Rabu, 22 April 2015

Tagged under:

Kumpulan Tanya Jawab 17

بسم الله الرحمن الرحيم

Selasa, 10 Jumadal akhirah 1436 H/ 31 maret 2015
________________________________

Kumpulan Tanya Jawab
            Grup BIKUM
          

         Di jawab oleh:
✒dr. Nurul Futuchah

Pertanyaan 1.
❓Bagaimana menyiasati anak yang alergi MSG,kebetulan anak-anak ana jika makan yang mengandung MSG gatal-gatal sekujur tubuh.

Jawaban:
Untuk menghindari gatal2 karena alergi caranya adalah dengan menghindari penyebab alerginya. Jika alergi Msg, maka jangan memasak atau mengonsumsi makanan yg mengandung Msg. Msg diganti dengan bumbu dapur yg lain.

Pertanyaan 2.
❓Kalau org sering pusing kepala kanan yg terasa smp ketulang hidung dan spt itu sering trjadi pada pagi hari yg dingin( klu menghirup udara luar).  Itu kenapa y ?

Jawaban:
'Afwan perlu wawancara dan pemeriksaan langsung

Pertanyaan 3.
❓Ade ana sering mengalami kram di rahim kenapa ya umm?

Catatan: dia melahirkan sesar 2 th yg lalu..

Jawaban:
Perlu diperjelas lagi apakah nyerinya adalah nyeri kram, atau nyeri pada luka bekas operasi. Orang yg pernah menjalani operasi masih dapat mengalami nyeri pada luka bekas operasinya walaupun operasi sudah 2 th yang lalu. Jika nyerinya tdk sampai membuat aktivitas terganggu maka tdk mengapa ( Insyaa Allah ).

Pertanyaan 4.
❓anak no 2. umur 7thn waktu lahir menelan ktuban  kata dokter ada ketuban yang masih tinggal di paru2 dan akan hilang sendiri ketika sudah kelas 5. Dari kecil dia jika drop sering sesak nafas seperti asma.
pertanyaan bagaimana cara perawatan yang baik hingga menghilangkan cairan ktubannya?

  Jawaban:
'Afwan ana tidak sependapat dengan penjelasan tersebut.
Janin di dalam rahim secara normal memang menelan air ketuban (masuk saluran pencernaan, bukan ke paru - paru). Jika yg dimaksud adalah tersedak air ketuban saat lahir sehingga masuk paru2, maka sesak napas akan terjadi saat itu juga sehingga bayi harus dirawat secara intensif. Jika sesak napas terjadi pada bayi usia > 1 bln, maka penyebab sesaknya tidak ada kaitannya dengan air ketuban.

Pertanyaan 5.
❓Bagaimana pengobatan bronkhitis?

