Kamis, 22 Januari 2015

Tagged under:

KUMPULAN TANYA JAWAB GRUP BIKUM (Bagian 1.3)


PERTANYAAN 21
Bulan 12 kemarin ana kedokter kandungan,in syaa Alloh mau program ni,trs ana dikasih vitamin asam folat 2 keping,trs asam folat habis dalam jangkau 20 hari: pertanyaan ana apa boleh membelinya di apotik dan mengkonsumsi vitamin tersebuk dalam masa program

JAWABAN (dr. Lina Ummu Abdillah)
Asam folat bisa dibeli di apotek, memang disarankan mengonsumsi asam folat bagi ibu yang merencanakan hamil sampai selama kehamilan, karena tubuh tidak menyimpan asam folat asam folat yang cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan tubuh sehingga perlu adanya asupan tambahan baik dari makanan ataupun suplemen.


PERTANYAAN 22
Apakah bedrestnya wanita hamil 4 bulan karena pernah pendarahan dan sampai saat ini masih ngeflek udah 1 bulanan harus tiduran terus sampai sembuh?

JAWABAN (bidan Ummu Rufaidah)
Naam ukhty, tetap harus bedrest. karena meskipun sudabh 4bln dikhawatirkn perdarahan yg terjadi semisal adanya perlengketan plasenta yg terlepas dsb...namun alangkah baiknya anti melakukan konsultasi dg Dokter Spesialis Kandungan untuk memeriksakan kandungan anti, dg di USG untuk mangetahui kondisi yang lebih akurat (insya Allah) kandungan anti


PERTANYAAN 23Apa yang Dimaksud dengan varises vagina?bahayakah?samakah dengan varises didaerah luar vagina sperti paha atau kaki?(kasus varises tingkat bahaya untuk ibu hamil)bagaimana nasehat dokter thdp umahat yg memiliki kasus khamilan demikian.persalinan normal atau sesar.

JAWABAN dr. Dianika & dr. Lina
Varises adalah pelebaran pembuluh darah vena. Varises vagina adalah pelebaran pembuluh darah vena yang terdapat di labia mayora (bagian vagina yang bentuknya menyerupai bibir).
Varises vagina sering terjadi pada bumil terutama trimester tiga berupa tonjolan berkelok & kebiruan pada vagina karena melebarnya pembuluh darah balik akibat kelainan katup dalam pembuluh darah balik. Varises vagina disebabkan pengaruh hormon progesteron sehingga dinding pembuluh darah membesar & melebar, juga karena di akhir kehamilan janin yang mengisi rongga panggul menyebabkan bendungan sehingga aliran darah dari kaki, tungkai, pangkal paha & perut bagian bawah terhambat sehingga timbul varises. Varises vagina jarang menimbulkan masalah serius pada bumil & tidak mempengaruhi janin yang dikandungnya. Keluhan hanya pegal di sekitar organ intim. Bila varises masih ringan, persalinan insya Allah masih bisa spontan/normal, akan tetapi jika varises banyak atau cukup berat maka sebaiknya melahirkan secara SC untuk menghindari pecahnya pembuluh darah yang melebar akibat trauma atau perlukaan jalan lahir.


PERTANYAAN 24
Calcium deredoxon apa boleh di konsumsi penderita hamil tapi maag?

JAWABAN (dr. Emy Ummu Khonsa)
CDR kan dosis vit c nya tinggi 1000mg, kadang bisa menyebabkan maag kambuh, kalo amannya untuk ibu hamil insyaaAllah aman aj, tapi kalau ada riwayat maag, minum separuh saja, sesudah makan, semoga lambungnya masih tahan, kalau ada rasa tidak nyaman ya ga perlu konsumsi dulu.


PERTANYAAN 25
Ana caesar sdah 2 kli dan jrakny sdah 4th, apkah ana msih bsa mlhirkan normal?

JAWABAN (bidan Ummu Rufaidah)
Insya Allah bisa normal apabila selama kehamilan tidak ada penyulit2 apapun serta bayi tidak overweight. dan saran ana pilihlah bidan atau dokter atau RS yg memang mendukung persalinan normal.


PERTANYAAN 26'Afwan usia sy 21 thn dan menikah mei lalu.. 4 bulan awal pernikahan dan sebelum it( wktu gadis) sy memiliki siklus menstruasi yg teratur yaitu tgl 12-14.
Di bln kelima pernikahan sya merasa ad gangguan d miss v ( keputihan yang sangat gatal dan warnanya pekat bahkn kekuing/ kehijauan.. ( waktu itu saya sedang pelatihan masuk bln ke 2 d sana) saya panik.. lalu saya periksakn k RS spesialis kandungan.. Katanya sih gpp.. truss d ksih obat..
setelah itu saya haid tgl 19.. bln depannya tgl 25 dan sekarang tgl 31.. yang saya tanyakan.. apakah it tidak apa2 atau saya harus priksa lg?

