Selasa, 27 Januari 2015

Tagged under:

KUMPULAN TANYA JAWAB GRUP BIKUM (Bagian 1.4)



 
PERTANYAAN 31
Anak ana umur 4 bulan. Masih ASI eksklusif.Sekitar sepekan ini ada benjolan2 di atas kepalanya seperti jerawat/ bisul kecil-kecil.  Bagian atas benjolan tersebut mengeluarkan cairan dan cepat kering.
Sebelumnya (sekitar 2 pekan lalu) juga pernah muncul benjolan2 tersebut, tapi tidak terlalu banyak seperti sekarang dan hilang sendiri.
Bagaimana penyembuhannya?
Apa nama penyakitnya?

JAWABAN (dr. Emy Ummu Khonsa)
👉 Dari keluhan yg disampaikan, sepertinya mengarah ke infeksi kulit, impetigo. Sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter supaya diagnosa dan terapi bisa dipastikan.


PERTANYAAN 32
Anak ana laki2 dah brumur 2 thn 3 bln, tp masih minum ASI.
Ana sdh mencoba menyapih( dng memberi bubuk biji mahoni, brotowali, lipstik dll) tp te2p menyusu..bagaimana saran dokter? 
Dan kini  beratnya 11 kg, makannya sulit sekali, ana coba beri susu pediasure tp tdk mau minum? Ana takut anak ana kurang gizi

JAWABAN (tim gizi BIKUM)
Menyapih pada anak memang beda2 ada yg susah ada yg gampang yg terpenting pertama kali si ibu harus ikhlas dulu untuk menyapih, anak susah makan bisa jd krn masih menyusu maka dr itu harus dihentikan menyusunya dulu, bisa dengan cara si anak tidur dgn bapaknya atau eyangnya dulu selama penyapihan karena anak  kalau lihat ibunya pasti ingin menyusu..jangan lupa anak sering2 dipeluk dan diberi pengertian kalau anak sudah tidak boleh menyusu lagi.
Anak tidak mau minum sufor tidak masalah yg penting makanan anak sudah bergizi, ditambahkan minyak 4 sendok tiap hari untuk pertumbuhan otot serta otaknya, dan berikan juga cemilan bergizi pada anak. 
Dilihat dr berat badan, memang kurang utk anak usia 2 thn. Usahakan makanan bergizi dg minyak dan bervariasi serta tidak memberi anak cemilan mendekati waktu makannya, agar anak tidak merasa kenyang duluan. Klo masih ga mau makanan juga jgn  dipaksakan, berikan lagi 1 atau 2 jam berikutnya.


PERTANYAAN 33
Anak ana balita 6bln sdh ada kebiasaan emut jempol semenjak 4bln.
Sering ana cegah dgn melepaskan dr mulutnya hingga mmberi habatussauda'ke jempolnya. Tp masih saja.
Bagaimankah cara mencegahnya?
  
JAWABAN (dr. Dianika Ummu Raihana) 
Kebiasaan emut jempol pada bayi sampai usia 1 tahun itu wajar, karena bayi pada usia tersebut memang memperoleh kepuasan dengan memasukkan benda2 ke mulutnya. Sebaiknya tidak usah terlalu dipaksakan melepaskan jempol dari mulutnya. Yang penting tangan & benda2 yang dipegang bersih. Amati saja kapan biasanya anak menghisap jempol. Jika karena lapar/haus, segera susui, jika bosan ajak bermain, jika gelisah tenangkan, dsb. Atau boleh diberikan teether yang bisa digigit2 anak. Biasanya kebiasaan ini akan berhenti sendiri setelah usia 1 tahun.


PERTANYAAN 34 
Anak pertama ana (4,5thn) tepat diputing susu kanannya ada bentol menyembul. Tp tidak berisi air, nanah atau apapun. Kalau ana pencet, dia kesakitan. 
Mohon dijelaskan itu apa ya dok?
apakah bisa hilang nantinya?