Jawaban:
Pengobatan bronkhitis disesuaikan dengan penyebabnya. Umumnya diperlukan obat simtomatis untuk mengobati gejala yang timbul seperti obat batuk atau obat sesak, dan pengobatan kausatif untuk mengobati penyebabnya seperti antibiotik jika ada infeksi bakteri dan obat antialergi untuk mengobati alerginya

  ~~~~~~~~~~~~~

Catatan :

Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.

والله أعلم بالصواب

Grup Wa BIKUM
[4:09 PM 01/04/2015] ‪+62 853-4467-4900‬: ❓❓❓❓

بسم الله الرحمن الرحيم

Rabu,11 Jumadal Akhirah 1436 H/ 1 april 2015
_________________________________

Kumpulan Tanya Jawab
               Grup BIKUM
              

      No.1-3 di jawab oleh:
✒dr. Dianika Ummu. Raihana

Pertanyaan 1.
❓2 th lalu ana di oprasi karena ada kista di saluran indung telur kiri dan hamil ektopik di sebelah kanan,menurut dokter masih bisa hamil karena indung telur kiri masih berfungsi.
Namun sampai sekarang qodarulloh belum di beri keturunan,malah akhir2 ini pinggang sebelah kiri sering sakit dan perut terkadang nyeri seperti mau haid...
itu kenapa ya dok?

Jawaban:
'afwan um, ana pun tidak dapat memastikan.
Ahsan memang di USG agar jika ada masalah pada indung telur dapat segera diketahui dan segera diobati.

Pertanyaan 2.
❓Apakah kekurangan dan kelebihan sunat dgn cara laser dan dgn cara yg biasa ?

Jawaban:
Khitan dengan metode biasa secara umum masih dianggap sebagai metode terbaik oleh para ahli medis. Kelebihannya, sterilitas alat serta metode nya lebih dapat di pertanggung jawabkan dan penyembuhan lukanya lebih cepat.
Saat ini, orang-orang sering rancu antara metode khitan menggunakan laser dan menggunakan kauter.
Yang banyak disebut sebagai "khitan laser" biasanya bukan memakai laser namun memakai kauter (logam panas semacam solder yang digunakan untuk memotong jaringan). Khitan dengan kauter memang prosesnya lebih cepat dan perdarahan lebih sedikit, namun penyembuhannya lebih lama dan ada risiko jaringan yang terbakar lebih luas dari yang seharusnya.
Metode laser yang sebenarnya sangat mahal dan membutuhkan tenaga yang benar-benar ahli karena kesalahan prosedur dapat menyebabkan kematian jaringan, oleh karena itu khitan laser hanya dilakukan di rumah sakit tertentu. Kelebihannya antara lain perdarahan lebih sedikit, proses sangat cepat, dan penyembuhannya cepat.
☝Apapun teknik khitannya, pastikan khitan dilakukan oleh dokter yang ahli dalam mengkhitan agar metode dan sterilitas alat dapat dipertanggung jawabkan.

Pertanyaan 3.
❓ayah ana punya alergi sama udang, ayam potong kemarin alergi ayah ana kumat parah seluruh badan ayah ana gatal2 sampe bercak2 putih bahkan sampai kepala ayah ana pun ikut gatal dan bercak putih ketika berobat ayah dberi pil tp pil nya bekerja cuma sebentar setelah itu gatal2 nya kumat lagi gmn ya umm penyakit ayah ana,mohon sarannya um.

Jawaban:
Untuk kasus-kasus alergi, yang terbaik adalah dengan menghindari penyebab alergi tersebut.

      No.4-5 Di jawab oleh :
✒dr. Emi Umm. khonsa

Pertanyaan 4.
❓mengapa telapak tangan kanan saya terasa pegal, sakit jika menggenggam atau memegang sesuatu, nyeri sampai ke pergelangan tangan ke atas, kadang kesemutan bahkan mati rasa, jika bersentuhan dengan air dingin terasa ngilu. Kenapa dengan tangan saya?

Jawaban:
Pergelangan tangan nyeri kemungkinan bisa disebabkan oleh gangguan metabolik dari tingginya asam urat, lemak dalam darah atau gula darah, tidak lancarnya aliran darah, penumpukan sisa metabolisme seperti asam laktat, sehingga perlu anamnese & pemeriksaan lebih lanjut.
Untuk sementara bisa pakai koyo atau krim yg efek panasnya dapat membantu memperlancar aliran darah. Dan segera periksakan ke dokter terdekat untuk mengetahui penyebab pastinya serta penanganan selanjutnya.

Pertanyaan 5.
❓Apa sebab dan solusi untuk anggota tubuh yg sering kedutan? Yang sering dialami adalah bagian mata dan itu berlangsung kdg smp 4hari. Sehingga tidak nyaman untuk beraktivitas.

Jawaban:
Kedutan yg terjadi sebentar disebut juga twitching terjdi ketika adanya ketidaksingkronan kontraksi otot biasanya akan menghilang sendirinya dalam waktu yang cepat (sekitar beberapa menit-jam). Ada lagi kedutan terutama di mata yg sering berulang dalam jangka waktu yg lama yg disebut Hemifacial Spasm ( HFS ). Kondisi ini mgkin kesannya seperti orang yg "main mata". Biasanya keluhan ini susah hilangnya meskipun sudah mencoba berbagai macam pengobaatan. Umumnya kedutan dimulai pada mata & lama kelamaan akan bertambah ke bagian pipi hingga sampai ke daerah sudut mulut. Pada saat terjadi kedutan yg terjadi adalah spasme/kejang spontan dari otot-otot wajah, sekitar mata, pipi, bibir hingga otot leher. Kejang spontan ini tidak bisa dikendalikan & terjadi terus menerus secara bersamaan & bila memberat dapat juga menimbulkan gangguan pandangan. Kedutan ini akan semakin sering disaat penderita sedang lelah/lagi stress . Bahkan ada juga yang merasakannya sampai saat menjelang tidur. Memang keluhan ini tidak disertai rasa nyeri tetapi karena sifat gangguannya yg membuat penderita sampai mengalami frustasi, cemas bahkan tidak sedikit yg sampai depresi.
Pencetus kedutan diantaranya selain stress, kelelahan & ketegangan juga ada kecenderungan karena keturunan karena mempunyai variasi pembuluh darah yg sama. Jenis kedutan ini dpat disembuhkan dengan operasi Dekompresi Mikrovaskular ( MVD ) yg dilakukan oleh dokter ahli bedah saraf. Operasi ini biasanya berlangsung sekitar 2 sampai 3 jam & pasien biasanya harus menginap di RS sekitar 4 hari.

