan saraf di daerah tulang punggung,pinggul srta paha. Sebaiknya hindari berdiri terlalu lama, bangkit tiba2 dan prbnyklah istirahat.

Dijawab oleh : dr. Emi Umm.khonsa

PERTANYAAN 39
Mohon dijelaskan tentang kolik pada bayi,bagaimana gejalanya dan apakah bisa diobservasi sendiri?

JAWABAN
Kolik merupakan nyeri perut yg bisa datang hilang timbul, hal ini bisa menandakan adanya suatu gangguan di saluran cerna. Saat merasakan sakit kolik wajah bayi bisa memerah/mimik mjdi aneh diikuti menarik kaki ke atas dan menangis kuat selama beberapa waktu , bisa hingga berjam-jam.Kepastian penyebab masih trus di teliti Hal-hal yg mungkin terkait sebagai penyebab :
1. Banyak gas yg masuk saat menyusu/ngedot (bisa dipengaruhi teknik menyusu, besar lubang dot yg dpakai)
2. Alergi protein susu sapi
Penanganan: harus konsul ke dr.Sp.A untk mengevalusi kemungkinan penyebab.
Jika kejadian bayi sedang kesakitan, menangis terus, usahakan untuk menenangkan, menggendong, mengayun atau lainnya.


Dijawab oleh : dr.Nurul futuchah

PERTANYAAN 40
Anak ana umurnya baru masuk 4bln,kalau stiap bangun tidur pasti terdengar suara krek krek dr tenggorokannya seperti ada riyaknya. Untuk mengatasinya supaya hilang suara krek2nya dn menghilangkan riyak nya bagaimana,BB anak saya terakhir 7,6kg?

JAWABAN
Penyebab suara krek-krek/grok grok adalah karena lendir di saluran nafas yg berlebihan. Normalnya, manusia menghasilkan lendir di saluran nafas yang memang berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran nafas. Jika lendirnya terlalu banyak, maka akan timbul batuk untuk mengelurkan lendir yg berlebihan. Manusia juga memiliki kemampuan untuk membersihkan lendir sendiri dengan adanya semacam 'rambut2 halus' di dalam saluran nafas yang akan membawa lendir ke luar dan kemudian tertelan kadang tanpa kita sadari.
👉Pada bayi, 'rambut2 halus' tersebut belum bekerja dengam normal, sehingga pembersihan lendirnya tidak sempurna. Anti tidak usah khawatir krn hal ini bukanlah hal yang berbahaya. Tidak perlu tindakan khusus, kecuali jika lendirnya sangat banyak sampai anak terlihat sesak atau batuknya sangat ngikil.
👉 Jika hal ini berlangsung terus menerus dengan jumlah lendir yang banyak, yang perlu diperhatikan adalah mencari penyebab yg memperburuk kondisi, biasanya jika anak alergi terhadap sesuatu, maka jumlah lendirnya lebih banyak drpd biasanya.
👉Penyebab alergi saluran nafas paling sering adalah tungau debu rumah, bulu binatang, kecoak, dan polutan seperti asap rokok dan asap
kendaraan.

Catatan:
Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.

والله أعلم بالصواب
[Grup Wa BIKUM]

0 komentar :

Posting Komentar