JAWABAN (dr. Dianika Ummu Raihana)
Untuk kasus2 benjolan perlu dilihat dan diraba langsung, ukhti. Jadinya ahsan diperiksakan ke dokter. 


PERTANYAAN 35
Usia brp yang tepat untuk mengkhitankan anak laki laki? 
Lebih bagus yang biasa ato memakai laser?
persiapanx apa sj?
 &Setelah dikhitan, bagaimana merawatnya?apakah ada pantangan makanan agar cepat sembuh?
  
JAWABAN (dr. Emy Ummu Khonsa)
Pada umumnya sekitar 10 -13 thun, dekat masa pubertas laki2, 
Terkecuali bila ada gangguan dalam kencing atau kelamin contoh fimosis yg komplkasinya bisa terjadi sumbatan di jalan kencing, maka segera khitan lebih baik, balita sudah bisa.
Untuk metode, biasanya laser agak lama sembuh karena memotong dengan membakar /luka bakar, cuma pdarahan saat tindakan sedikit,
Tapi tergantung prawatan. Untuk perawatan biasa setelah khitan, diperban, 3 hari kmudian ganti perban kita buka, tidak diperban lagi pake salep aj, selama masih basah usahkan g kena air, setelah bak, bisa disiram betadin/povidon iodine, disalep lagi.
  

PERTANYAAN 36
Ana ada masalah dalam penyusuan anak,puting payudara ana kedalam dan yg satunya ada tp kecil,itupun dua2 nya berdarah..sampai terbelah,sakit sekali
Waktu itu..tetap ana susui,tp ana tidak tahan dengan rasa sakitnya,ini ketika ananda berumur -+ sebulan,akhirnya ana berikan ia sufor 1 hari dengan botol dot,setelah mungkin ia merasa enak,pada hari berikutnya ana kasih asi lagi dia tidak mau. 
Sekarang umurnya +-sudah 3 bulan.
Yang ana mau tanyakan " bagaimana solusinya agar ananda mau menetek lagi?

JAWABAN (dr. Emy Ummu Khonsa)
Sepertinya anak ummu mgalami masalah bingung puting, sekarang lebih suka menyusu dengan dot. Karena mkcanisme nyusu pd ibu berbeda dengan pada dot . Menyusu pada ibu lebih butuh kekuatan menghisap lebih  bsar. Bisa tetap dcoba myusui, sementara perwatan putingnya coba sambil ditarik pelan (manual), ato menggunakan spuite10 cc yg dipotong & dibalik. Kalau masih kesulitan mnyusui, alternatif lain asinya bisa diperaskan, ditaruh dibotol dot, diminumkan dengan dot
 
dr. Lina menambahkan, 
Untuk mencoba menyusui lagi pada bayi (relaktasi) bisa dilakukan dg cara ASI diperas dimasukkan ke  gelas, kemudian dipasang selang NGT halus no.5 (bisa didapat di apotek atau toko alat kesehatan) dari gelas dihubungkan dg areola mamae ibu disamping puting diplester, sehingga bayi sementara mendapatkan ASI dg mudah lewat selang juga merangsang puting ibu agar dihisap. Kalo bisa tidak menggunakan dot dahulu, jika mau memberikan ASI dg cara lain berikan ASI perah dengan disendoki agar bayi tidak bingung puting lagi, sambil terus dilatih mengisap puting ibu.
  

PERTANYAAN 37
Apakah benar sayur bayam tidak boleh dimakan setelah beberapa jam?
 Dan apakah tidak boleh juga dihangatkan?
  