~~~~~~~~~~~~~~

Catatan :

Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.

والله أعلم بالصواب

Grup Wa BIKUM

بسم الله الرحمن الرحيم

Kamis, 12 Jumadal Akhirah 1436 H/ 2 april 2015
___________________

Kumpulan Tanya Jawab
               Grup BIKUM
               (Bagian17.3)

Dijawab oleh
✒tim gizi BIKUM

Pertanyaan 1.
❓ klo trombosit tinggi dan hb darah rendah, adakh mkanan penunjang agar kembali normal Atw adakah makanan yg harus dhindari agar normal kembali?

Jawaban:
trombosit tinggi dan hemoglobin rendah harus dicari dahulu penyebabnya apa sebaiknya periksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Untuk makanan maka sebaiknya makan makanan yang bergizi, Kurangi makanan berlemak, perbanyak sayuran hijau, dan bila perlu vitamin B kompeks.
Bisa juga ditambah madu dan kurma

Pertanyaan 2.
❓ adik ana Berat badanya 110 kilo, tinggi 165,gmn cara yang aman untuk normal kembali?ana mohon bantuannya cara diet yang sehat.oya, adik ana dr kecil sdh gemuk  dan skrg usianya 23thn.

Jawaban:
Sebelumnya sudah pernah kami jawab ttg diet utk menurunkan berat badan.

Diet yang dapat dilakukan yaitu diet rendah kalori.

Prinsipnya adalah kurangi makanan yang berlemak, hindari cemilan manis2 dan perbanyak makan sayur dan buah. Dapat juga memilih makanan yang indeks glikemiknya rendah.

Selain itu juga olahraga sangat penting untuk membantu mengurangi berat badan.

☝Yang perlu diingat adalah diet yang sehat adalah penurunan berat badan yang tidak ekstrim dan tidak instan, yaitu sebanyak 0,5 kg - 1 kg per pekan.

Pertanyaan 3.
❓ Makanan apa saja yang bisa memperhalus kulit wajah? Menghilangkan flek hitam dwajah? 
Jawaban:
makanan yang dapat mempercantik kulit wajah yaitu perbanyak makanan yang mengandung antioksidan seperti buah2 dan sayuran, pola hidup yang sehat dan teratur serta perbanyak konsumsi air putih.

Pertanyaan 4.
❓ Suami ana punya riwayat penyakit triliserida tinggi, asam urat, dan tekanan darah rendah. Jika sedang rendah tensinya (90/70), diet apa yang sebaiknya diberikan?

Jawaban:
Pola makan yang dapat diterapkan yaitu
1⃣ mengubah jenis dan asupan lemak makanan, yaitu mengkonsumsi lemak tak jenuh seperti minyak jagung, minyak kedelai, minyak zaitun
2⃣ menurunkan asupan kolesterol pada makanan dengan menghindari makanan yg mengandung kolesterol misalny jeroan, mentega, keju
3⃣ meningkatkan asupan karbohidrat kompleks ( misal gandum, beras merah ) dann menurunkan asupan karbohidrat sederhana ( gula )
4⃣ memperbanyak konsumsi sayur dan buah sebagai sumber serat
5⃣ tekanan darah berhubungan dengan asupan natrium. Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang dapat menstabilkan tekanan darah, karena asupan makanan sehari2 cukup mengandung natrium yang dibutuhkan tubuh.
menghindari makanan yng tinggi purin, yaitu :
1⃣Makanan olahan dari kacang-kacangan. Contohnya melinjo, emping, dan tauco.
2⃣Makanan cepat saji kalengan. Contohnya  sarden dan kornet daging sapi.
3⃣Beberapa jenis sayuran, seperti daun singkong, kangkung, bayam, asparagus, dan buncis.
4⃣Beberapa jenis buah, seperti durian, nanas, dan air kelapa.
5⃣Daging dan jeroan, seperti daging kambing, limpa, hati, paru, otak.
6⃣Seafood, seperti udang dan kepiting.
Agar eksresi kelebihan zat purin lancar, banyak minum air putih.

Pertanyaan 5.
❓ Apa saja jenis makanan (sayur,lauk  buah, dan suplemen) terbaik yang mengandung glukosamin dan kondoitrin untuk penderita osteoarthritis?

