Kamis, 22 Januari 2015

Tagged under:

KUMPULAN TANYA JAWAB GRUP BIKUM (Bagian 1.2)


PERTANYAAN 11
Alhamdulillah setelah ana test ana positif hamil anak kedua. Anak pertama usia 18 bulan, yg ingin ana tanyakan
a. Ana ingin lanjut memberikan Asi untuk anak ana sampai 2th, apakah memungkinkan ana nursing while pregnant?
b. Apakah berbahaya bagi janin jika ana meminum herbal semacam booster Asi untuk menyiapkan kebutuhan asi bagi si kakak?

JAWABAN (dr. Lina Ummu Abdillaah)
Selama tidak ada riwayat perdarahan, kontraksi berlebihan, tanda-tanda persalinan premature atau penurunan berat badan ibu, maka menyusui saat hamil insya Allah tidak apa-apa.
Ketika terjadi kontraksi, yang normal terjadi pada ibu hamil seperti saat berhubungan,  ibu hendaknya istirahat dahulu sampai kontraksi hilang & selanjutnya kegiatan menyusui bisa dilanjutkan kembali. Yang perlu diperhatikan adalah nutrisi yang dikonsumsi ibu harus cukup dan seimbang untuk kebutuhan ibu, janin & ASI si kakak. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin untuk mengecek perkembangan janin ibu. Mengenai herbal untuk meningkatkan produksi ASI hendaknya dikonsultasikan dengan dokter ahli akan keamanannya, karena meskipun herbal tetap mengandung zat kimia yang belum tentu aman buat bumil atau janin.


PERTANYAAN 12
Jika telinga anak terkadang ada bau tdk sedap ttp anak trsbt tdk merasakn skt hny gatal sj..apakh hal trsbt wajar&apa penyebabnya? penggnaan obt tetes telinga yg mngndng antibiotik  batas pmkaian sampe brp  hr?apa perlu pake tetes herbal THM saja

JAWABAN (dr. Lina Ummu Abdillah)
Jika tidak ada keluhan, telinga berbau mungkin karena lembabnya lubang saluran telinga saja, cukup dikeringkan dengan kain lembut setelah mandi. Pemakaian tetes telinga antibiotik hanya diberikan jika ada indikasi infeksi bakterial.


PERTANYAAN 13Riwayat penyakit ana tonsilitis tapi sudah dioperasi
Pertanyaan:
1.apa penyakit bronkitis kronis yang disertai sesak nafas dapat sembuh dengan total?
2.Herbal apa yang cocok untuk pengobatan bronkitis yang ana alami,,padahal ana kemarin sdh mengkonsumsi jelly gamat 3 botol,,tpi mengapa setelah habis kok bronkitisny kambuh?
3.Hal2 apa saja yang perlu dilakukan spy bronkitisny cepat sembuh dok ?

JAWABAN  (dr. Emy Ummu Khonsa)
Bronkhitis dengan sesak..ini butuh data yg lengkap untuk menegakkan diagnosa pastinya.
Biasanya batuk lama dikaitkan penyakit infeksi seperti tbc atau asma,
pada tbc, sesak merupakan komplikasi bila sakit sudah parah.
Sementara asma terkait alergi. Untuk asma, karena alergi adalah sifat, kalo ada pemicu alergi bisa muncul batuk yg akhirnya sesaknya jg muncul. Jadi bisa kambuhan, obat hanya untuk pereda sesak dan menekan reaksi alergi.
Jadi mohon dipastikan ke dokter tentang keterangan penyakitnya.


PERTANYAAN 14
Ana sudah lama mengalami susah BAB.minum obat pencahar baru bisa.pertanyaan ana apakah tidak mengapa minum pencahar (yang ana minum daun jati belanda) setiap hari ?

JAWABAN (Syifa Ummu Abdirrahman, S. Farm, apt)
Konsumsi daun jati belanda secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi lambung. Untuk mengatasi sembelit sebaiknya minumlah air putih yang cukup, rajin mengkonsumsi sayuran/buah-buahan yang kaya serat, misalnya gandum/oatmeal, tomat, sayuran berwarna hijau, wortel,  pepaya, jeruk, alpukat, apel.


PERTANYAAN 15

Apa nama obat herbal untuk hati bengkak untuk orang yg sudah tua

JAWABAN (Syifa Ummu Abdirrahman, S.Farm,apt)
Temulawak dikenal sebagai hepatoprotektor(pelindung hati). Temulawak berfungsi sebagai antiradang untuk memperbaiki organ hati yang rusak. Caranya rimpang temulawak dicuci, lalu dikupas, iris tipis-tipis. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.  Angkat, saring, dinginkan.  Diminum 1 gelas sehari. Namun perlu diingat, pembengkakan hati tergolong kedalam kondisi medis yang serius dan harus mendapatkan penanganan yang cepat & tepat karena jika tidak segera di obati maka organ hati tidak akan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Sebaiknya segera periksakan ke dokter/tenaga medis yang ahli di bidangnya.