JAWABAN (dr. Emy Ummu Khonsa)
Siklus haid normal antara 21-35 hari, tdak harus selalu tanggal yg sama, krna haid dipengaruhi hormon, dan faktor stress dari tubuh kita. Selama siklus haid masih dlam rentang itu, insyaallah tidak apa2. Bila ragu bisa dperiksa usg.


PERTANYAAN 27
Ana saat ini hamil masuk 7 bln, dua hari belakangan ini sering pusing klw berdiri pandangan sperti berputar2, trus kdg mual jd hanya bisa baring... 2 pekan lalu sempat ke dokter cek, alhamdulillah semuax normal jd hanya dikasi vitamin saja...pertanyaanx apa penyebab pusing itu krn anemia?  Slma hamil ini blm dikasi obat penambah darah dan ini kehamilan ke4

JAWABAN (dr. Dianika Ummu Raihana)
Pusing saat hamil bisa karena berbagai sebab:
-Bisa karena tekanan darah turun. Hal ini terjadi karena pelebaran pembuluh darah selama hamil (pelebaran pembuluh darah ini wajar terjadi agar janin mendapat cukup aliran darah)
-bisa jadi anemia. Krn pada kehamilan terjadi pengenceran darah.
-bisa jadi karena darah tinggi. Keadaan ini berbahaya bila mengarah ke pre-eklampsia
Atau faktor2 lain. Sebaiknya diperiksakan & lakukan cek Hb di laboratorium untuk mengetahui ada/tidaknya anemia.


PERTANYAAN 28
Kehamilan ana alhamdulillah sudah 20 minggu,kemarin waktu periksa tinggi fundus nya 14 cm,letak janin nya ballo & denyut jantungnya 140/menit,apakah itu sudah baik?dan apa maknanya ballo & fundus?

JAWABAN (bidan Ummu Rufaidah)
Ballo atau ballotment adl pantulan yang terjadi ketika jari pemeriksa mengetuk janin yang mengapung dalam uterus, menyebabkan janin berenang, mengapung dalam posisinya. itu tdk mengapa, krn memang usia kehamilan segitu janin belum bisa dipastikan mana bagian punggung, bokong, kepala.
denyut jantung janin trsbt normal (normal 120-160). Fundus adalah bagian dari rahim yg paling atas/ujung. gampangannya fundus itu di bagian paling atas trakhir janin teraba.


PERTANYAAN 29
1) Ana hamil anak ke3 dng usia kandungan 5 bln. knp ana jrng merasakan gerakan pada kandungan ana padahal pd hamil sebelumnya usia kandungan 4 bln ana sudah sering merasakan gerakan pada janin?
2) Berkaitan ttg kehamilan ana knp saat ana hamil ini ketika selesai berhubungan badan selain diwktu malam selesai itu ana merasakan nyeri/ ngilu yg sangat dibagian lutut sampai kaki sampai ana tidak tahan untk berdiri krn rasa nyeri yg sangat?

JAWABAN dr. Emy Ummu Khonsa
Gerakan janin kurang
Untuk memastikan perkembangan janin baik, sebaiknya coba dlakukan usg untk melihat beratnya, ukurannya apakh sesuai umur kehamilan. Klo trnyata baik, insyaallah tidak2 apa2.


PERTANYAAN 30
Selama 9 bulan kehamilan, dulu sy merasa setiap akan  berbaring merasakan sakit nyeri seolah2 akan patah  didaerah pinggul apalagi jika saya berbaring tanpa alas (langsung kelantai) dan susah bagi saya untuk miring kanan ataupun kiri.apakah sakit pinggul ini akan saya alami selama saya hamil.apakah ada pereda nyerinya?

JAWABAN (dr. Emy Ummu Khonsa)
Pada saat hamil, ada hormon relaxin yg bekerja pada panggul menyebabkan melonggarnya ligamen termasuk diskitar panggul, krn itu bisa juga menyebabkn sakit di bagian pinggang/panggul.
Membesarnya perut slama hamil, jg mempgaruhi perubahan titik berat badan sehingga tubuh menyesuaikan, bisa jg menyebabkan sakit pinggang/panggul.


Catatan:
'Afwan kalau jawaban dari pertanyaan2 tersebut mungkin masih banyak kekurangan, disarankan agar juga mengambil jawaban dari sumber lain karena banyaknya keterbatasan kami.


-GRUP WA BIKUM-

0 komentar :

Posting Komentar