Jawaban:
Glukosamin dan kondroitin ini terkandung di dalam jenis makanan seafood, seperti cumi-cumi, udang, kepiting, lobster dan hewan laut lainnya.
Zat tersebut terdapat pada tulang rawan dan cangkangnya dan bukan pada dagingnya. Namun jika kita kelebihan konsumsi seafood dapat meningkatkan resiko asam urat. Jadi untuk mendapatkan glukosamin dan kondroitin tanpa adanya resiko asam urat yaitu dengan meminum suplemen. Selain itu, dapat juga meminum susu tulang yang tinggi kalsium yang juga mengandung glukosamin.
Meskipun ada indikasi bahwa glukosamin dan kondroitin memiliki manfaat menghilangkan rasa sakit, namun suplemen ini belum lolos tes yang memenuhi syarat untuk digunakan sebagai pengobatan utama untuk osteoarthritis. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait efektivitasnya.
bagi penderita osteoarthitis juga banyaklah mengkonsumsi buah2an san sayuran yang banyak mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas serta perbanyak konsumsi air putih.

~~~~~~~~~~~~

Catatan :

Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.

والله أعلم بالصواب

Grup Wa BIKUM

بسم الله الرحمن الرحيم

Jumat,13Jumadil Akhir1436 H/ 3April2015________________

Kumpulan Tanya Jawab
               Grup BIKUM
               (Bagian17.4)

Dijawab oleh
✒Lathifah Um Fakhri, S.Si, Apt

Pertanyaan 1.
❓ Apakah ibu hamil yg memiliki riwayat Asma dan Maag, pada saat asma nya kambuh boleh menggunakan Fentolin? Dan saat maag nya kambuh bolehkan minum Antasida Doen atau Promaag?

Jawaban:
Yang dimaksud adalah Ventolin (bukan Fentolin). Tidak disebutkan yang digunakan apakah Ventolin tablet atau inhaler (sediaan semprot). Tablet ventolin in syaa' Allah aman digunakan pada ibu hamil. Justru ibu hamil harus mengontrol dengan baik penyakit asmanya karena janin butuh pasokan oksigen yang baik. Lebih aman lagi Ventolin dalam bentuk inhaler karena obatnya langsung mencapai titik sasaran. Tidak melalui plasenta.

Obat maag golongan antasida juga boleh digunakan untuk ibu hamil. In syaa'Allah aman.

Pertanyaan 2.
❓ Apa tips secara herbal yg tidak menimbulkan efek samping untuk mencerahkan warna kulit pada lipatan" yang ada pd tubuh seperti ketiak dan selangkangan?

Jawaban:
Bisa menggunakan jeruk nipis atau lemon. Air perasan jeruk nipis atau lemon dicampur dengan minyak zaitun atau dengan yogurt. Dioleskan secara rutin sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pertanyaan 3.
❓ ana minum acyclovir,selang brpa jam boleh diminum asam folat dan vit e nya? 

Jawaban:
Untuk menghindari efek interaksi obat pedoman yang umum diberi jarak 2 jam. Untuk acyclovir minumnya 5x sehari. Sedangkan suplemen asam folat dan vit E hanya 1x sehari jadi lebih mudah untuk mengatur minum obatnya.

Pertanyaan 4.
❓ Umur ana 40 thn klo malam kaki bahu leher rasay pegal2 tiap malam klo mau tidur ana olesi frescare dibagian yg pegel2 itu 2 smpe 3 olesan,kuarng lebih dah setengah bln ana pake itu krn rasay agak enakan,apakah ada efek ato pengaruhy pd kulit menggunakan frescare itu secra terus?

Jawaban:
In syaa' Allah tidak ada efek samping penggunaannya secara terus-menerus. Sediaan minyak aroma terapi seperti freshcare relatif lebih aman digunakan daripada salep/obat kimia.

Pertanyaan 5.
❓ Apakah cangkang kapsul yang digunakan pada obat generik halal?

Jawaban:
Kapsul yang digunakan di Indonesia in syaa' Allah halal. Sudah ada sertifikat halal MUI untuk cangkang kapsul.
Lain halnya dengan cangkang kapsul pada obat atau suplemen impor dari luar Allahu a' lam.
~~~~~~~~~~~~

Catatan :

Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.