JAWABAN (tim gizi BIKUM)
Bahaya dari sayur bayam yang telah lama didiamkan ini terjadi karena adanya proses oksidasi yang terjadi antara udara dan bayam. Sayur bayam adalah penghasil zat besi terbanyak, dan ketika zat besi terlalu lama bereaksi dengan udara, maka zat besi ini akan teroksidasi dan berubah menjadi senyawa kimia bernama Ferro. Ferro adalah senyawa kimia yang bersifat racun (oksidan) bagi tubuh. Jadi ketika kita makan bayam yang telah lama dimasak, bukan antioksidan yang kita dapat. Justru hasil oksidasi dari zat besi yang telah berubah menjadi oksidan, itu artinya sama saja dengan memasukkan racun kedalam tubuh kita.Selain itu, bayam juga mengandung senyawa kimiawi nitrat (NO3) , yang ketika teroksidasi juga akan berubah, yaitu akan menjadi nitrit (NO2) dan ini juga bersifat racun.Selain tidak boleh dimakan dalam jangka waktu lama setelah dimasak, sayur bayam juga tidak boleh dimakan jika sudah dipanaskan berulang-ulang. Sebenarnya tidak ada batasan waktu yang pasti, mengenai waktu yang aman untuk bayam setelah dimasak. Namun kita bisa melihat indikasinya, jika sayuran bayam yang telah kita masak berubah warna menjadi kehitaman, itu berarti telah terjadi oksidasi dan bayam sudah tak aman untuk dikonsumsi.Dalam proses pemasakan awal dan pendinginan sayur, proses oksidasi sebenarnya sudah mulai terjadi walaupun sayur ditutup. Dan secara Perlahan sayuran ini akan berubah menjadi kehitaman dalam waktu antara 4 hingga 5 jam setelah dimasak.


PERTANYAAN 38
Bagaimana cara mengatasi dan mengobati batuk yg g kunjung sembuh,,,
batuk ana kurang lebih 1 bln

JAWABAN (dr. Nurul Futuchah)
Batuk bisa terjadi krn berbagai macam penyakit. Jika anti sdh batuk selama 1 bulan, apalagi jika disertai dengan badan sering panas dan keringat malam hari, sebaiknya periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Yang dikhawatirkan adalah kemungkinan terkena penyakit flek/tuberkulosis/tbc yang harus menjalani pengobatan minimal 6 bulan krn termasuk penyakit menular.

Ummu Muhammad, akp menambahkan, 
Paru-paru bermasalah (batuk tak kunjung sembuh, sesak dsb) bisa disebabkan banyak faktor diantaranya bila sedih yg mendalam,
Maka solusinya insyaAllah dengan cara menghilangkan rasa sedihnya. Dan untuk pengobatan serta terapinya tetap periksakan terlebih dahulu ke ahli yg berkompeten di bidangnya.
  


PERTANYAAN 39
 Apakah yang menyebabkan sakit pinggang sehingga sulit untuk jongkok, duduk, berdiri rasanya sakit. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang tersebut. Dan apa obat/herbal yang aman dikonsumsi

JAWABAN (dr. Emy Ummu Khonsa) 
Sebaiknya untuk memastikan sakit, diperiksakan kdokter, untuk diperiksa lebih lanjut baik pemeriksaan darah atau foto rontgen, ct scan ato MRI.

Ummu Muhammad, akp menambahkan,
 Untuk herbal ataupun terapi sakit pinggang bisa dg bekam, akupuntur maupun PTB (perbaikan tulang belakang) seperti yumeiho atau kiropraksi. Akan tetapi harus tahu dulu penyebabnya, jadi periksakan pada ahli yg berkompeten di bidangnya agar mendapatkan terapi dan  herbal yg sesuai.


PERTANYAAN 40
Kalau ada keluhan dada sakit,seperti ditusuk tusuk sama sesak nafas periksanya di spesialis jantung atau penyakit dalam?

 JAWABAN (dr. Nurul Futuchah)
Keluhan seperti itu bisa terjadi krn berbagai sebab. Anti dapat mendatangi dokter umum terlebih dahulu untuk diperiksa keluhan tersebut mengarah ke penyakit apa baru kemudian dirujuk ke spesialis.


Catatan:

Afwan kalau jawaban dari pertanyaan2 tersebut mungkin masih banyak kekurangan, disarankan agar juga mengambil jawaban dari sumber lain karena banyaknya keterbatasan kami.



-GROUP WA BIKUM-

0 komentar :

Posting Komentar