Kamis, 22 Januari 2015

Tagged under: , , ,

Menghitung Masa Subur



oleh: dr. Ika Ummu Azzam &bidan Ummu Rufaidah

Masa subur adalah masa dalam siklus menstruasi wanita dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, umumnya bagi yang mempunyai siklus haid 28-30 hari berad antara hari ke 12 hingga 18 dihitung dari hari pertama haid.
Cara menghitung dan menentukan masa subur

1. Siklus haid
     Masa subur mudah diketahui jika siklus haid setiap bulan lancar dan normal. Rata-rata siklus haid 28-30 hari atau 22-35 hari. Ada ahli berpendapat normalnya 28 hari, pertengahan siklus hari ke 14, maka masa subur 3 hari sebelum hari ke 14 sampai 3 hari setelah hari ke 14.Dapat juga menggunakan sistem kalender yang dapat di lihat di kakulator masa subur blog BIKUM.

Jika haid tidak lancar
       Catat jumlah hari dalam satu siklus selama 6 bulan (6 siklus) satu sikus dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya.

Rumus: 
Hari pertama masa subur = jumlah hari terpendek - 18
Hari terakhir masa subur = jumlah hari terpanjang -11

     2. Perubahan Sekresi Lendir (serviks) 
Caranya lendir dari mulut rahim diperiksa tiap hari. Biasanya agak encer,bening, mungkin elastis, mudah pecah , lembut, licin seperti putih telur mentah dan bila diraba dengan jari telunjuk atau ibu jari lalu direkatkan lendir seperti membentuk benang jarak 2-3cm. Jika terputus maka tandanya tidak subur, jika tidak terputus maka dalam masa subur. Tingkat keberhasilan cara ini 60-70%

     3. Ukur Suhu Tubuh
Normal biasanya 35,5-36 derajat celcius, pada saat ovulasi turun dulu dan naik kembali mencapai 37-38 derajat celcius dan tidak akan kembali ke suhu normal 35 derajat celcius. Caranya lakukan pengukuran pagi hari setelah bangun tidur -sebelum bangkit dari tempat tidur- setiap hari pada jam yang sama selama 3 bulan. Catat suhu tubuh sehingga membentuk kurva. Suhu diatas kurva normal menunjukkan sedang dalam masa subur.


Menghitung Hari Perkiraan Lahir

Caranya cukup mudah karena hanya membutuhkan beberapa tanggal saja untuk menentukan sudah berapa lama usia kehamilan saat ini. Salah satu tanggal yang digunakan untuk menghitung perkiraan lahir berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), hanya dianjurkan bagi bumil yang memiliki siklus haid normal dan teratur,yaitu sekitar 28-30 hari.

Rumus Neagle: HPHT +7; bulan pertama haid -3 dan tahun +1 ( jika bulan tidak dapat dikurangi 3 sperti januari, februari dan maret maka bulan +9 tetapi tahun tidak ditambah atau dikurangi)Contoh:
Jika HPHT Anda adalah 16 nov 2014, maka:
16 (+7).11 (-3).14 (+1)
Maka; 23 . 8 . 15 (ini tanggal HPL)

Jadi taksiran waktu kelahirannya  adalah tanggal 23 agustus 2015

Dapat dilihat di kalkulator kehamilan blog BIKUM.

Berikut adalah sedikit tips dari beberapa cara yang ada untuk mengetahui hari perkiraan lahir jika ibu lupa HPHT:
1. Mempergunakan tinggi fundus uteri (bagian rahim paling atas).

Mempergunakan tinggi fundus uteri untuk memperkirakan umur kehamilan terutama tepat digunakan pada hamil pertama. Pada kehamilan kedua dan seterusnya perkiraan ini kurang tepat.

2
. Quickening ( Gerakan Janin Pertama)Bila HPHT tidak diingat lagi maka sebagai pegangan dapat dipakai
antara lain dengan gerakan-gerakan janin. Gerakan janin pertama biasanya dirasakan pada usia kehamilan 16 minggu

3. USG (UltraSonografi)
Penentuan usia kehamilan dengan menggunakan USG:
1. Pengukuran diameter kantong gestasi (GS - Gestasional sac) untuk kehamilan sampai dengan 7 minggu.
2. Pengukuran jarak kepala-bokong (CRL - Crown Rumph Length) paling baik digunakan untuk menetukan usia kehamilan pada trimester 1 sampai usia kehamilan 12 minggu.
3. Pengukuran diameter biparietal digunakan untuk menentukan usia kehamilan terutama setelah usia kehamilan 12 minggu.  Dan terdengarnya detak jantung janin biasanya sudah terdengar sejak usia kehamilan 12 minggu.

HPL biasanya akan maju atau mundur sampai 2 minggu dari perhitungan yang telah ditetapkan.
Semoga cara yang sederhana ini  bisa membantu.


Wallahu'alam bisshowab.

-GRUP WA. BIKUM-

0 komentar :

Posting Komentar