والله أعلم بالصواب

Grup Wa BIKUM

بسم الله الرحمن الرحيم

Sabtu, 14 Jumadal Akhirah 1436 H/ 4 April 2015
------------------------------------------

Kumpulan Tanya Jawab
             Group BIKUM
             (Bagian 17.6)

〰〰〰〰〰

      No.1-3 di jawab oleh:
✒Bidan Ummu Rufaidah

〰〰〰〰〰

Pertanyaan 1.
❓ana hamil jln 5bulan. skitar 4bulan 2pekan, kok belum ngerasain apa2 diperut ya? kira2 letak janinny di bagian perut mana ya? tpi kmrin wktu umur 4bulan di USG dah ad gerakan pada layar USG, tpi ana sendiri belum merasakan apa2.

Jawaban:

Umur 18 bulan bayi memang blm diketahui mana punggung bayi, mna bokong mana kepala. In syaa Allah hal tersebut tdk mengapa krena memang saat di USG sdh terlihat gerakannya. Mgkn krena ketuban agak banyak, atau bukan kehamilan yg pertama, atau gerakannya kecil2.

Pertanyaan 2.
❓Ana SC sudah 3x dan sudah di steril oleh dokter karena panggul asimetris (sebab kaki kiri cacat) dan kaki ana sudah tidak kuat menahan berat badan jika hamil lagi. Bayi ana sudah berusia 9bln. Tetapi ana blm haid lagi. Alhamdulillah bayi makan dan menyusunya kuat. Yg ingin ana tanyakan,berbahayakah bagi kesehatan bila sudah 9bln blm haid?

Jawaban:

  In syaa Allah hal tsb tdk mngapa. Hal tersebut bisa di sebut amenhorea lactasy. Atau metode kb dg mnyusui. In syaa Allah slama blm mendapati haid , mk blm subur. Tp krna anti sudah steril, maka berhati-hatilah saat jima' di tahun pertma.

Pertanyaan 3.
❓ana hamil 4 bulan,dari anak pertama smpi ke 6,sering merasa gatal yg sangat saat hamil,karena gatal jdnya mau menggaruk akhirny sampai lecet. terutama bagian perut,payudara.
'Afwn bagaimana cara mengatasi atau mengurangi rasa gatal saat hamil?

Jawaban:

Cara mengatasi atau mnguranginya dengan mengoleskn minyak zaitun di bagian yg biasa terasa gatal.

     
No.4&5 di jawab oleh:
  ✒dr. Dianika Ummu Raihana

〰〰〰〰〰

pertanyaan 4.
❓ jika sesorang yang terkena penyakit struk sebelumnya sudah memiliki riwayat hipertensi (keturunan) apakah akan memungkinkan besar, bagi dia juga bisa mengalami komplikasi? Seprti kolestrol, diabetes, jantung, asam urat dll.
Pada riwayat keluarga besarnya juga kebanyakan memang mengalami komplikasi seperti itu, mohon penjelasannya.

Jawaban:
Penyakit-penyakit metabolik seperti kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi memang biasanya saling terkait. Contohnya : diabetes sendiri merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang berisiko terkena serangan jantung. Di sisi lain orang yang menderita diabetes juga lebih mudah menderita Hipertensi dan/atau kolesterol tinggi sehingga semakin mudah terkena serangan jantung atau stroke. Kolesterol, diabetes, hipertensi bukan komplikasi stroke namun merupakan faktor yang membuat risiko stroke dan penyakit jantung meningkat. Penyakit metabolik memang lebih mudah menyerang orang yang memiliki riwayat keturunan penyakit metabolik, sehingga orang tersebut perlu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit metabolik.

Pertanyaan 5.
❓ apa benar penderita kista tidak boleh makan toge,tempe,tahu,telur boiler,alpukat? Ayam boiler tdak blh di mkan tp Ќαlau telurnya?

Jawaban:
Dari beberapa jurnal ilmiah yang ana baca, memang ada pro-kontra masalah konsumsi kedelai dan hubungannya dengan kista ovarium. Sebagian peneliti mengemukakan konsumsi kedelai dapat meningkatkan produksi hormon estrogen yang menyebabkan kista semakin berkembang. Namun sebagian lainnya beranggapan penelitian tentang hubungan kedelai dan kista belum cukup valid karena hanya pernah diteliti pada hewan dan hewan tersebut diberi konsumsi kedelai yang sangat banyak (melebihi konsumsi kedelai rata-rata pada manusia).
Untuk ayam broiler dan telurnya, insyaallah aman bagi penderita kista. Memang sempat ada isu bahwa ayam broiler diberi suntikan hormon estrogen agar cepat besar, tapi isu tersebut insyaa Allah tidak benar sehingga ayam broiler aman dikonsumsi bagi penderita kista.

        ------------

Catatan :

Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.

والله أعلم بالصواب

Grup Wa BIKUM

0 komentar :

Posting Komentar