PERTANYAAN 16
Setelah melahirkan anak kedua (kurang lebih sudah 3bln), ana menderita gatal gatal dI paha sampai kaki, gatalnya kumat kumaTan.. kalau pas gatal tidak bisa ditahan untuk digaruk dan ketika digaruk timbul bentol bentol Kecil yg banyak yang akan menghilang lagi setelah gatal reda. bekas dari gatal itu menghitam rata kuLit. ana sudah ke puskesmas dan diberi salep hydrocortison 2,5% tp tdk membantu, tetap gatalnya.
Pertanyaan : adakah salep/herbal yg lebih buat gatal yang seperti itu? atau itu akibat darah kotor? adakah herbal buat memudarkan bekas hitamnya?

JAWABAN (dr. Emy Ummu Khonsa)
Gatal di paha, jika pengobatan selama ini kurang memuaskan, bisa diperiksakan ke dokter kulit untuk diperiksa secara langsung, beda penyebab beda obat.

Ummu Muhammad, akp menambahkan:
Untuk herbak bisa minum madu, mengkudu, pegagan, dan daun sirsak. Akan tetapi untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai hendaknya diperiksakan dulu.


PERTANYAAN 17
Apakah tumor d kepala harus selalu dioperasi? Bisakah memakai herbal? Herbal apa?

JAWABAN (dr. Lina Ummu Abdillaah)
Tumor di kepala bisa dilakukan operasi atau tidak tergantung jenisnya jinak ataukah ganas, lokasinya mudah atau tidak dilakukan operasi. Ahsan dikonsulkan dokter untuk mengetahui diagnosa & penatalaksanaannya. Untuk herbalnya bisa dikonsultasikan dengan ahlinya setelah dilakukan pemeriksaan.


PERTANYAAN 18
Lidah ana sakit, apakah ini sariawan/ pns dalam? Obat apakah yg aman? Ana masih menyusui....

JAWABAN (dr. Lina Ummu Abdillah)
Lidah sakit bisa disebabkan infeksi jamur (candidiasis), sariawan, gigi palsu yang kurang pas, kekurangan vitamin B12, anemia/kekurangan zat besi atau gejala awal kanker mulut. Penanganan tergantung sebabnya. Sebagian besar gangguan sakit lidah tidak menunjukkan masalah yang berat, tetapi jika sakit terus berlangsung, semakin buruk, atau disertai gejala lainnya segera diperiksakan ke dokter.


PERTANYAAN 19
Bagaimana cara mengobati gatal dibagian sela" paha

JAWABAN dr. Nurul Futuchah
Penyakit gatal2 bisa terjadi karena alergi, iritasi, atau infeksi. Pengobatannya tergantung penyebab. Sebaiknya anti periksa untuk mengetahui penyebabnya. Untk pertolongan pertama bisa dengan menjaga kebersihan daerah tersebut, jangan menggunakan celana dalam atau dalaman yang ketat, dan jaga kelembabam kulit.



PERTANYAAN 20
Bismillah.kehamilan saya sdh masuk 40 minggu lebih bbrp hari.hasil usg diperkirakan bayi berat 3kg lebih.blm ada tnd2 melahirkan.hanya kontraksi palsu.penggunaan herbal yg tepat sperti apa (jenis dan banyaknya) utk merangsang kontraksi agar segera lahir?syukron

JAWABAN (
dr. Lina Ummu Abdillah)
Untuk merangsang kontraksi bisa dilakukan dengan cara alami :
a. Banyak berjalan kaki untuk merangsang janin turun lebih cepat, memperlancar sirkulasi darah
b. Melakukan senam hamil, untuk melemaskan daerah jalan lahir memperlancar penurunan bagian bawah janin
c. Berhubungan dengan suami, kandungan sperma dapat merangsang timbulnya kontraksi rahim
d. Menstimulasi puting payudara, memacu hormon oksitosin yang merangsang rahim berkontraksi
e. Hilangkan rasa cemas, persalinan biasanya belum akan dimulai jika masih tegang & cemas
f. Pijat refleksi, sebaiknya dilakukan ahli yang menguasai teknik refleksi & dibawah pengawasan dokter
g. Terapi akupunktur, harus dilakukan dengan hati2 & oleh ahlinya.
h. Herbal, harus dikonsultasikan dengan ahlinya karena dosis yang berlebihan dapat membahayakan janin.
Jika setelah 41 minggu belum ada tanda2 persalinan juga, ahsan diperiksakan dokter untuk mengetahui kondisi janin & perlu tidaknya dilakukan induksi/ dirangsang,karena semakin tua kehamilan dikhawatirkan fungsi plasenta sudah menurun.

Catatan:
Afwan kalau jawaban dari pertanyaan2 tersebut mungkin masih banyak kekurangan, disarankan agar juga mengambil jawaban dari sumber lain karena banyaknya keterbatasan kami.



-GRUP WA BIKUM-

0 komentar :

Posting Komentar